Bendera Yaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
FIAV 111111.svg Rasio bendera: 2:3

Bendera Yaman (bahasa Arab: علم اليمن) disetujui tanggal 22 Mei 1990, hari yang sama dimana Yaman Utara dan Yaman Selatan bersatu. Garis berwarna merah, putih dan hitam juga merupakan bendera Yaman Utara dan Selatan, melambangkan pan-Arabisme, seperti bendera Mesir, Suriah, Irak dan lainnya.

Menurut penjelasan resmi, warna merah untuk tumpahan darah para martir dan persatuan; putih untuk masa depan yang cerah; hitam untuk masa lalu yang kelam.

Bendera Yaman juga kebalikan melintang dari Bendera Kekaisaran Jerman.

Bendera bersejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum Yaman bersatu menjadi Republik Yaman, wilayah itu terpisah menjadi Utara, dan Selatan. Utara menggunakan bendera di sebelah kiri (bendera Kerajaan Muttawakkilite Yaman), sejak 1927 hingga 1962, ketika menjadi Republik Arab Yaman. Republik Arab Yaman menggunakan bendera sama dengan bendera Yaman sekarang, kecuali dengan bintang hijau di tengah garis putih. Republik Demokratik Rakyat Yaman di Selatan menggunakan bendera dengan segitiga biru langit di bagian kiri, dengan bintang merah. Sementara segitiga biru dan bintang adalah lambang Partai Sosialis Yaman, keseluruhan rancangan bendera dipengaruhi oleh bendera Kuba, setelah Revolusi Kuba tahun 1950-an (Hendrikksen, 1982).