Hawkesbury River

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hawkesbury River
Mata air dekat Goulburn
Mulut sungai Samudera Pasifik
Negara DAS Australia
Ketinggian mata air 1100m (3600 ft)
Luahan rata-rata 95 m³/s
tidak tentu, dari 0 hingga 15.000 m³/s
Wilayah DAS 21.730 km²
Foto udara memperlihatkan Hawkesbury River dan North Shore dan Northern Beaches Sydney

Hawkesbury River, juga dikenal sebagai Deerubbun, adalah salah satu sungai besar di daerah pesisir New South Wales, Australia. Hawkesbury River dan cabangnya mengitari wilayah metropolitan Sydney.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Panorama Broken Bay, di mana Hawkesbury River bertemu dengan laut, dilihat dari Barrenjoey Lighthouse

Jalur[sunting | sunting sumber]

Hawkesbury River
Hawkesbury River

Hawkesbury River berasal dari pertemuan Nepean River dan Grose River, di utara Penrith. Kedua sungai tersebut adalah sungai sendiri sebelum bertemu dan membentuk Hawkesbury River.

Hulu dari Hawkesbury River, Avon River, Cataract River, dan Cordeaux River, muncul beberapa mil dari laut, sekitar 80 kilometer (50 mil) di selatan Sydney. Arus ini bermula di lembah plato yang membentuk lereng di belakang Wollongong. Mengalir utara-barat, menjauhi laut, arus ini bergabung untuk membentuk Nepean River, dan mengalir ke utara melewati kota Camden dan Penrith. Dekat Penrith, Warragamba River muncul dari ngarainya melalui Blue Mountains dan bergabung dengan Nepean. Warragamba, dibentuk oleh pertemuan Wollondilly River, Nattai River, Kowmung River dan Cox's River mengaliri wilayah luas New South Wales di sisi timur Great Dividing Range. Komponen utama lainnya pada sistem sungai Hawkesbury hulu, Grose River, muncul di wilayah Mount Victoria di Blue Mountains.

Setelah terbentuk, Hawkesbury River mengalir ke utara, meskipun dalam bentuk meander. Awalnya sungai ini melewati kota Richmond dan Windsor, yang mana merupakan pemukiman terbesar di sungai ini. Ketika mengalir ke utara, sungai ini memasuki daerah ayng lebih pedesaan, dengan pemukiman-pemukiman kecil di tepi sungai. Pada bagian ini, sungai ini melewati Sackville dan Lower Portland, kemudian bergabung dengan Colo River. Colo River dan cabangnya mengaliri bagian utara Blue Mountains.

Dari Lower Portland, Hawkesbury River terus mengalir ke utara menuju pemukiman kecil Wisemans Ferry di mana sungai ini bergabung dengan Macdonald River. Di sini alurnya berbelok ke timur dan lanskap sekitarnya mulai curam dan tidak datar. Di Spencer, Mangrove Creek bergabung dengan sungai ini dari utara, akses jalan menuju sungai ini terbatas di beberapa tempat.

Di Milsons Passage, sungai ini bergabung dengan Berowra Creek dari selatan. Di wilayah sekitar Brooklyn sungai ini dilintasi oleh jalan besar dan rel kereta yang mengikuti pantai ke utara dari Sydney. Sungai ini akhirnya mencapai samudera di Broken Bay.

Dari pertemuan Nepean dan Grose River ke laut, Hawkesbury River memiliki panjang total 120 kilometer (75 mil).[1]

Pulau[sunting | sunting sumber]

Pulau di Hawkesbury River meliputi, dalam urutan ke hilir:

Penyeberangan[sunting | sunting sumber]

Railway Bridge
Freeway and Peats Ferry Bridge

Meskipun membentuk batas efektif wilayah metropolitan Sydney sepanjang sungai, terdapat beberapa penyeberangan di Hawkesbury River. Urutan ke hilir, penyeberangan ini terdiri dari:

Di hilir sungai juga terdapat beberapa feri penumpang yang melintasi sungai ini. Ini meliputi jasa Palm Beach Ferry dari Palm Beach ke Ettalong dan Wagstaffe, dan jasa Hawkesbury River Ferries dari Brooklyn ke Dangar Island dan Little Wobby.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Aborigin[sunting | sunting sumber]

Nama Aborigin untuk sungai ini tercatat sebagai Deerubbun.Templat:Specify[dibutuhkan verifikasi sumber] Dua suku aborigin utama yang mendiami daerah ini adalah Dharug atau Darug di utara dan barat dan Darkinjung di seberang sungai yang mencakup wilayah Gosford di utara ke Lake Macquarie dan barat ke Wollombi.[2][3]

Sejarah Eropa[sunting | sunting sumber]

Hawkesbury River diberi nama oleh Gubernur Phillip tahun 1789

Tahun 1788 dua ekspedisi mengarungi Hawkesbury menuju baratlaut Sydney dan Nepean River ke baratdaya. Memakan tiga tahun untuk menyadari bahwa mereka telah mengarungi sistem sungai yang sama.

Hawkesbury River adalah salah satu rute transportasi besar untuk mengangkut makanan dari wilayah sekitar menuju Sydney selama tahun 1800-an. Perahu menunggu di Broken Bay dan Pittwater, hingga cuaca yang bersahabat membolehkan mereka melakukan pelayaran lautan menuju Sydney Heads. Dengan pembukaan rel kereta dari Sydney ke Windsor tahun 1864, hasil tani dapat diangkut ke hulu untuk diangkut dengan kereta. Tetapi, pada 1880-an sungai ini mulai tertimbun lumpur antara Sackville dan Windsor, dan Sackville menjadi awal navigasi bagi perahu yang mengarah ke laut. Hingga akhir abad ke-19, kapal uap pantai menghubungkan Sackville ke Sydney.[4][5][6]

Hawkesbury River diberi nama oleh Governor Phillip bulan Juni 1789, setelah Charles Jenkinson, 1st Earl of Liverpool, yang pada waktu itu diberikan gelar Baron Hawkesbury.[1] Sebuah obelisk didirikan tahun 1939 di Brooklyn untuk memperingati penamaan sungai ini.

Tahun 1794, 22 keluarga diberikan tanah di Bardenarang, sekarang dikenal sebagai Pitt Town Bottoms, dekat Windsor. Pada tahun yang sama, konfrontasi antara orang Aborigin dan para pendatang terjadi.[7][8]

Penggunaan sungai[sunting | sunting sumber]

Hawkesbury River Marina
Sebuah pesawat air di Hawkesbury River

Navigasi[sunting | sunting sumber]

Hawkesbury River dapat diarungi dari Windsor ke laut. Tidak ada bendungan atau pintu di sungai ini, dan efek gelombang dirasakan hingga sejauh Windsor.[9]

Sementara penggunaan sungai untuk mengangkut hasil tani dan barang lain telah digantikan oleh angkutan darat, sungai ini masih menjadi satu-satunya akses menuju sejumlah rumah dan pemukiman terpencil. Ini masih ada di bagian hilir sungai, di mana daratan curam dan tidak datar mengganggu pembangunan jalan. Satu konsekuensi dari hal ini adalah pengoperasian tukang pos perahu sungai terakhir di Australia, sebuah jasa sungai yang mengirim surat pada properti di sungai antara Brooklyn dan Spencer.[10]

Aktivitas olahraga[sunting | sunting sumber]

Hawkesbury Canoe Classic, sebuah lomba kano 111km, diadakan setiap tahun bulan Oktober atau November. Lomba dimulai di Windsor dan berakhir di Brooklyn. Bridge to Bridge Water Ski Classic adalah sebuah lomba ski air yang berjalan dengan arah sebaliknya, dari Dangar Island ke Windsor.[11][12]

Pemancingan komersial[sunting | sunting sumber]

Menurut Hawkesbury Nepean Catchment Management Authority, muara Hawkesbury River menyuplai perikanan pesisir, yaitu udang, tiram (sebelum muncul penyakit QX) dan ikan komersial terbesar kedua di NSW dengan nilai penjualan $6.3 juta per tahunnya.[13]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Hawkesbury River oleh William Piguenit (1881)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Geographical Name Register Extract for Hawkesbury River". Geographical Names Board of New South Wales. Diakses 2008-12-19. 
  2. ^ "Sydney Basin Regional History". National Parks and Wildlife. Diakses 2007-01-16. 
  3. ^ "Journeys in Time - Australian Aboriginal Tribes". A joint project between Macquarie University and the State Library of New South Wales. Diakses 2007-01-16. 
  4. ^ Macken, James J. Martin Burke The Father of Pittwater. National Library of Australia. 
  5. ^ "Sackville Ferry". New South Wales Roads and Traffic Authority. Diakses 2008-11-18. 
  6. ^ Purtell, Jean (1995). The Mosquito Fleet: Hawkesbury River Trade and Traders 1794-1994. 
  7. ^ "Hawkesbury River". National Museum of Australia. 
  8. ^ "Conflict at the Hawkesbury". National Museum of Australia. 
  9. ^ "Hawkesbury River - Windsor Tide Times". www.tide-times.com.au. Diakses 2008-12-19. 
  10. ^ "Australia's last Riverboat Postman". Hawkesbury River Tourist Services Pty Ltd. Diakses 2008-12-19. 
  11. ^ "Hawkesbury Canoe Classic". Hawkesbury Canoe Classic. Diakses 2008-12-19. 
  12. ^ "Bridge to Bridge Ski Race". NSW Water Ski Federation. Diakses 2008-12-19. 
  13. ^ "Hawkesbury River Subcatchment". Hawkesbury Nepean Catchment Management Authority. Diakses 2007-01-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 33°31′50″LS 151°14′31″BT / 33,5305°LS 151,2419°BT / -33.5305; 151.2419