LIAT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leeward Islands Air Transport
Liat logo.jpg
IATA ICAO Kode panggil
LI LIA LIAT
Didirikan 20 Oktober 1956 (sebagai Leeward Islands Air Transport Services)[1]
Pusat
Ukuran armada 18
Kota tujuan 22
Slogan perusahaan THE Caribbean Airline
Kantor pusat Bandar Udara Internasional V. C. Bird
Saint George Parish, Antigua
Orang penting Brian Challenger (CEO) Ag.
Jean Stewart Holder (Chairman)
Situs web http://www.liat.com

Leeward Islands Air Transport, lebih dikenal sebagai LIAT, adalah sebuah maskapai penerbangan yang memiliki kantor pusat di Bandar Udara Internasional V. C. Bird di Saint George Parish, Antigua.[2] Maskapai ini mengoperasikan layanan penerbangan berjadwal antar pulau frekuensi tinggi menuju 22 destinasi di Karibia. Basis utama maskapai ini adalah Bandar Udara Internasional VC Bird, Antigua dan Barbuda, dengan basis di Bandar Udara Internasional Grantley Adams, Barbados dan Bandar Udara Internasional Piarco, Trinidad dan Tobago.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Leeward Islands Air Transport Services didirikan pada 20 September 1956 dan mulai terbang dengan sebuah pesawat Piper Apache yang dioperasikan antara Antigua dan Montserrat. Dengan sebuah pembelian pada tahun 1957 sebesar 75% terhadap sebuah maskapai yang lebih besar dan lebih dikenal sebagai BWIA, LIAT mampu ekspansi menuju destinasi Karibia lainnya dan untuk membeli pesawat jenis baru, seperti pesawat Beechcraft Bonanza dan de Havilland Heron. Hawker Siddeley HS 748 datang pada tahun 1965, bersama dengan keputusan maskapai untuk menghentikan operasi dari Heron.

LIAT tidak selalu menjadi maskapai yang mengoperasikan pesawat baling-baling, setelah membeli Court Line.[4] dengan membeli 75% dari maskapai tersebut 1971, LIAT memasuki era jet, menggunakan BAC One Eleven untuk rute Karibia yang lebih jauh, bersama dengan tipe Britten-Norman.

Court Line kemudian bangkrut pada bulan Agustus 1974,[4] dan pesawat BAC-One Eleven menghilang dari armada LIAT. Dalam usaha untuk menjadai agar maskapai tetap beroperasi, pemerintah dari 11 negara Karibia masuk dan membeli maskapai ini. Pesawat jet diganti dengan beberapa pesawat dari jenis yang lebih kecil, seperti de Havilland Canada DHC-6 Twin Otter.

Dekade 1980an merupakan sebuah dekade pertumbuhan bagi maskapai. Pada tahun 1986, banyak penerbangan harian dioperasikan menuju Bandar Udara Internasional Luis Muñoz Marín di San Juan, Puerto Riko, bersama dengan wilayah lain yang belum pernah diterbangi oleh maskapai ini. Pesawat Dash 8-100 yang lebih cepat dibeli untuk mengurangi waktu perjalanan.

Pada November 1995, LIAT mengalami privatisasi sebagian, untuk sekali lagi menyelamatkannya dari kebangkrutan. LIAT juga mulai terbang menuju pesawat 50 kursi Dash 8-300 yang masih bagian dari seri Dash 8.

Merger dengan Caribbean Star[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2007 maskapai mengumumkan keinginan untuk bergabung dengan Caribbean Star Airlines, dan mereka menjadi sebuah aliansi komersial, melibatkan penerbangan dengan jadwal gabungan. Semua penerbangan dipasarkan dengan nama LIAT, meskipun kedua maskapai tetap melanjutkan operasi dengan sertifikat izin penerbangan masing-masing yang terpisah, hingga selesainya proses merger. Maskpai gabungan ini akan menggunakan merek LIAT dengan armada gabungan dengan standardisasi dalam pesawat Bombardier Dash 8 Q300.[3] Namun, pada bulan Juni 2007, para pemegang saham yaitu Pemerintah Barbados, Antigua dan St. Vincent memberikan izin yang lebih besar kepada dewan untuk lebih baik membeli Caribbean Star. LIAT membeli Caribbean Star Airlines pada 24 Oktober 2007 dan lima pesawat DHC-8 milik Caribbean Star dipindahkan ke armada LIAT. Hasil lain dari penggabungan ini, LIAT mengganti slogannya menjadi "LIAT, Star of the Caribbean", yang digunakan sebagai slogan dalam jangka waktu yang pendek, dan kemudian kembali lagi menjadi "THE Caribbean Airline".

Prospek Merger masa depan[sunting | sunting sumber]

Maskapai ini dimiliki oleh 7 pemerintah Karibia, dengan 3 diantaranya menjadi pemegang saham utama (73.4%); pemegang saham swasta (10%); dan pekerja (5.3%). Maskapai ini memiliki 673 pekerja (pada Maret 2007). Pemerintah dari Republik Trinidad dan Tobago, yang juga menjadi pemegang saham tunggal bagi maskapai penerbangan regional lainnya, Caribbean Airlines, maskapai penerbangan nasional dari Trinidad dan Tobago, juga memberikan sebuah opsi untuk ikut menjadi pemegang saham dari LIAT, namun pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Patrick Manning menolak tawaran tersebut.

Rencana masa depan[sunting | sunting sumber]

Basis baru[sunting | sunting sumber]

Selama dua tahun terakhir LIAT dan Leeward Islands Airline Pilots Association (LIALPA) beserta Leeward Islands Flight Attendants Association (LIFAA), kelompok yang mewakili pilot dan awak kabin maskapai, sedang dalam pembicaraan mengenai pembangunan basis baru di Trinidad.

Kebutuhan untuk basis baru muncul dari LIAT yang harus menginapkan paling sedikit 18 awak pesawat setiap malam di hotel di Port-of-Spain dengan biaya tahunan senilai lebih dari AS$1 juta. Pembukaan basis di Trinidad merupakan sebuah bagian dari usaha perusahaan untuk merespon lalu lintas penerbangan regional antar pulau yang dinamis, termasuk juga pentingnya Trinidad sebagai pusat bisnis dan komersial di wilayah Karibia Selatan.

Manajemen dari LIAT, meskipun tidak diharuskan oleh undang-undang maupun kontrak, telah memilih firma layanan konsultasi dan akuntasi professsional PriceWaterhouse Coopers (PWC) untuik melakukan studi Biaya Penyesuaian Hidup untuk menyelidiki setiap perbedaan biaya yang mungkin muncul bagi setiap pilot maupun pramugari sebagai hasi dari pembukaan basis di Trinidad. Studi PWC secara spesifik juga meliputi biaya yang berhubungan dengan peningkatan resiko keamanan yang terjadi di Trinidad. Studi yang sama, tanpa faktor resiko kemanan, selesai dilakukan saat LIAT secara sukses membuka kembali basisnya di Barbados pada bulan Mei 2001.

Manajemen LIAT berharap bahwa mereka tetap berkomitmen terhadap keselamatan , keamanan, dan kebutuhan umum dari para stafnya. Perusahaan berharap untuk melanjutkan diskusinya dengan serikat pekerja yang mewakili pramugari dan pilot dalam usaha untuk membuka basis baru di Trinidad.[5]

Armada dan operasi kargo[sunting | sunting sumber]

LIAT saat ini berencana untuk membeli Bombardier Dash 8 Q400s sebagai bagian dari studi mengenai alternatif pesawat masa depan. CEO sementara Brian Challenger menyatakan bahwa maskapai telah memulai sebuah evaluasi untuk turboprop baru dan berencana untuk menyewa konsultan untuk membantu mengevaluasi opsi tersebut.

Q300 termuda yang ada saat ini berumur delapan tahun, menyediakan pengembangan bagi Q300 milik LIAT saat ini. Q300 LIAT saat ini berumur antara 14 sampai 19 tahun. Memindahkan armada saat ini menjadi ATR 42/ATR 72 juga masih dipertimbangkan namun Challenger menyatakan LIAT akan lebih senang untuk tetap menggunakan Dash 8. Pemerintah China juga menawarkan Xian MA60 melalui jaringan antar pemerintah. "Pemerintah China sangat baik dengan berusaha menyediakan pesawat," dia berkata. "Pembiayaan tidak akan menjadi masalah, namun masalah pendukung sangatlan tinggi. Sangat tidak mungkin kami akan menggunakan langkah ini." Dia menambahkan bahwa tantangan lain untuk MA60 adalah pesawat ini belum memiliki sertifikasi di AS dan Karibia. Dia juga menunjukkan kepercayaan publik akan penggunaan pesawat buatan China masih rendah. Dia menambahkan bahwa LIAT lebih memilih untuk tidak mengganti ke jenis pesawat baru karena stiap transisi akan menyebabkan kebutuhan mengoperasikan armada campuran selama beberapa tahun.

LIAT saat ini menghubungkan 22 destinasi di seluruh Karibia dengan sebagian besar penerbangan yang dioperasikan oleh Q300 50 kursi. Sedangkan bebrapa rute dapat didukung dengan menggunakan Q400 70 kursis (seperti Antigua menuju Barbados, Trinidad, Republik Dominika, Puerto Riko, dan Guyana bersama dengan pembukaan penerbangan baru menuju Kuba dan Jamaika), Challenger menyatakan bahwa memindahkan ke sebuah armada Q400 seluruhnya bukan merupakan sebuah opsi karena beberapa rute hanya cocok untuk diterbagi dengan menggunakan pesawat 50 kursi dan 37 kursi. Challenger menyatakan bahwa pesawat 50 kursi masih merupakan ukuran pesawat ideal bagi sebagian besar rute LIAT. Dia menyatakan bahwa pesawat 37 kursi masih dibutuhkan untuk pasar yang sangat kecil seperti St. Kitts dan Nevis.

Masih belum dinyatakan berapa banyak Q400 yang mungkin akan dibeli dan apakah LIAT akan memilih membeli pesawat baru atau pesawat bekas. Penerus Challenger,Mark Darby menyatakan pada November 2008 bahwa LIAT dapat berpotensi membeli tiga atau empat Q400 namun sebgaian besar armada Q300 milik maskapai tetap harus digantikan dengan pesawat 50 kursi yang sama.

LIAT memiliki tiga Dash 8-100, dengan usia antara 19 hingga 21 tahun. LIAT sekarang sedang melakukan proses konversi satu dari pesawt tersebut menjadi pesawat kargo. Challenger menyatakan LIAT juga mempertimbangkan mengubah Dash 8-100 menjadi pesawat kargo juga namun mereka berencana tetap mempertahankan operasi pesawat ketiga dalan rute penumpang yang paling kecil.[6]

Jika LIAT melanjutkan rencana mereka, maskapai ini akan menjadi operator Q400 pertama dan satu-satunya di wilayah Karibia.

Perjanjian Codeshare[sunting | sunting sumber]

LIAT memberikan pelayanan menuju Anguilla, Antigua, Dominica, St. Lucia, St. Kitts, Nevis, Montserrat dan St. Vincent dengan perjanjian codeshare dengan Carib Aviation, yang juga menggunakan Antigua dan Barbuda sebagai hub. Pada 11 juli 2008, LIAT menghentikan sementara perjanjiannya dengan Carib Aviation, karena penghentian dua pesawat Carib Aviation dari enam pesawatnya oleh Eastern Caribbean Civil Aviation Authority (ECCAA).[7]

Kedua maskapai kemudian membuat persetujuan pada 16 Agustus 2008 bahwa persetujuan penyewaan cepat dan codeshare akan dihentikan namun perjanjian baru sedang direncanakan, dimana LIAT akan membuat penerbangan Carib Aviation akan tersedia dalam sistem reservasinya. Perjanjian ini dibatalkan karena keputusan Carib Aviation untuk menghentikan semua layanannya pada 30 September 2008. Setelah penghentian operasi tersebut, LIAT menghentikan penjualan tiket Carib Aviation.[8]

Layanan kargo[sunting | sunting sumber]

LIAT juga menyediakan layanan kargo, yang layanannya disebut Quikpak. Layanan ini menyediakan pelayanan bebas bea cukai bandara ke bandara dan pintu ke pintu ke seluruh Karibia. Waktu pengiriman berkisar antara satu atau dua hari, dengan garansi dari staf LIAT.[9]

LIAT juga melayani layanan kargo keseluruhan dengan sebuah Dash 8-100, yang saat ini sedang diubah dari pesawat penumpang menjadi pesawat yang sepenuhnya mengangkut kargo. Saat layanan kargo baru dibuka, pelanggan untuk pertama kali mampu memesan layanan kargo secara online melalui situs resmi perusahaan. Diperkirakan, ketertarikan terbesar akan datang dari produsen masnufaktur regional, eksportir pertanian, dan pedagang lain.

Pengenalan layanan kargo ini akan segera diperkenalkan.[10]

Destinasi[sunting | sunting sumber]

LIAT menyediakan layanan di wilayah Karibia Timur mulai dari Santo Domingo di Republik Dominika di utara hingga Georgetown di Guyana di selatan, menghubungkan rangkaian pulau-pulau di antaranya.[11]

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada 23 Agustus 1959, LIAT de Havilland DH-114 Heron 2B jatuh saat mendarat di St. Kitts. Pesawat sedang dalam rute antara St. Johns, Antigua dan St. Kitts. Setelah mendarat, pesawat tergelincir dari landasan pacu dan rusak dan tidak bisa diperbaiki. Tidak ada yang mengalami luka serius dan tidak ada korban jiwa.[12]
  • Pada 4 Agustus 1986, LIAT de Havilland Canada DHC-6 Twin Otter jatuh di lautan Karibia. Pesawat sedang dalam rute antara St. Lucia dan St. Vincent saat jatuh karena kondisi cuaca yang buruk, saat melakukan proses pendekatan. Setelah pencarian sehari penuh gagal menemukan jejak dari Twin Otter, semua 11 penumpang dan 2 awak dinyatakan tewas.[13]
  • Pada 2 Desember 2010, LIAT penerbangan LI362, sebuah Bombardier Dash 8-Q300 membawa 24 penumpang, dalam rute menuju San Juan, Puerto Riko melakukan pendaratan darurat di bandar Udara Internasional V. C. Bird di Antigua setelah kehilangan roda dari salah satu roda pendarat utama. Sebagai tindakan pencegahan, layanan darurat dipersiapkan. Pesawat mendarat dengan selamat tanpa kerusakan besar dan korban luka dari para penumpang dan awak pesawat.[14]

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada LIAT terdiri dari pesawat sebagai berikut (pada 2009):[15]

Armada LIAT
Pesawat Total Penumpang
(Ekonomi)
Catatan
Bombardier Dash 8-100 3
37 Satu diubah dalam konfigurasi kargo,
dengan rencana konversi pesawat kedua
Bombardier Dash 8-300 15
50

Pada tahun 2009, usia rata-rata armada LIAT adalah 17,6 tahun.[16]

Dioperasikan sebelumnya[sunting | sunting sumber]

LIAT menghentikan armada yang terdiri dari pesawat sebagai berikut:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]