Atum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Atum

Atum, pencipta dunia
Dewa Pencipta
Nama dalam hiroglif
t
U15
A40
Pusat pemujaan Heliopolis
Simbol Kumbang Scarab
Orangtua Tidak ada
Saudara Tidak ada
Pasangan Iusaaset

Atum merupakan nama salah satu dewa yang terdapat dalam mitologi bangsa-bangsa Timur.[1][2] Atum merupakan nama dewa dari Mesir.[2] Atum dikenal orang mesir sebagai dewa matahari atau dewa yang mengatur matahari.[1][2] Nama Atum ini berasal dari bahasa Mesir dengan konsonan tm yang berarti tidak menjadi atau menjadi sempurna.[2] ia juga dikenal dewa yang mencipta.[1] Hal ini dikarenakan bangsa Mesir membutuhkan suatu nama untuk dapat menggambarkan dewa yang menciptakan dunia dan segala isinya dan dalam hal ini Atumlah yang dipilih.[2] Atum dalam kebudayaan Mesir digambarkan sebagai seporang pria yang mempunyai jenggot yang memakai dua mahkota Mesir atas dan bawah.[1] Melalui ludah dari Atum juga tercipta shu dan tefnut.[1] Nama Atum juga terdapat dalam Tanakh.[2] Nama ini masih mempunyai kaitan dengan nama Atum yang ada di Mesir.[2] Atum merupakan tetua dari Ennead dari Helipolis.[2] Hal ini terkait dengan tempat dalam Alkitab yang bernama Pithom.[2] Atum juga dikaitkan dengan beberapa dewa, salah satunya adalah dewa Heron dari Yunani.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris) Gertrude Jobes. 1962. Dictionary of Mythology Folklore and Symbols. New York: The Scarecrow press. Hlm 155.
  2. ^ a b c d e f g h i j (Inggris) Karel Van Der Toorn et.all. 1999. Dictionary of Deities and Demons in the Bible. Hlm 119-124.