Bandar Udara Internasional Cuscatlán

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Cuscatlán
IATA: SALICAO: MSLP
Ikhtisar
Jenis bandara Publik/Militer
Pengelola CEPA
Lokasi San Salvador, El Salvador
Ketinggian 31 m (101 f)
Koordinat 13°26′27.41″LU,89°03′20.62″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
07/25 10.500 3.200 Aspal
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
18/36 2.625 800 Aspal

Bandar Udara Internasional Cuscatlán (IATA: SALICAO: MSLP), yang sering kali disebut Bandar Udara Internasional Comalapa atau Bandar Udara Internasional El Salvador, berlokasi sekitar 50 km (30 mil) dari San Salvador di El Salvador. Bandara ini dibangun pada akhir dekade 1970an untuk menggantikan pendahulunya, Bandar Udara Internasional Ilopango, yang sekarang digunakan untuk menerbangan militer dan charter.

Dengan 2.076.258 penumpang pada tahun 2008, bandara ini merupakan bandara tersibuk di El Salvador dan yang keempat di Amerka Tengah dalam hal lalu lintas penumpang.[1]

Insfrastruktur bandara[sunting | sunting sumber]

Tampak luar bangunan terminal Bandar Udara Internasional Cuscatlán.
RN-5 menghubungkan Bandara dengan La Cima

Comalapa menjadi hub utama bagi TACA. Terminal kargo, berlokasi beberapa meter di sebelah kiri teminal penumpang, menangani beberapa juta ton kargo setiap tahun. Bandar Udara Internasional El Salvador (atau Comalapa International) berjarak 45 menit dari kota San Salvador. Jalan penghubung yang bagus menghubungkan kota dengan bandara. Bandara ini menangani penerbangan internasional menuju Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan bersama juga dengan beberapa penerbangan mingguan menuju wilayah Eropa seperti Spanyol.

Pada awalnya bandara ini hanya memiliki 7 gerbang. Bandara ini dirancang untuk menangani sekitar 400.000 penumpang setiap tahun, namun peningkatan pesat jumlah penumpang dalam 15 tahun terakhir membawa bandara ini mencapai kapasitas penuhnya. Bandara ini melakukan dua kali ekspansi utama pada dekade terakhir. Tahap pertama (dinamai AIES I), bandara ini menambah gerbangn dari 7 gerbang menjadi 12, dan terakhir pada tahap kedua AIES II, menambahkan 5 gerbang lagi hingga berjumlah 17 gerbang. Bersama dengan gerbang baru, ruang tunggu penumpang baru juga dibangun. Meskipun semua ekspansi di atas telah dilakukan, bandara ini sekali lagi mencapai kapasitas puncaknya dengan menangani lebih dari 2 juta penumpang pada tahun 2006.

Di bandara ini terdapat beberapa agen badan anti narkoba yang membuat beberapa tempat pemeriksaan secara acak dan mewawancarai pelancong yang ada di bandara. Agen tersebut dapat diidentifikasi dengan perlengkapan yang mereka pakai seperti tas pinggang, yang dipasang di pinggang maupun bahu. Mereka juga membawa katu idenifikasi akses bandara di leher mereka. Di satu sisi terdapat identifikasi bandara dan kartu akses dengan foto mereka, dan di sisi yang lain merupakan pengenal remi agen badan anti narkotikan El Salvador.

AIES memiliki sebuah landasan pacu utama (07-25) sepanjang 3.200 meter, dengan lebar 60 meter, dengan permukaan efektif selebah 45 meter dan bahu jalan selebar 7,5 meter. Paralel dengan jalur utama dan memiliki panjang yang sama, adalah jalur taksi Alpha, yang terhubung dengan landasan pacu melalui enam titik. Untuk pesawat kecil, juga dibangun landasan pacu kedua (18-36), yang memiliki panjang 800 meter, yang saat ini masih digunakan sebagai tempat parkir bagi beberapa pesawat yang membutuhkannya.

Platform untuk Bangunan Terminal Penumpang (ETP) memiliki tujuh belas posisi parkir pesawat, empat belas diantaranya memiliki garbarata, yang menghubungkan pesawat secara langsung dengan ruang tunggu. Tiga posisi yang lain berada terpisah, dimana penumpang yang menuju atau keluar pesawat diangkut dengan menggunakan bus bandara. ETP memiliki bangunan seluas 34.380 meter persegi, dimana terdapat ruang tunggu dan koridor, area imigrasi dan bea cukai, dan beberapa toko.

Platform untuk Bangunan Terminal Kargo (ETC) memiliki tiga posisi untuk parkir pesawat kargo, dan juga memiliki sebuah platform untuk perawatan lima pesawat yang membutuhkannya, di depang hangar Aeromantenimiento (AEROMAR), sebuah bengkel perbaikan modern yang memiliki level tinggi dalam pelayanan di Amerika Latin dan menjadi nilai tambah bagi AIES. ETC memiliki sebuah bangunan, yang dibangun di antara kantor dan gudang seluas 10.286 meter persegi.

Terminal 1 (Terminal Utama)[sunting | sunting sumber]

Terminal utana dibagi menjadi dua bagian yaitu Terminal Atas dan Terminal Bawah.

Terminal Bawah[sunting | sunting sumber]

Terminal Bawah, Gerbang 1-9 Terminal bawah menangani penerbangan untuk maskapai sebagai berikut:

  • Air Transat
  • Delta Airlines
  • Avianca
  • CanJet
  • Copa Airlines
  • American Airlines
  • Continental Airlines
  • Iberia Airlines
  • Spirit Airlines (Mulai 13 Juni 2011)[2]

Terminal Atas[sunting | sunting sumber]

Terminal atas, gerbang 10-17 Terminal atas menangani penerbangan untuk maskapai sebagai berikut:

  • TACA Airlines
  • TACA-Peru
  • TACA Regional

Terminal 2[sunting | sunting sumber]

Saat ini terminal 2 masih dalam proses pembangunan dan akan dibuka pada tahun 2012.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Air Transat Musiman: Montreal-Trudeau, Toronto-Pearson
American Airlines Dallas/Fort Worth, Los Angeles, Miami
Avianca Bogotá
CanJet Musiman: Toronto-Pearson
Continental Airlines Houston-Intercontinental, Newark
Copa Airlines Managua, Panama City
Delta Air Lines Atlanta
Iberia Guatemala City, Madrid
Spirit Airlines Fort Lauderdale
TACA Airlines Belize City, Chicago-O'Hare, Dallas/Fort Worth, Guatemala City, Guayaquil, Houston-Intercontinental, Los Angeles, Managua, Mexico City, Miami, New York-JFK, Orlando, Panama City, Roatán, San Francisco, San Jose de Costa Rica, San Pedro Sula, Tegucigalpa, Washington-Dulles
TACA Airlines dioperasikan oleh Lacsa Cancún, Los Angeles, San Jose de Costa Rica, Toronto-Pearson
TACA Peru Lima
TACA Regional Liberia (Kosta Rika), Managua, Roatán, San Pedro Sula, Tegucigalpa

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Amerijet International
Copa Airlines Cargo
FedEx Express
Florida West International Airways
TACA
UPS Airlines
Gambar panoramik bangunan terminal, garbarata, dan menara kontrol

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]