Barbara Bush

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Barbara Pierce Bush
Ibu Negara Amerika Serikat
Masa jabatan
20 Januari, 1989 – 20 Januari, 1993
Didahului oleh Nancy Reagan
Digantikan oleh Hillary Rodham Clinton
Informasi pribadi
Lahir 8 Juni 1925 (umur 89)
Flushing, New York, A. S.
Anak George W. Bush, Robin Bush, Jeb Bush, Neil Bush, Marvin Bush and Dorothy Bush Koch

Barbara Pierce Bush (lahir 8 Juni 1925; umur 89 tahun adalah istri dari Presiden Amerika Serikat ke 41, George H. W. Bush, yang menjabat pada periode 1989 sampai 1993. Ia juga merupakan ibu dari Presiden Amerika Serikat sekarang, George W. Bush, dan mantan Gubernur Florida Jeb Bush.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Riwayat Awal[sunting | sunting sumber]

Barbara Pierce merupakan anak ketiga dari Pauline Robinson dan Marvin Pierce yang kemudian menjadi pemimpin McCall Corporation, penerbit majalah wanita terkenal, Redbook dan McCall's. Barabara lahir di Booth Memorial Hospital di Flushing, Queens, New York, dan dibesarkan di Rye, New York, dan bersekolah di Rye Country Day School, dan dilanjutkan di sebuah sekolah di Ashley Hall, di Charleston, Carolina Selatan.

Pendahulu Barbara Thomas Pierce, seorang kolonis New England, juga merupakan pendahulu Presiden Amerika ke-14, Franklin Pierce. Berdasarkan berita majalah Time, ibu Barbara tewas akibat sebuah kecelakaan mobil.

Pernikahan & Keluarga[sunting | sunting sumber]

Barbara Bush, tengah, bersama keeluarga sekitar 1960-an.

Disebuah pesta dansa pada waktu liburan Natal, saat Barbara berusia 16 tahun, untuk pertama kalinya Barbara bertemu dengan George H. W. Bush, salah seorang siswa Akademi Phillips, di Andover. 1,5 tahun kemudian, ketika keduanya telah bertunangan, George ditugaskan sebagai pilot pesawat torpedo pada Perang Dunia 2. Ia menamai 3 pesawatnya dengan nama: Barbara, Barbara II, dan Barbara III. Ketika George kembali, Barbara telah keluar dari Smith College. 2 minggu kemudian, pada tanggal 6 Januari 1945, mereka menikah. Setelah perang, George lulus dari Universitas Yale, dan mereka segera pindah ke Midland, Texas. Barbara melahirkan 6 orang putra dan putri, yaitu:

George H. W. Bush membuka sebuah perusahaan minyak bernama Zapata.

Sebagai Ibu Negara[sunting | sunting sumber]

Mantan-mantan Ibu Negara Nancy Reagan, Lady Bird Johnson, Ibu Negara Hillary Rodham Clinton, Rosalynn Carter, Betty Ford dan Barbara Bush duduk bersama di the National Garden Gala, May 11, 1994.


Barbara Bush aktif dalam beberapa lembaga, seperti Asosiasi Sejarah Gedung Putih.

Barbara dikenal akan kecintaannya terhadap hewan-hewan peliharaannya, seekor anjing bernama Millie. Ia menulis sebuah buku cerita anak-anak tentang Millie. Barbara Bush menjadi Ibu Negara pertama yang menjadi penerima Henry G. Freeman Jr. Pin Money Fund, mendapat uang senilai $36.000. Sebagian besar dananya diberikan untuk amal.

Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Saat ini, beliau tinggal bersama suaminya di Houston, Texas, dan kompleks keluarga Bush, di Kennebunkport, Maine.

Didahului oleh:
Joan Mondale
Istri Wakil Presiden Amerika Serikat
1981-1989
Diteruskan oleh:
Marilyn Quayle
Didahului oleh:
Nancy Reagan
Ibu Negara Amerika Serikat
1989-1993
Diteruskan oleh:
Hillary Clinton
Didahului oleh:
Virginia Clinton Kelley
Ibu Presiden Amerika Serikat
20 Januari 2001 - 20 Januari 2009
Diteruskan oleh:
Ann Dunham