Battlefield 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Battlefield 3
Bf3-pc-cover.jpg
Pengembang EA Digital Illusions CE
Penerbit Electronic Arts
Seri Battlefield
Aplikasi dasar permainan Frostbite 2.0
Platform Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U(Kemungkinan)
Tanggal rilis 25 Oktober 2011
Genre First-person shooter
Mode Single-player, cooperative, multiplayer
Kebutuhan sistem

Battlefield 3 (atau biasa disingkat menjadi BF3) adalah game tembak-menembak orang pertama dikembangkan oleh EA Digital Illusions CE dan diproduksi oleh Electronic Arts. Battlefield 3 diluncurkan pada 25 Oktober 2011 untuk platform Microsoft Windows, PlayStation 3 and Xbox 360.Battlefield 3 adalah judul ke 12 dari seri Battlefield dan juga kelanjutan dari Battlefield 2 yang diluncurkan pada tahun 2005.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Battlefield 3 akan menampilkan peperangan urban dan akan ada mode pemain tunggal, co-operative dan mode multiplayer. Battlefield 3 akan memperkenalkan berapa elemen dari Bad Company, temasuk pesawat jet, posisi tiarap dan 64 pemain di PC, sedangkan 24 pemain di konsol.

Animasi sistem yang baru akan memperbolehkan pemain "mengangkat teman saat terluka dan mengikat senjata di semua daerah". Lingkungan yang dapat dihancurkan oleh engine grafis Frostbite 2 juga akan digunakan.

Battlefield 3 mengunakan tipe baru dari teknologi animasi karakter terbaru disebut ANT. Teknologi ANT sebelumnya sudah dipakai di game EA Sports seperti FIFA, tetapi sekarang dibuat untuk tentara dengan gambar yang lebih realistis sehingga model pemain akan merasakan lebih nyata seperti kemampuan untuk mengubah posisi menjadi berlindung dan memutar kepalanya sebelum tubuhnya.

Pada Maret 2011 isu dari majalah Game Informer menyatakan bahwa Granat berpeluncur roket bisa menghantam gedung dan mengakibatkan kerusakan puing. Enjin Frostbite 2 yang di update bisa menunjukan bagaimana gedung berlantai 7 akan runtuh saat gempa bumi dalam asap dan runtuhan.

Peta diset di Paris, Tehran, Sulaymaniyah dan New York telah dikonfirmasi. Dimana game akan meliputi jalanan urban, dalam kota Metropolitan dan landscape terbuka bagi kedaraan perang. Misi/campaign bagi pemain tunggal mengambil tempat pada tahun 2014.

Pemain Tunggal[sunting | sunting sumber]

Animasi sistem yang baru pemain dapat "menarik teman saat terluka dan mengikat senjata di semua daerah". Untuk bagian dalam Pemain tunggal, pemain akan mengambil alih kontrol dari Staff Sergeant Henry "Black" Blackburn dan Sergeant Jonathan Miller

Trailer dari gameplay dalam status Pre-alpha telah diluncurkan termasuk trailer 12 menit dengan komentar dari pihak DICE terdapat pada situs resmi EA di www.ea.com/battlefield3/videos. Juga terdapat trailer yang diungkapkan dalam E3 2011 bahwa terdapat perang tank modern di luar Teheran.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Biasanya untuk permainan tembak-menembak sekala besar, platfrom PC lebih diutamakan dari pada konsol. Alasan bahwa serial Battlefield dimulai di PC adalah karena komunitas pemain pada PC lebih banyak daripada konsol.

Versi Beta[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Juli 2010,EA menyatakan pembeli Limited Edition dan Tier 1 Edition dari Medal of Honor untuk PC, PlayStation 3 dan Xbox 360 akan mendapatkan undangan untuk versi beta setelah satu tahun Medal of Honor pada tanggal 12 Oktober. Battlefield 3 akan menggunakan engine baru bernama Frostbite 2 yang akan membuat suara, animasi, grafik dan serta lingkungan yang dapat dihancurkan menjadi lebih realistis. Pada E3 2011, EA mengumumkan bahwa open beta mutiplayer akan dimulai pada 11 September 2011.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

CEO EA John Riccitiello menyatakan bahwa Battlefield 3 ditujukan untuk bersaing dengan seri Call of Duty, "November ini, kami meluncurkan Battlefield 3 yang akan melawan Call of Duty berikutnya, yang saat ini merupakan permainan # 1 dalam game perang", katanya. "Game ini dirancang untuk mengambil alih posisi itu." EA berencana menghabiskan lebih dari $ 100 juta dolar pada kampanye pemasaran untuk Battlefield 3.

Battlefield 3 terungkap pada tanggal 3 Februari 2011 sebagai sampul majalah GameInformer bulan Maret. Sebuah cakupan GameInformer termasuk informasi dalam pembangunan permainan dan wawancara dengan DICE, serta tiga trailer: sebuah teaser dan dua bagian pertama dalam serangkaian trailer "Fault Line".

Pada tanggal 16 April, sebuah trailer 12 menit yang menampilkan semua rekaman dalam trailer "Fault Line". Pada tanggal 21 April trailer yang sama dirilis tetapi dengan tambahan komentar.

Promosi Pre-order[sunting | sunting sumber]

Gambar bangunan yang bakal terdapat pada peta Strike at Karkand yang terdapat di "Back to Karkand"

Pada edisi Terbatas Battlefield 3 akan mengantarkan DLC bernama "Back to Karkand" temasuk 4 Peta dan berapa senjata dari Battlefield 2. Peta yang ditawarkan dalam "Back To Karkand" berupa Strike at Karkand,Wake Island, Gulf of Oman dan Sharqi Peninsula. Semua peta tersebut sudah di reboot mengunakan enjin Frostbite 2.0. Penawaran ini akan berakhir setelah peluncuran resmi BF3, tetapi info dari EA menyatakan bahwa penjualan umum akan tersedia 1 bulan setelah peluncuran BF3.

EA juga meluncurkan limited edition Battlefield 3 bernama "Physical Warfare Pack" yang dikritik oleh banyak kalangan karena dalam Physical Warfare Pack akan terdapat senjata machine gun, kesempatan untuk membuka senjata DAO-12 lebih awal dan Peta Back to Karkand yang membuat sebagian kalangan merasa EA tidak adil dalam penwaran Pre-order karena dalam limited edition versi awal hanya mendapatkan Peta Back to Krakland.

Kemungkinan Terdapat di Wii U[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Juni 2011 saat press conference Nintendo di E3 2011. Direktur Utama EA menyatakan bahwa Eletronic Arts tertarik pada sistem Wii U yang membuat EA tertarik untuk membuat Battlefield 3 di konsol Wii U.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada saat pameran E3 yang dilaksanakan di Los Angeles pada tanggal 6-9 Juni 2011. Battlefield 3 mendapatkan berapa nominasi berupa:

Penghargaan Dari[1] Nominasi Hasil
1UP.com Best Shooter dan Best PC Game Menang
Gamepro Best FPS Menang
SHORTLIST.com Best Game Show Menang
G4TV Best Multiplayer Nominasi
Gamespot.com Most Anticipated Game of E3 2011 Nominasi
Machinima Best Shooter Nominasi
Gamingexcellence.com Best Shooter Nominasi
Official Xbox Magazine Official Selection, E3 2011 Most Valuable Game Nominasi
PC Gamer Official Selection, E3 2011 Most Valuable Game Nominasi
IGN.com Best Overall Game Nominasi

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama razzies