Bendera Korea Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Taegeukgi
Bendera Korea Selatan

Bendera Korea Selatan atau Taegeukgi adalah bendera Republik Korea.[1] Terdiri dari tiga bagian: latar putih, taegeuk merah dan biru di tengah-tengah, dan empat gwae (trigram), satu di tiap sudut bendera. Terinspirasi dari I-Ching, kitab Cina kuno.

Pada saat Korea mulai membuka diri kepada dunia luar, diskusi mengenai pengesahan bendera nasional muncul.[1] Sebuah bendera diciptakan sesuai pola pakaian raja pada tahun 1882.[1] Setahun berikutnya, taegeukgi diresmikan sebagai bendera nasional. Setelah merdeka dari Jepang, dikibarkan kembali pada tanggal 25 Oktober 1949.[1] Kini taegeukgi dikibarkan di mana-mana, mulai dari bangunan pemerintah dan arena publik. Pada zaman dahulu saat hujan atau menjelang malam, taegeukgi diturunkan.[1] Kutub tiang taegeukgi berbentuk kuncup mugunghwa. Latar putih melambangkan cahaya, kesucian dan cinta.[1]

Trigram (gwae) terdiri atas:

  • geon, terletak di kiri atas pada sisi yang yang paling kuat. Melambangkan keadilan Tuhan.
  • gon, diletakkan di kanan bawah, posisi yin/eum yang terkuat. Melambangkan kelimpahan.
  • gam, terletak di kanan atas. Melambangkan kebijaksanaan.
  • i, terletak di kiri bawah. Melambangkan cahaya.

Keempat trigram melambangkan filosofi kedamaian yang direalisasikan lewat perputaran dan perkembangan eum dan yang.[1]

Lingkaran taegeuk melambangkan kejujuran, perpaduan surga dan manusia. Disebut juga eum dan yang, keduanya tak terpisahkan. Dua tenaga ini membuat segala hal di dunia bersirkulasi, menghasilkan harmoni, serta menciptakan kreasi baru dan perkembangan.

Bulwonbok Taegeukgi[sunting | sunting sumber]

Bulwonbok Taegeukgi adalah Taegeukgi yang dibawa oleh pemimpin euibyeong Go Gwang-sun yang bertempur melawan agresi Jepang di Gunung Jiri sampai terbunuh pada tahun 1907. Di Taegeukgi tersebut tertulis kata "Bulwonbok" atau "akan segera merebut kemerdekaan".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g An Illustrated Guide to Korean Culture - 233 traditional key words. Seoul: Hakgojae Publishing Co. 2002. hlm. 460–461. ISBN 89-8546-98-1 Check |isbn= value (help).