Azzurra Air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Azzurra Air (IATA: ZS, ICAO: AZI, dan Panggilan: Azzurra) merupakan sebuah maskapai penerbangan terjadwal dan sewaan yang berbasis di Milan, Italia dan terbang menuju Spanyol, Yunani, Belanda, Portugal dan negara lainnya di Mediterania.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan ini didirikan pada Desember 1995 dan sebagian didanai oleh grup investasi Italia Seven Group dan Air Malta (49%). Operasinya dimulai pada Desember 1996.

Bulan November 2003 diumumkan bahwa Azzurra Air ingin mengambil alih maskapai Prancis Air Littoral, tetapi gagal karena pada bulan berikutnya Azzurra Air megnalami kesulitan keuangan. Bulan Maret 2004 penerbangannya dibatalkan ketika armada regionalnya ditarik oleh perintis dan pemilik Air Malta karena penyewaan tanpa bayar. Perusahaan tersebut mengumumkan kebangkrutan pada Juli 2004. Maskapai ini memiliki lima Airbus A320-200 dalam pesanan waktu itu.

Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

Azzura Air hanya mengoperasikan satu penerbangan terjadwal dari Bergamo menuju Roma menggunakan sebuah Boeing 737-200. Semua penerbangan lainnya merupakan sewaan.

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada maskapai ini telah meliputi:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]