BWT (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
BWT
Aktiengesellschaft
ISINAT0000737705
IndustriPengolahan air
PendahuluBenckiser Wassertechnik
Didirikan1990
Kantor
pusat
,
Austria
Tokoh
kunci
Andreas Weißenbacher (CEO)[1]
Gerhard Speigner (CFO)[1]
ProdukPeralatan dan sistem pengolahan air
Pendapatan€610,04 juta (2016)
Karyawan
3.300 (2017)[2]
Situs webwww.bwt.com

BWT AG adalah sebuah produsen sistem pengolahan air yang berkantor pusat di Mondsee, Austria.

Lokasi produksi[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini memiliki empat lokasi produksi utama, yakni di Mondsee (Austria), Schriesheim (Jerman), Paris (Prancis), Aesch (Swiss). Perusahaan ini juga memiliki sejumlah anak usaha dan afiliasi, serta jaringan distribusi global.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan dengan nama Benckiser Wassertechnik pada tahun 1823 oleh Johann Adam Benckiser di Jerman. Setelah melakukan sejumlah merger dan akuisisi, pada tahun 1990, perusahaan ini dibeli oleh Andreas Weißenbacher dalam sebuah pembelian manajemen. Perusahaan ini kemudian melantai di Vienna Stock Exchange pada tahun 1992.[2]

Produk[sunting | sunting sumber]

BWT menyediakan sistem dan layanan pengolahan air untuk:

  • Air minum
  • Air proses dan farmasi (air murni, air ultra-murni, air untuk injeksi, uap murni, distribusi air melingkar). Divisi Farmasi dari BWT berkantor pusat di dekat Stuttgart, Jerman. Divisi tersebut dikenal dengan nama BWT Pharma & Biotech.
  • Desalinasi air laut
  • Membran sel bahan bakar
  • Air industri
  • Air hotel dan restoran
  • Air panas
  • Pendidih dan air pendingin
  • Air untuk sistem pendinginan udara
  • Air kolam renang
  • Robot pembersih kolam renang

Portofolio produk BWT meliputi semua bidang teknologi pengolahan air, yang meliputi filtrasi, sistem pertukaran ion media filter untuk demineralisasi, proteksi kapur alternatif, pelembutan air, dekarbonisasi, disinfeksi (UV, ozon, klorin dioksida, dsb.), teknologi pengukuran, mikrofiltrasi teknologi membran, ultrafiltrasi dan nanofiltrasi, osmosis terbalik), generator uap murni, distilasi air murni, sistem UV, generator ozon, membran pertukaran ion, elektrolisis, elektrodialisis, elektrodeionisasi, generator klorin dioksida, dan pompa pengukur. BWT kini juga mengembangkan membran untuk sel bahan bakar dan baterai.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Kartrid filter air minum buatan BWT yang menggunakan teknologi Mg2+ yang telah dipatenkan, berhasil mendapat National Award for Innovation for Upper Austria pada tahun 2011.[3] Teknologi tersebut memperkaya air keran dengan magnesium selama proses filtrasi, sembari mengeluarkan elemen asing apapun, seperti kalsium, logam berat, dan zat penghambat rasa (seperti klorin).

Pada tahun 2011, pelembut air seri Rondomat Duo S memenangkan Austrian National Design Prize pada kategori Barang Modal dari Kementerian Ekonomi, Keluarga, dan Pemuda Jerman. Pelembut air tersebut biasanya dipasang di gedung, bangunan komersial, dan pabrik untuk mencegah tumpukan kapur yang dapat merusak jaringan pipa air dan perabot yang terhubung dengan jaringan pipa air.[4]

Teknologi bangunan buatan BWT untuk rumah pun telah memenangkan Plus X Award sebanyak dua kali. Pada tahun 2012, sistem pelembut air AQA perla[5] terpilih menjadi Best Product of the Year 2013, dan filter E1 Single Lever[6] menerima penghargaan serupa pada tahun 2013. Filter tersebut dapat mencegah kontaminan dan partikel asing masuk ke perabot yang terhubung dengan jaringan pipa air.

Pada tahun 2014, filter air minum 'pinguin hitam' buatan BWT memenangkan Red Dot Design Award.

[sunting | sunting sumber]

Mobil Racing Point disponsori oleh BWT.

BWT memiliki kesepakatan sponsor dengan sejumlah tim balap, seperti Mücke Motorsport di DTM, Forze Hydrogen Electric Racing, sebuah tim balap dari Delft University of Technology yang memakai mobil balap berbahan bakar hidrogen, ADAC-GT Masters dan Formula 4 dan Walter Lechner Racing di Porsche Carrera Cup Germany dan Porsche Supercup. Paling terlihat, BWT memasang warna merah muda khasnya ke Racing Point F1 Team (sebelumnya Racing Point Force India dan Force India Formula One) mulai musim 2017 hingga akhir musim 2020 sebagai sponsor nama tim, hingga tim tersebut mengubah namanya menjadi Aston Martin Cognizant pada musim 2021.[7][8] Kesepakatan sponsor tersebut kemudian dilanjutkan dengan tim Aston Martin untuk musim 2021, di mana BWT bertindak sebagai Mitra Global. Livery mobil balap dari tim tersebut pun dilengkapi dengan aksen merek BWT dan logo BWT.[9] Pada tahun 2021, pebalap Aston Martin Cognizant, Sebastian Vettel, resmi menjadi duta merek BWT. Kesepakatan tersebut meliputi penjenamaan BWT penuh dan pemberian warna khas BWT pada helm balap Vettel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "www.bwt-group.com/en/BWT/company/vorstand/Pages/default.aspx". Bwt-group.com. 31 December 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 May 2014. Diakses tanggal 5 August 2014. 
  2. ^ a b c "www.bwt-group.com/en/investors/download/Pages/annual-reports.aspx". Bwt-group.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 May 2018. Diakses tanggal 5 August 2014. 
  3. ^ http://www.tmg.at/3210_DEU_HTML.php Diarsipkan 19 May 2014 di Wayback Machine..
  4. ^ http://www.staatspreis-design.at Diarsipkan 22 March 2016 di Wayback Machine..
  5. ^ http://www.digitalehalloffame.de/products/sa/bwt_aqaperla.php Diarsipkan 2 April 2014 di Wayback Machine. .
  6. ^ Sorry, this entry is only available in German. "www.digitale-hall-of-fame.de/en". Digitale-hall-of-fame.de. Diakses tanggal 5 August 2014. 
  7. ^ "SAHARA FORCE INDIA SIGNS PARTNERSHIP AGREEMENT WITH BWT". forceindiaf1.com. 14 March 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2019. 
  8. ^ "PRESS RELEASE: "An icon reborn: Aston Martin returns to F1™ grid with Cognizant as title partner"". 
  9. ^ "Aston Martin Cognizant Formula One™ Team partners with BWT"". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]