Atiqah Hasiholan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Atiqah Hasiholan
Atiqah Hasiholan.jpg
Lahir 3 Januari 1982 (umur 32)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Aktris
Pasangan Rio Dewanto
Orang tua Achmad Fahmy Alhady (ayah)
Ratna Sarumpaet (ibu)
Agama Islam

Atiqah Hasiholan(lahir di Jakarta, 3 Januari 1982; umur 32 tahun) adalah pemeran Indonesia. Atiqah adalah putri dari Achmad Fahmy Alhady dan seorang aktivis dan seniman, Ratna Sarumpaet.

Karier[sunting | sunting sumber]

Atiqah Hasiholan adalah aktris yang dibesarkan panggung teater Teater Satu Merah Panggung. Sempat menuntut ilmu ke Monash University. Atiqah tampil sebagai Jamilah sang tokoh utama dalam pementasan Jamila dan Sang Presiden. Tampil dalam film Berbagi Suami sebagai Ima, istri termuda Pak Haji yang diperankan El Manik, serta muncul dalam beberapa judul film televisi. Gadis kelahiran 3 Januari 1982 menjadi pemeran utama film Suster N.

Pertama kali tampil di layar lebar, saat Atiqah ditawari peran oleh Nia Dinata di film Berbagi Suami pada tahun 2006. Dari debut perdananya, Atiqah mulai mendapat banyak tawaran bermain film layar lebar. Cinta Setaman, Pintu Terlarang dan Gila-Gilaan adalah beberapa film yang pernah ia bintangi.

Pada tahun 2012, Atiqah Hasiholan[1] tergabung dalam film terbaru Nia Dinata - Arisan! 2[2]. Di dalam film Arisan! 2, Atiqah adalah salah satu karakter baru dalam film Arisan 2. Karakter Ara yang ia mainkan menggambarkan seorang sosialita muda yang sedang naik daun.

Atiqah sempat dua kali mendapat nominasi Piala Citra, yaitu Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2009 lewat film Ruma Maida dan untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2011 lewat film The Mirror Never Lies.

Pada April 2014, diumumkan bahwa Atiqah akan bermain dalam sebuah film feature arahan sutradara Rako Prijanto dan diproduksi oleh Oreima Pictures, yang berjudul 3 Nafas Likas.[3]

Di film ini, Atiqah akan bermain sebagai karakter utama yang bernama Likas, seorang perempuan asal Batak Karo yang menjalani kehidupan luar biasa dan akhirnya meraih sukses, karena tiga janji yang diucapkannya kepada tiga orang terpenting dalam hidupnya.

Awalnya di 3 Nafas Likas Atiqah akan beradu akting dengan Christine Hakim.[4]. Namun, posisi Christine Hakim digantikan oleh Tutie Kirana

Di film 3 Nafas Likas , Atiqah akan beradu akting dengan Vino G. Bastian yang menjadi Djamin Ginting, suaminya. Film ini juga diperkuat oleh Tuti Kirana, Marissa Anita dan Mario Irwinsyah.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]