Ouroboros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi Ouroboros.

Ouroboros (atau Uroborus) adalah sebuah simbol kuno yang menggambarkan ular atau naga memakan ekornya sendiri. Nama berasal dari dalam bahasa Yunani; οὐρά (Oura) yang berarti "ekor" dan βόρος (boros) yang berarti "makan", sehingga "ia yang makan ekor".

Ouroboros merupakan pembaharuan siklus abadi hidup dan tak terbatas, konsep keabadian dan kembali abadi, dan merupakan siklus kehidupan, kematian dan kelahiran kembali, yang mengarah ke keabadian, seperti dalam phoenix. Simbol matematika saat ini tak terhingga ( ∞ ) mungkin berasal dari varian pada Ouroboros klasik dengan ular melingkar sekali sebelum makan ekornya sendiri, dan penggambaran seperti dari loop ganda sebagai ular makan ekornya sendiri yang umum hari ini di fantasy art dan sastra fantasi, meskipun dugaan lain juga ada.

Hal ini juga dapat merupakan gagasan kesatuan primordial terkait dengan sesuatu yang ada dalam atau bertahan sebelum awal dengan kekuatan atau kualitas yang tidak dapat dipadamkan. The ouroboros telah penting dalam simbolisme keagamaan dan mitologis, tetapi juga telah sering digunakan dalam ilustrasi alkimia, di mana ia melambangkan sifat melingkar dari alkemis opus. Hal ini juga sering dikaitkan dengan Gnostisisme, dan Hermetisisme.

Carl Jung menafsirkan Ouroboros memiliki makna yang tipikal bagi jiwa manusia. Psikolog Jung Erich Neumann menulis saja sebagai representasi dari "negara fajar" pra-ego, yang menggambarkan pengalaman masa pertumbuhan dibedakan dari kedua manusia dan individu anak.


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.