Auguste Beernaert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Auguste Marie François Beernaert adalah seorang pengacara dan politikus asal Belgia yang lahir pada tanggal 26 Juli 1829 di Oostende. Ia berasal dari sayap liberal Partai Katolik, dan merupakan anggota sejumlah kabinet dan PM dari tahun 1884 hingga 1894. Ia memperkenalkan hukum sosial pertama dan mewakili Belgia pada konferensi perdamaian di den Haag. Pada tahun 1909 ia menerima Penghargaan Perdamaian Nobel.

Auguste Beernaert terkenal akan dedikasi dan ketekunannya selama karier politiknya dan perjuangan pentingnya untuk perdamaian. Ia berasal dari keluarga menengah Flandria Katolik. Setelah lulus S3 dalam ilmu hukum di Universitas Katolik Leuven, ia bepergian ke Berlin, Paris dan Heidelberg untuk menyelesaikan studinya. Ia dipanggil ke pengadilan pada tahun 1853 dan mengkhususkan diri pada hukum pajak. 20 tahun kemudian ia menjadi Menteri Pekerjaan Umum dalam kabinet Katolik konservatif Jules Malou, di mana ia membuktikan sebagai politikus yang cakap dan energik. Ia di sana sebagai penggagas pembangunan jalur kereta api, terusan dan jalan. Ia membangun fasilitas untuk pelabuhan Antwerpen dan Ostend, menyumbang pada perbaikan ibu kota, namun gagal dalam usahanya menghapuskan buruh anak di pertambangan. Pada tahun 1884 Raja Leopold II mengangkat Beernaert sebagai PM. Selama masa jabatannya yang 10 tahun pengeluaran seimbang, bahasa Flandria dilindungi dan suara diletakkan pada hukum sosial pertama. Ia berperan penting dalam pendapatan dan pembangunan bekas Kongo Belgia. Pada tahun 1895 ia menjadi Ketua Kamar Perwakilan dan mencurahkan diri pada hukum internasional: arbitase, pembatasan pasukan, dan larangan perang di udara. Sebagai anggota Uni Antarparlemen dan pembela negeri-negeri yang kecil, ia mewakili Belgia pada Konferensi Perdamaian den Haag pada tahun 1899 dan 1907. Pada tahun 1909 dalam usia 80 ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian bersama dengan Paul d'Estournelles. Pada perjalanan pulang dari konferensi di Jenewa, ia dibawa ke Rumah Sakit Lucerne.

Ia meninggal akibat pneumonia pada tanggal 6 Oktober 1912. Beernaert mengungguli peribahasanya sendiri: "Kebaikan pertama seorang politikus dan kunci keberhasilan adalah ketekunan."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]