Gustave Doré

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gustave Doré
Doré by Nadar 1867 cropped.jpg
1867
Lahir 6 Januari 1832
Wafat 23 Januari 1883 (umur 51)
Paris, Perancis
Kewarganegaraan Bendera Perancis
Bidang Seni (cat, ukir, ilustrasi)

Paul Gustave Doré (pengucapan bahasa Perancis: [pɔl ɡystav dɔʁe]; lahir 6 Januari 1832 – meninggal 23 Januari 1983 pada umur 151 tahun) adalah seorang seniman asal Perancis, dan seorang pemahat. Doré biasanya berkarya dengan menggunakan kayu dan baja.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Doré lahir di Strasbourg dan kisah ilustrasi perdananya ditampilkan ketika ia berusia 15 tahun. Pada usia 5 tahun ia sudah menjadi seorang pelukis yang sangat berbakat. Ketika ia berumur 12 tahun, ia mulai mengeluarkan bakatnya dengan memahat di atas batu. Doré mulai bekerja sebagai seorang ilustrasi literer di Paris. Hasil karya Doré termasuk Rabelais, Balzac, Milton dan Dante. Pada tahun 1853 Doré diminta untuk mengilustrasikan karya Maharaja Byron. Karya-karya tersebut diikuti oleh pekerjaan tambahan untuk para penerbit Inggris, termasuk mengilustrasikan Injil. Pada tahun 1863, Doré mengilustrasikan Edisi Perancis Cervantes Don Quixote, dan juga kisah ksatria dan pengikutnya Sancho Panza yang menjadi sangat terkenal dan membuat kagum para pembacanya, seniman, dari pandangan para direktur film dapat "melihat"nya dari dua sisi karakter. Doré juga mengilustrasikan sebuah edisi yang sangat besar Edgar Allan Poe "Seekor Gagak", sebuah karya yang menghasilkannya 30,000 franc dari penerbit Harper Bersaudara pada tahun 1883.

Injil karya Doré di dalam bahasa Inggris (1866) adalah sebuah sukses yang sangat hebat, dan pada tahun 1867, ia menggelar sebuah pameran besar di London. Pameran tersebut membuahkannya sebuah yayasan galeri di Jalan New Bond. Pada tahun 1869, Blanchard Jerrold, putra dari Douglas William Jerrold, mengajaknya untuk bekerja sama untuk menghasilkan sebuah potret London yang komprehensif. Jerrold mendapatkan ide tersebut dari Para Mikrokosmos London yang diterbitkan oleh Rudolph Ackermann, William Pyne, dan Thomas Rowlandson pada tahun 1808. Doré menandatangani proyek selama lima tahun dengan penerbit Grant & Co yang membuatnya tinggal di London selama tiga bulan dalam setahun. Ia dibayar sebanyak £10,000 setahun untuk pekerjaannya. Ia biasanya terkenal akan hasil lukisannya, begitu pula dari hasil karyanya dengan kayu. Lukisannya terkenal di seluruh dunia, tapi hasil ukiran kayunya adalah dimana ia benar-benar unggul.

Buku London: Sebuah Ziarah, dengan 180 ukiran, terbit pada tahun 1872. Sangat sukses dipasaran, tapi karyanya banyak dikecam oleh kritik kontemporari. Beberapa kritik diantaranya mengenai kenyataan bahwa Doré sepertinya memfokuskan diri pada ketenaran yang ada di London. Doré dituduh oleh Jurnal Seni dengan "menciptakan daripada menyalin." Majalah Westminster mengklaim bahwa "Doré memberikan mereka sketsa dimana fitur eksternal vulgar yang paling umum ditetapkan". Bukunya juga menjadi sebuah finansial sukses, dan Doré menerima komisi dari penerbit Inggris lainnya. Hasil karya Doré yang lainnya termasuk Coleridge Rime dari Pelaut Kuno, Milton Surga Yang Hilang, Tennyson Idyll Raja, Karya-karya Thomas Hood, dan The Divine Comedy. Karyanya juga muncul di dalam Berita Ilustrasi London. Doré melanjutkan mengilustrasikan bukunya sampai ia meninggal di Paris pada tahun 1883. Ia dimakamkan di pemakaman Père Lachaise, Paris.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Galeri Gustave Doré
Illustration: Orlando Furioso 
Illustration: Orlando Furioso 
Illustration: Surga Yang Hilang 
Ilustrasi: Kematian digambarkan sebagai Malaikat Maut di Atas Dunia dari The Raven 
Penghakiman Solomon 
Doré mengilustrasikan beberapa dongeng peri: Cendrillon (atau Cinderella
Camelot, sebuah ilustrasi untuk Idyll sang Raja 
London dengan Kereta Api, sekitar 1870. Dari London: Sebuah Ziarah 
Merlin menasihati Raja Arthur, sebuah ilustrasi untuk Idylls sang Raja 
'Le Defense Nationale', pahatan perunggu, Perpustakaan Rosenberg, Galveston, Texas 
Charon menernak orang-orang yang berdosa ke perahunya, membawa mereka untuk diadili (The Divine Comedy) 
Ilustrasi: Dante diterima sebanding dengan para pujangga Yunani dan Romawi, dari Divine Comedy 
Kecelakaan fatal pada pendakian pertama Matterhorn tahun 1865 
Gambaran Setan, antagonis John Milton Surga Yang Hilang sekitar 1866 
Tuan Rumah Surgawi, sekitar 1866, ilustrasi kepada Surga Yang Hilang 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]