Battlefield 1942

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Battlefield 1942
Publikasi
GenreFirst-person shooter
Latar tempatBattlefield universe
Eponim1942
Karakteristik teknis
PlatformWindows dan macOS
MesinRefractor Engine
ModePermainan video pemain tunggal dan permainan video multipemain
FormatCD-ROM
Metode inputpapan tombol komputer
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangEA Digital Illusions CE
PenyuntingElectronic Arts
PenerbitElectronic Arts (WIN)
Aspyr Media (Mac)
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
PEGI
enllaç=d:Q14915516
USK
enllaç=d:Q14920393
Informasi tambahan
MobyGamesbattlefield-1942 dan battlefield-1942-deluxe-edition
IMDB: tt0412486
Bagian dari Battlefield
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Battlefield 1942 adalah game 3D Perang dunia II tembak-menembak orang pertama yang dikembangkan oleh perusahaan Swedia EA Digital Illusions CE dan diterbitkan oleh Electronic Arts untuk Microsoft Windows (2002) dan Apple Macintosh (2004). Permainan dapat dimainkan dalam mode Single-player terhadap permainan video AI atau dalam mode multiplayer melawan pemain di Internet atau Local Area Network. Ini juga merupakan platform yang populer untuk pengembang mod, dengan sejumlah besar modifikasi dirilis yang mengubah gameplay dan tema.

Dalam permainan, pemain berperan sebagai salah satu dari lima kelas infanteri: Pramuka, Assault, Anti-Tank, Medic, dan Engineer. Pemain juga memiliki kemampuan untuk terbang Perang Dunia II berbagai pesawat tempur dan pembom, navigasi kapal modal, kapal selam dan kapal induk, pertahanan man artileri pesisir, tank drive, APC dan jip, dan mengambil kendali senjata anti-pesawat dan dipasang senapan mesin.

Setiap pertempuran berlangsung di salah satu beberapa peta yang terletak di berbagai tempat dan medan perang terkenal di seluruh theater utama Perang Dunia II: Pasifik, Eropa, Afrika Utara, Timur, dan Front Italia. Memerangi selalu berjuang antara Axis Powers dan Sekutu. Lokasi menentukan bangsa-spesifik tentara yang digunakan (misalnya, di peta Wake Island, itu adalah Jepang versus Amerika Serikat, sementara di Battle of Britain peta, itu adalah Jerman versus Inggris). Peta-peta di Battlefield 1942 didasarkan pada pertempuran nyata dan agak realistis digambarkan.

Permainan ini mampu mengambil keuntungan dari CPU multi-threaded atau dual-core. Sebuah keuntungan kinerja yang signifikan yang terlihat.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Gameplay dari Battlefield 1942 umumnya memiliki fokus yang lebih kooperatif dari permainan sebelumnya alam ini, karena tidak hanya penting untuk membunuh oposisi tetapi juga memegang "titik kontrol" tertentu di sekitar peta. Menangkap titik kontrol memungkinkan tim untuk memperkuat dirinya sendiri dengan memungkinkan pemain dan kendaraan untuk bertelur di daerah tertentu. Akibatnya, menangkap dan mengendalikan titik kontrol juga mengurangi bala bantuan musuh. Battlefield 1942 adalah salah satu game mainstream pertama untuk mewakili pergeseran dramatis dalam mentalitas bermain game FPS tidak hanya mendukung individualisme, tetapi sekaligus mendorong kerja tim dan koordinasi.

Permainan standar mode putar, Penaklukan, berpusat pada penangkapan dan pengendalian titik kontrol, setelah tim yang menangkap titik kontrol, anggotanya bisa respawn dari itu. Ketika tim kehilangan kendali dari semua titik kontrol mereka, mereka tidak bisa respawn. Dan jika tidak ada yang hidup, tim tanpa "menelurkan" poin kalah.

Permainan terdiri dari putaran. Sebuah tim memenangkan putaran ketika tim lain kehabisan tiket. Sebuah tim kehilangan tiket ketika anggotanya dibunuh, tetapi juga ketika tim lain memegang sejumlah titik penangkapan pada peta (biasanya ketika tim memegang mayoritas poin capture). Oleh karena itu, kadang-kadang tim pemenang harus memburu terjurai atau menyembunyikan kekuatan musuh pada akhir ronde.

Tiket bibit juga memainkan peran penting dalam keberhasilan kedua tim. Setiap kali seorang pemain di tim yang mati dan respawns, timnya kehilangan satu tiket. Setiap tim dimulai setiap putaran dengan antara 150 dan 300 tiket, tergantung pada peran tim (misalnya, pertahanan). Tim juga secara bertahap kehilangan tiket tergantung pada berapa banyak poin bertelur mereka kontrol. Sebagai aturan umum, poin bibit sedikit dikendalikan oleh sebuah tim, tiket semakin mereka kalah. Untuk tim 32 pemain pada peta 64, dengan 150 tiket, ini berarti memunculkan kembali sedikit kurang dari 5 atau kematian rata-rata untuk setiap pemain jika mereka memegang titik awal mereka bertelur.

Peran[sunting | sunting sumber]

Pemain dapat mengambil peran menjadi tim Sekutu atau tim Poros ketika bermain. Tim Sekutu diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Uni Soviet, sedangkan tim Poros terdiri dari Nazi Jerman dan Kekaisaran Jepang. Terlepas dari negara mana yang dipilih oleh pemain, ada lima peran infanteri yang berbeda yang dapat dimainkan oleh pemain: Scout, Assault, Medic, Anti-tank, dan Engineer. Dan setiap peran memiliki keunggulan maupun kelemahannya masing-masing.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, DICE mengakuisisi Refraction Games (pengembang Codename Eagle) dan mewarisi Battlefield 1942 yang sedang dikembangkan.[1] Permainan ini awalnya diusulkan oleh DICE sebagai permainan eksklusif untuk konsol GameCube. Meskipun puas dengan proposal tersebut, negosiasi tidak pernah berlanjut karena Nintendo tidak memiliki strategi online.[2] Permainan ini dikembangkan oleh tim yang terdiri dari 14 orang di Digital Illusions.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Digital Illusions - taisteluni". www.pelit.fi (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-07. 
  2. ^ "Battlefield Could Have Been Exclusive to GameCube - News". Nintendo World Report. Diakses tanggal 2022-08-07. 
  3. ^ Albert, Brian (2016-06-15). "E3 2016: How EA Plans to Discover the Next Rocket League". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-07.