Baron von Münchhausen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Potret Baron Münchhausen

Karl Friedrich Hieronymus, Freiherr von Münchhausen (lahir 11 Mei 1720 – meninggal 22 Februari 1797 pada umur 76 tahun) adalah seorang bangsawan (baron) Jerman yang pada masa mudanya dikirim untuk bekerja sebagai pelayan dari Anthony Ulrich II, Duke dari Brunswick-Lüneburg dan belakangan bergabung dalam dinas militer Rusia. Ia bertugas hingga 1750, khususnya mengambil bagian dalam dua peperangan melawan orang-orang Turki. Ketika kembali ke kampung halamannya, Münchhausen konon mengisahkan sejumlah cerita yang menghebohkan tentang berbagai petualangannya. Sang Baron dilahirkan di Bodenwerder dan meninggal di kota yang sama.

Menurut cerita-cerita ini, sebagaimana yang dikisahkan oleh orang lain, prestasi sang Baron yang menakjubkan termasuk mengendarai peluru meriam, melakukan perjalanan ke Bulan, dan melepaskan diri dari rawa-rawa dengan menarik rambutnya sendiri ke atas.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Sebagai pelayan Anthony Ulrich II, Duke dari Brunswick-Lüneburg, Münchhausen pindah bersama majikannya ke Rusia. Ia memperoleh pangkat cornet dalam pasukan kavaleri Rusia ketika Anthony Ulrich menjadi jenderal besar Rusia pada 1739. Pada 1740, Münchhausen dipromosikan menjadi letnan. Ia ditempatkan di Riga, tetapi ikut serta dalam dua peperangan melawan Kerajaan Ottoman pada 1740 dan 1741. Ketika Anthony Ulrich dipenjarakan pada 1741, Münchhausen tetap berdinas di militer Rusia. Pada 1750, ia memperoleh pangkat kapten kavaleri.

Pada 1744, ia menikah dengan Jacobine von Dunten di Perniel dekat Duntes Muiža di Livonia. Setelah pensiun, ia tinggal bersama istrinya di rumahnya yang mewah di Bodenwerder hingga istrinya meninggal dunia pada 1790. Di sini ia menjadi terkenal karena cerita-ceritanya yang lucu dan berlebih-lebihan. Pada saat yang sama ia pun dianggap seorang yang jujur dalam masalah bisnis. Münchhausen menikah kembali pada 1794; pernikahannya berakhir dengan pertikaian yang sengit dan perceraian. Münchhausen meninggal dunia tanpa keturunan pada 1797.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Karikatur Doré tentang Münchhausen

Cerita-cerita tentang Münchhausen pertama kali dikumpulkan dan diterbitkan oleh seorang pengarang anonim pada 1781. Sebuah versi bahasa Inggris diterbitkan di London pada 1785, oleh Rudolf Erich Raspe, dengan judul Baron Munchhausen's Narrative of his Marvellous Travels and Campaigns in Russia, juga disebut The Surprising Adventures of Baron Munchhausen. Namun, banyak dari bahan yang ada di dalamnya dipinjam dari sumber-sumber lain. Sang Baron sendiri sebenarnya dikenal sebagai orang yang sopan dan jujur dalam profesinya dan keberhasilannya. Karena itu, penerbitan Raspe agak merusakkan reputasinya.

Pada 1786, Gottfried August Bürger menerjemahkan cerita-cerita Raspe kembali ke dalam bahasa Jerman, dan memperluasnya. Ia menerbitkannya dengan judul Wunderbare Reisen zu Wasser und zu Lande: Feldzüge und lustige Abenteuer des Freiherrn von Münchhausen ("Perjalanan di Air dan Darat yang Ajaib: Peperangan dan Petualangan Lucu Baron von Münchhausen"). Versi Bürger adalah salah satu yang paling dikenal oleh pembaca-pembaca Jerman sekarang.

Pada abad ke-19, ceritanya telah mengalami perluasan dan transformasi oleh banyak pengarang terkemuka dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan mencapai lebih dari 100 edisi yang berbeda-beda. Petualangan Baron von Munchhausen juga telah diterbitkan di Rusia, yang cukup terkenal, khususnya dalam versi anak-anak. Pada 2005 sebuah patung von Munchhausen didirikan di kota Kaliningrad (Königsberg).

Tidak jelas berapa banyak bahan cerita ini yang berasal dari sang Baron sendiri. Namun diakui bahwa kebanyakan dari ceritanya didasarkan pada cerita-cerita rakyat yang telah beredar selama berabad-abad sebelum von Münchhausen sendiri dilahirkan.

Seni[sunting | sunting sumber]

Von Münchhausen dijadikan obyek berbagai karya seni, namun kata terakhir dari citra visualnya terdapat dalam edisi bukunya yang diterbitkan pada 1862 dan diilustrasikan oleh seniman Gustave Doré, yang juga terkenal karena karyanya yang menggambarkan karangan Dante Alighieri, The Divine Comedy dan Alkitab.

Ilustrasi 9 oleh Doré

Film[sunting | sunting sumber]

Pada 1943 buku Raspe diadaptasi ke dalam film berbahasa Jerman Münchhausen yang disutradarai oleh Josef von Baky, dengan Hans Albers sebagai von Münchhausen dan Brigitte Horney sebagai Ratu Katharina Aung, dan naskah ditulis oleh Erich Kästner. Ini adalah film keempat Jerman yang berwarna penuh, yang difilmkan dengan berbagai efek yang menakjubkan untuk waktu itu, serta diproduksi di studio UFA.

Pada 1979 Mark Zakharov membuat film Rusia That Very Munchausen, yang mengisahkan kehidupan sang Baron setelah petualangan-petualangan yang digambarkan dalam bukunya, khususnya perjuangannya untuk membuktikan bahwa ia waras.

Terry Gilliam mengadaptasi cerita-ceritanya ke dalam film tahun 1988 yang berjudul The Adventures of Baron Munchausen, yang dibuat di Belchite, Spanyol. Filmnya menampilkan John Neville sebagai sang Baron, dan juga Eric Idle dari Monty Python's Flying Circus.

Berbagai film pendek juga pernah dibuat mengenai kehidupan sang baron, salah satunya oleh George Méliès.

  • The Adventures of Baron Munchausen (1988)
  • Tot samyy Mungauzen (1979)
  • Münchhausen (1943)
  • Les aventures de baron de Munchhausen (1911)

Permainan peran[sunting | sunting sumber]

Pada 1998 sebuah permainan bercerita dengan banyak peserta berjudul The Extraordinary Adventures of Baron Münchhausen ("Petualangan luar biasa Baron von Münchhausen" dicptakan oleh James Wallis dari Hogshead Publishing. Para pemain permainan ini mengambil sebuah peranan dari seorang bangsawan dan menantang yang lainnya untuk mengisahkan sebuah cerita yang diimprovisasikan berdasarkan kata-kata pembukaan yang diberikan oleh seorang pemain lain (misalnya: "Grand Poobah, tolong ceritakan kepada kumpulan kita di sini bagaimana engkau mengalahkan seluruh pasukan Turki sendirian dengan hanya menggunakan sepiring keju dan sebuah pembuka gabus!"). Para pemain lainnya dapat menyisipkan dan menambahkan beberapa komplikasi yang terbatas ke dalam cerita khayal itu kapan saja, dan akhirnya semua memilih siapa pencerita yang terbaik.

Edisi 1895[sunting | sunting sumber]

Daftar isi edisi 1895[sunting | sunting sumber]

Judul: Surprising Adventures of Baron Munchausen oleh Rudolph Erich Raspe


Penggemar[sunting | sunting sumber]

Di Kaliningrad (Königsberg), Rusia, terdapat klub "Cucu-cucu Munchhausen" (Внучата Мюнхаузена). Dengan pertolongan kota kembar Bodenwerder, Jerman, yang merupakan tempat kelahiran sang Baron, klub ini berhasil mengumpulkan sejumlah "bukti sejarah" tentang keberadaan sang Baron di Königsberg: sebuah mata uang thaler perak yang kuno "dikembalikan" ke Kaliningrad oleh walikota Bodenwerder sebagai pembayar utang atas segelas bir yang diminum oleh Munchhausen, Bintang Santa Anna yang diterbitkan untuk sang Baron oleh Pavel I dari Rusia untuk "pelayanannya yang tak bercela", serta kerangka ikan paus yang di dalam perutnya sang Baron pernah terperangkap selama beberapa waktu. Pada 18 Juni 2005 ada upacara besar peresmian monumen sang Baron, yang dipersembahkan kepada Kaliningrad oleh Bodenwerder. Monumen ini menggambarkan perjalanan sang Baron menumpang peluru meriam.

Sebuah monumen sang Baron juga ditempatkan di kota kelahirannya.

Sebuah wisata internasional ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh Baron von Munchhausen dibentuk sebagai usaha bersama antara Jerman, Lithuania, Latvia, dan Kaliningrad.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala laur[sunting | sunting sumber]