Bandar Udara Internasional V. C. Bird

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional V. C. Bird (IATA: ANUICAO: TAPA) berlokasi di pulau Antigua, berjarak 8 kilometer (5.0 mil) timur laut kota St. John's, ibukota dari Antigua dan Barbuda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bandara ini pada awalnya dioperasikan oleh Tentara Udara Angkatan Darat AS. Bandara ini ditutup pada tahun 1949 dengan nama Pangkalan Angkatan Udara Coolidge.

Setelah ditutup oleh USAF, lapangan terbang ini menjadi bandara penerbangan sipil. Bandara ini dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Coolidge hingga tahun 1985, saat bandara ini diberi nama untuk menghormati Sir Vere Cornwall Bird (1910–1999), perdana menteri pertama dari Antigua dan Barbuda.

Pada Desember 2005, Antigua and Barbuda Millennium Airport Corporation mengumumkan akan membuka tender untuk membangun tahap pertama dari terminal penumpang baru yang dirancang untuk mampu melayani selama 30 tahun.

Maskapai dan Destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Canada Toronto-Pearson
Musiman: Montreal-Trudeau
Air Italy Musiman: Milan-Malpensa
American Airlines Miami
American Eagle San Juan
British Airways 1 London-Gatwick, Saint Kitts, San Juan
BVI Airways Tortola
Caribbean Airlines Kingston, New York-JFK, Port of Spain
Condor Frankfurt
Continental Airlines Newark
Cubana de Aviación Musiman: Havana
Delta Air Lines Atlanta, New York-JFK
FlyMontserrat Montserrat
LIAT Anguilla, Barbados, Dominica, Georgetown-Cheddi Jagan, Grenada, Nevis, Pointe-à-Pitre, Port of Spain, Saint Croix, Saint Kitts, Saint Lucia, Saint Vincent, San Juan, Santo Domingo-Las Américas, Sint Maarten, Tortola
US Airways Charlotte
Virgin Atlantic Airways 2 London-Gatwick
Winair Nevis, Sint Maarten
Notes
  • ^1 Meskipun beberapa penerbangan British Airways menuju Antigua melalui Punta Cana dan San Juan, British Airways tidak memiliki hak untuk mengangkut penumpang antara Punta Cana/San Juan dan Antigua.
  • ^2 Meskipun penerbangan Virgin Atlantic Airways menuju Antigua melalui San Juan, Virgin Atlantic Airways tidak memiliki hak untuk mengangkut penumpang antara San Juan dan Antigua.

Charter[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Anguilla Air Services Anguilla
CanJet Montreal-Trudeau, Toronto-Pearson
Caribbean Helicopters Montserrat, Nevis, Saint Kitts
FlyMontserrat Montserrat
St Barth Commuter Saint Barthélemy
Trans Anguilla Air Anguilla

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Transport International Melbourne (FL)
Ameriflight San Juan
Amerijet International Dominica, Miami, Santiago de los Caballeros, Sint Maarten
DHL Aviation Brussels, Miami, San Juan, Sint Maarten
FedEx Express Memphis, Miami, Newark, San Juan
Mountain Air Cargo San Juan

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada 17 September 1965, Pan Am Penerbangan 292, sebuah Boeing 707-121B dalam rute dari Fort de France, Martinique, menuju St. John's menabrak Chances Peak di Montserrat, sebuah pulau di barat daya Antigua, menewaskan semua 30 orang di pesawat. Pilot melakukan kesalahan mengira dia sedang turun di Antigua. Akibatnya, sebuah transmiter VHF omnirange (VOR) dipasang di bandara St. John's.
  • Pada 10 Mei 2004, sebuah penerbangan LIAT de Havilland Canada DHC-8-311 melakukan pendaratan darurat setelah salah satu roda depannya jatuh sesaat setelah lepas landas. Penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang berbasis di Antigua ini sedang lepas landas dari St. Maarten edalam rute menuju St. Kitts saat salah satu rodanya dilaporkan jatuh. Turboprop Dash 8-311 ini dialihkan ke Antigua dan mampu mendarat dengan tiga roda yang tersisa, tanpa menimbulkan kerusakan pada pesawat. Tak seorang pun dari 27 penumpang dan 3 awak pesawat terluka. Maskapai mengadakan investigasi untuk menyelidiki insiden ini.
  • Pada 12 November 2008, sebuah LIAT de Havilland Canada DHC-8-311 berputar di sekitar Bandar Udara Internasional VC Bird di Antigua setelah adanya laporan kegagalan roda pendarat. Pesawat de Haviland Dash 8 -311 tersebut seharusnya mendarat di Bandar Udara Internasional Robert Bradshaw di St Kitts, namun dialihkan ke Antigua karena masakah tersebut. Akhirnya diketahui bahwa roda pendarat tidak mengalami masalah, namun indikator di kokpit menunjukkan adanya masalah. Pemadam kebakaran, personel medis dan polisi berada pada kondisi siaga, namun setelah adanya kejelasan, pesawat mendarat dengan selamat bersama 42 penumpang dan 3 awak.
  • Pada 18 Juni 2009, sebuah mesin pesawat kargo Rhoades (#2) terbakar saat melakukan taksi menuju landasan pacu. Insiden ini memaksa penutupan sementara bandara dan penundaan beberapa penerbangan. Pesawat LIAT harus menunggu sebelum dapat mendarat dan lepas landas, namun tidak terjadi pembatalan penerbangan. Terdapat dua orang di pesawat Rhoades, kapten dan teknisi, dan keduanya tidak terluka. Pesawat melakukan taksi dengan mesinnya untuk kembali ke landasan 10 untuk menerima pemeriksaan dan perbaikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]