Blibli.com

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Blibli
Blibli.jpg
Logo Blibli
Tampilan depan situs Blibli
Halaman utama www.blibli.com
URL www.blibli.com
Komersial? Ya
Jenis situs Situs web
Perdagangan
E-commerce
Bahasa Bendera Indonesia Indonesia
Pemilik PT Global Digital Niaga
Status saat ini Aktif

Blibli.com[1] merupakan full service e-commerce yang hadir dengan konsep Online Mall ke tengah masyarakat Indonesia sejak 25 Juli 2011. Sebagai Online Mall, Blibli.com menghadirkan lebih dari 40 ribu pilihan produk dari 11 kategori utama, mulai dari Handphone & Tablet, Kamera, Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, Hobi & Olahraga, hingga Otomotif dan Kuliner.

Sebagai full service e-commerce, Blibli.com tidak hanya memberikan kelengkapan pilihan produk, namun juga fleksibilitas metode pembayaran, pilihan metode pengiriman, hingga dedicated in-house Customer Care yang melayani pertanyaan dan aspirasi konsumen mulai dari proses belanja, pengiriman, hingga proses service dan retur.

Blibli.com juga menghadirkan Blibli Friends, sebuah laman blog yang mengajak pembelanja di Blibli.com menjadi smart shopper dengan menghadirkan berbagai tulisan informatif, tips serta product review agar para konsumen membuat keputusan yang smart dan tepat dalam berbelanja. Jalinan kedekatan bersama Blibli.com juga bisa ditemukan di berbagai media sosial, yaitu Facebook (FB: Blibli.com), Twitter (@bliblidotcom) dan YouTube (bliblidotcom).

Produk[sunting | sunting sumber]

Produk-produk yang dihadirkan oleh Blibli.com dipilih secara langsung oleh tim internal Blibli.com dari para merchant partner terpercaya yang ada di Indonesia. Semua produk yang dijual oleh Blibli.com merupakan produk asli dan bergaransi resmi.

Kategori Produk[sunting | sunting sumber]

Blibli.com menghadirkan lebih dari 40.000 pilihan produk dari 11 kategori utama:

a. Handphone & Tablet[sunting | sunting sumber]

Kategori Handphone & Tablet Blibli.com menyediakan berbagai produk handphone, smartphone dan tablet beserta aksesoris dan berbagai perlengkapan penunjangnya.

b. Kamera[sunting | sunting sumber]

Kategori Kamera hadir untuk memenuhi kebutuhan penggemar fotografi dengan menyediakan berbagai produk kamera, camcorder, termasuk aksesori dan perlengkapan penunjangnya.

c. Komputer & Laptop[sunting | sunting sumber]

Menyediakan berbagai kebutuhan produk mulai dari komputer, laptop, dan perlengkapan kantor. Di kategori ini juga bisa mencari peralatan gaming, serta aksesoris komputer.

d. Peralatan Elektronik[sunting | sunting sumber]

Kategori Peralatan Elektronik menyediakan aneka home appliances beserta aksesorisnya. Mulai dari peralatan elektronik rumah tangga serta dapur, audio video, hingga AC, kipas dan pembersih udara.

e. Fashion Pria[sunting | sunting sumber]

Koleksi kategori Fashion Pria Blibli.com mencakup fashion juga aksesoris pelengkap busana pria mulai dari atasan kemeja, baju batik & etnik, bawahan, pakaian muslim, pakaian dalam dan tidur, hingga sepatu, tas, kaca mata dan jam tangan.

f. Fashion Wanita[sunting | sunting sumber]

Pada kategori Fashion Wanita pelanggan Blibli.com bisa mendapatkan berbagai produk fashion dan aksesoris pelengkap busana perempuan seperti aneka dress (mini dress, midi dress, long dress), busana muslim, baju luaran, jas hujan & payung, sepatu, tas serta berbagai dompet.

g. Kesehatan & Kecantikan[sunting | sunting sumber]

Pembelanja di Blibli.com dapat menemukan aneka make-up, perawatan wajah, perawatan tubuh & spa, farmasi & suplemen kesehatan, peralatan medis & relaksasi, perawatan rambut dan parfum di Kategori Kesehatan & Kecantikan.

h. Ibu & Anak[sunting | sunting sumber]

Kategori Ibu & Anak Blibli.com mencakup produk perlengkapan bayi dan anak seperti pakaian, stroller, mainan, perangkat makan maupun keperluan untuk ibu hamil dan menyusui. Adapula susu formula dan makanan bayi, peralatan mandi dan perawatan kulit, popok bayi, serta aneka parcel cantik.

i. Hobi & Olahraga[sunting | sunting sumber]

Kategori Hobi & Olahraga Blibli.com mencakup berbagai produk dan perlengkapan olahraga, entertainment, dan pernak-pernik menjalankan aktivitas hobi. Tidak ketinggalan ada buku bacaan, peralatan stationery dan alat tulis, peralatan musik, perlengkapan berkebun, home decor serta collectible items. Juga menyediakan penjualan tiket pertunjukan musik, seni, dan olahraga.

j. Otomotif[sunting | sunting sumber]

Blibli.com menyediakan Kategori Otomotif untuk melengkapi kebutuhan membeli sepeda motor, maupun mencari kebutuhan spare parts dan aksesoris kendaraan bermotor roda dua atau roda empat. Adapula perangkat audio mobil dan peralatan pembersih kendaraan.

k. Kuliner[sunting | sunting sumber]

Dalam kategori Kuliner, Blibli.com menghadirkan berbagai produk makanan dan minuman, peralatan dan bahan kue, peralatan memasak, hingga perangkat ruang makan. Selain itu ada peralatan dapur dan pernak-pernik penyimpanan di dapur.

Merchant Partner[sunting | sunting sumber]

Saat ini Blibli.com telah menggandeng lebih dari 400 merchant partner yang menghadirkan lebih dari 700 brand terkemuka nasional dan internasional seperti Samsung, Polytron, Sony, Apple, Toshiba, Philips, The Executive, Astec, L'Oreal, dan Bonia.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Pilihan Metode Pembayaran[sunting | sunting sumber]

Melalui kerja sama dengan bank-bank terpercaya di Indonesia, Blibli.com menghadirkan pilihan metode pembayaran yang luas kepada pelanggannya.[2]

a. Kartu Kredit/Debit[sunting | sunting sumber]

Blibli.com menerima pembayaran menggunakan Mandiri Debit Online, BNI Debit Online, kartu kredit BCA, kartu kredit BRI, ANZ, serta kartu kredit jenis Visa dan MasterCard yang diterbitkan oleh semua bank di Indonesia.

b. Internet Banking[sunting | sunting sumber]

Blibli.com juga melayani transaksi melalui internet banking KlikBCA, BCA KIikPay, Mandiri ClickPay dan e-Pay BRI.

c. Transfer[sunting | sunting sumber]

Blibli.com memberikan pilihan transfer ke Virtual Account Mandiri dan BCA yang dapat dilakukan dari semua rekening bank yang ada Indonesia, baik melalui ATM, kantor cabang, atau fasilitas M-Banking.

d. Electronic Money[sunting | sunting sumber]

Blibli.com menerima pembayaran e-money XL Tunai yang memungkinkan pelanggan XL melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponsel.

Pilihan Metode Pengiriman[sunting | sunting sumber]

Blibli.com menyediakan 3 jenis metode pengiriman, yaitu pengiriman melalui partner logistik (NCS, JNE, dan RPX); pengiriman oleh merchant; dan pengambilan barang langsung ke toko (Buy Online Pick-up In Store/BOPIS).

Free Shipping[sunting | sunting sumber]

Blibli.com memberikan gratis ongkos pengiriman kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Cicilan 0%[sunting | sunting sumber]

Fasilitas cicilan 0% antara 6-12 bulan berlaku untuk pembelanjaan minimum Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) menggunakan kartu kredit dari bank-bank yang bekerjasama dengan Blibli.com yaitu BCA, Bank Mandiri, BRI, Bank Danamon dan Bank ANZ. Fasilitas ini juga dapat digunakan bagi pembelanja yang menggunakan BCA KlikPay melalui account kartu kredit BCA Card.

Customer Care Center[sunting | sunting sumber]

Customer Care Center Blibli.com dapat dihubungi melalui telepon, email, maupun live chat pada hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. CustomerCare Center ini melayani pelanggan baik untuk menjawab berbagai pertanyaan pada tahap browsing, transaksi, pengiriman, maupun membantu proses return, exchange, maupun service sesuai dengan policy dari masing-masing merchant partner.

Inovasi Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pre-Order Gadget Terbaru[sunting | sunting sumber]

Melalui berbagai kampanye pemasaran dan promo agresif, terutama dalam memperkenalkan berbagai produk gadget terbaru juga layanan khusus yang inovatif, Blibli.com dikenal sebagai salah satu situs e-commerce yang selalu pertama menghadirkan gadget terbaru di Indonesia dengan mengadakan program pre-order.

Salah satu bentuk kerja sama yang banyak menuai pemberitaan adalah peluncuran Telkomsel iPhone 4s di Indonesia. Perluncuran iPhone 4s pertama secara resmi dilakukan di Indonesia oleh Telkomsel pada 27 Januari 2012 pukul 00.00 WIB melalui Blibli.com. Dengan layanan Express Delivery Service dari Blibli.com semua produk iPhone 4s yang dipesan oleh pelanggan Blibli.com dikirimkan dalam kurun waktu 2 jam pada malam yang sama sehingga pemilik pertama iPhone 4s di Indonesia adalah pelanggan Blibli.com.[3]

Kesuksesan konsep peluncuran perdana iPhone 4s diikuti dengan peluncuran iPhone 5s dan iPhone 5c yang dilakukan pada tanggal 25 Januari 2014. Layanan Express Delivery Service dari Blibli.com[4] menjadikan Blibli Shopper, sebutan untuk pembelanja di Blibli.com, kembali sebagai pemilik pertama iPhone 5s di Indonesia[5].

Blibli.com juga menjadi mitra eksklusif PT Sony Mobile Communications Indonesia (Sony) untuk pre-order Xperia Z berlangsung antara 1-11 Maret 2013. Selain itu menjadi e-commerce partner eksklusif untuk pre-order smartphone premium HTC One (M8) di Indonesia yang berlangsung antara 13-25 Juni 2014[6].

Program pre-order ini memperoleh dukungan kerjasama pemasaran, mulai dari promosi, launching, hingga value added service dari vendor gadget terkemuka seperti Samsung, Sony Mobile Communications Indonesia, HTC, BlackBerry, Nokia, Acer, Dell, hingga penyedia jasa telekomunikasi seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat.

Pre-Order CD Maliq & D'Essentials[sunting | sunting sumber]

Fasilitas belanja online bisa memperluas akses pemusik tanah air untuk merangkul penggemarnya. Ini terbukti pada pre-order CD album Maliq & D'Essentials bertajuk “Sriwedari” pada 2013 yang sukses menuai hasil positif. Ini merupakan kerjasama eksklusif Blibli.com bersama Organic Records, perusahaan yang membawahi Maliq & D'Essentials.

Kerjasama ini berlanjut setahun berikutnya melalui pre-order CD album Maliq & D'Essentials “Musik Pop” yang dapat dibeli dengan menukarkan poin TelkomselPOIN.

Layanan Antar Cepat Menjelang Lebaran[sunting | sunting sumber]

Guna membantu para pembelanja online mempersiapkan hari raya Idul Fitri 1434H, Blibli.com menggelar program layanan “Same Day Delivery, belanja hari ini barang sampai hari ini” antara 5-7 Agustus 2013 di wilayah Jabodetabek. Hal ini memberikan customer kesempatan tetap tampil maksimal di hari raya walaupun persiapan minim karena kesibukan beraktivitas selama bulan puasa.

Blibli Friends[sunting | sunting sumber]

Blibli Friends merupakan wadah komunitas dari Blibli.com untuk merangkul pembelanja, pemilik minat yang sama, penulis lepas, influencer, public figure dan media untuk saling berbagi pengalaman tentang produk, tips informatif, opini dan tutorial sederhana. Blibli Friends berbentuk laman blog yang mengajak pembelanja di Blibli.com menjadi smart shopper agar para konsumen membuat keputusan yang smart dan tepat dalam berbelanja.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Februari 2012, Blibli.com meraih penghargaan Best e-Commerce versi Gadget Award 2012 dari majalah Gadget+[7]. Penghargaan ini diterima Blibli.com sebagai apresiasi konsumen atas konsistensi Blibli.com menghadirkan berbagai gadget terbaru, promo menarik yang memanjakan para gadget lover, dan program komunikasi yang kreatif.

Pada bulan Oktober 2012, Blibli.com juga meraih penghargaan Best Social Media Campaign pada ajang Indonesia Top e-Commerce (ITeC) 2012.[8]

Pada edisi Oktober 2012, Wall Street Journal (WSJ) versi Asia Tenggara memilih Blibli.com sebagai 10 perusahaan startup teknologi teratas di Indonesia, dalam artikel berjudul “Indonesia's Top Tech Start-Ups” berdasarkan survei informal yang dilakukan terhadap para pengamat teknologi dan investor di Asia Tenggara, dengan menilai potensi perusahaan startup teknologi tersebut dalam menarik pengguna baru dan keseriusan berinvestasi untuk pengembangan perusahaan.[9]


Referensi[sunting | sunting sumber]