Arizona Wildcats

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Semua tim olahraga Universitas Arizona dijuluki Arizona Wildcats.

Arizona Wildcats
Logo
Logo UA.jpg
Nama Arizona Wildcats
Universitas University of Arizona
Konferensi Pacific-12 Conference
Divisi NCAA Division I/Football Bowl Subdivision
Direktur Atletik Gregory Byrne
Kota Tucson
Negara Bagian Arizona
Stadion Arizona Stadium
Arena McKale Center
Lapangan Baseball Jerry Kindall Field at Frank Sancet Stadium
Maskot Wilbur dan Wilma
Julukan Wildcats
Lagu Tanding Fight! Wildcats! Fight! / Bear Down Arizona
Warna Seragam Merah Cardinal dan Biru Navy
Situs Web arizonawildcats.com

Program olahraga[sunting | sunting sumber]

Universitas Arizona atau University of Arizona terdaftar di Divisi I-A NCAA dalam Pac-12 Conference South Division, bersama dengan Arizona State University, University of Colorado, UCLA, USC, dan University of Utah. Arizona bergabung dengan Pac-8 pada tahun 1978 bersama dengan Arizona State University sehingga terbentuklah Pac-10 Conference (sebelum menjadi Pac-12 dengan bergabungnya Colorado dan Utah pada tahun 2011). Warna sekolahnya adalah merah cardinal dan biru navy, dan lagu tandingnya adalah "Fight! Wildcats! Fight!", meskipun "Bear Down, Arizona!" lebih umum dinyanyikan karena "Bear Down" adalah motto universitas ini.

Sejarah Nama Julukan[sunting | sunting sumber]

Nama julukan "wildcats" diperoleh tim Universitas Arizona pada tahun 1914 setelah bertanding dalam cabang olahraga football melawan juara California saat itu Occidental College. Surat kabar LA Times memberitakan bahwa Arizona "menunjukkan semangat bertarung seperti wildcats". Wildcats adalah julukan untuk spesies Bobcat (Lynx rufus), hewan liar predator dari keluarga kucing yang hidup di benua Amerika Utara.

Maskot[sunting | sunting sumber]

Maskot universitas ini merupakan antropomorfi dari wildcats yang diberi nama Wilbur dan Wilma. Identitas orang yang mengenakan kostum maskot ini selalu dirahasiakan, kecuali biasanya di pertandingan bola basket terakhir dalam musim kompetisi. Di saat paruh waktu, identitas kedua orang ini dibuka. Pada tahun 1986, Wilbur dan Wilma melakukan pernikahan. Mereka selalu tampil bersama-sama dengan regu pemandu sorak di sebagian besar pertandingan olahraga Universitas Arizona.

Maskot pertama Universitas Arizona adalah seekor bobcat gurun hidup yang bernama "Rufus Arizona", diperkenalkan pada tahun 1915 dan dinamai seperti nama Presiden Universitas saat itu, Rufus B. von KleinSmid.

Rivalitas[sunting | sunting sumber]

Rivalitas yang sengit tumbuh antara University of Arizona Wildcats dengan Arizona State University Sun Devils, dua tim Divisi I-FBS yang dimiliki oleh Negara Bagian Arizona. Rivalitas ini telah dikenal sebagai salah satu persaingan yang paling sengit di dunia olahraga antar-universitas di Amerika Serikat. Kedua sekolah berkompetisi di seri State Farm Territorial Cup, suatu kompetisi antara dua sekolah di 18 cabang olahraga yang berbeda. Rivalitas di dalam football, dijuluki "Duel di Gurun", merupakan salah satu dari pertandingan yang memperebutkan trofi rivalitas di lingkungan football universitas. Trofi yang dinamai "Territorial Cup" ini diberikan sehabis pertandingan tiap tahunnya semenjak tahun 1899 saat Arizona masih menjadi Teritori Amerika Serikat.

Rivalitas juga tercipta dengan tim-tim Pac-12 lainnya, terutama dengan UCLA yang telah menjadi saingan Arizona secara konsisten di cabang softball dan bola basket putra di dekade 1990-an. Rivalitas ini hidup kembali dengan tampilnya UCLA di Final Four bola basket putra pada tahun 2006.


Cabang olahraga[sunting | sunting sumber]

University of Arizona mengelola delapan-belas (18) cabang olahraga tingkat perguruan tinggi yang berkompetisi di NCAA, yaitu: Baseball (putra), Softball (putri), Bola basket (putra + putri), Football (putra), Atletik (putra + putri), Sepak bola (putri), Lari Jarak Jauh (putra + putri), Golf (putra + putri), Senam (putri), Bola voli (putri), Renang & Selam (putra + putri), Tenis (putra + putri)

Beberapa cabang olahraga unggulan Arizona Wildcats antara lain Bola Basket Putra dan Softball Putri.

Bola Basket Putra[sunting | sunting sumber]

Arizona-Wildcats-Basketball.jpg

Tim bola basket putra University of Arizona telah menjadi salah satu program bola basket yang paling sukses di Amerika Serikat semenjak Lute Olson diangkat menjadi pelatih kepala pada tahun 1983 dan dikenal sebagai tim kuat di dalam Divisi I-A bola basket putra. Hingga tahun 2008, tim ini telah mencapai prestasi 21 musim berturut-turut dengan minimal 20 kemenangan, dan masuk ke dalam Turnamen NCAA selama 25 tahun berturut-turut. Wildcats berhasil mencapai Final Four (semifinal) Turnamen NCAA pada tahun 1988, 1994, 1997 dan 2001.

Pada tahun 1997, Arizona mengalahkan Universitas Kentucky, saat itu merupakan juara bertahan, untuk menjadi Juara Nasional Kejuaraan NCAA. Tim pemenang Turnamen NCAA tahun ini dipimpin oleh calon pemain NBA seperti Mike Bibby dan Michael Dickerson, serta sang MVP (Pemain Terbaik) Final Four Miles Simon. Bennett Davison dan A.J. Bramlett melengkapi daftar kelima pemain utama tim ini. Para pemain lainnya adalah Jason Terry (yang bersama tim NBA Dallas Mavericks menjadi juara NBA tahun 2011), John Ash, Eugene Edgerson, Donnell Harris, Jason Lee, Josh Pastner (yang menjadi pelatih termuda Memphis University), Jason Stewart, Quynn Tebbs dan Justin Wessel. Hingga hari ini tim ini adalah satu-satunya tim yang mampu mengalahkan tiga tim unggulan pertama dalam turnaman yang sama: Kansas (Sweet 16/Babak Perenambelas Final), North Carolina (Final Four/Babak Perempat Final) dan Kentucky di Babak Final.

Setelah 25 tahun melatih Arizona, Lute Olson mengundurkan diri tak lama sebelum dimulainya musim kompetisi tahun 2008-2009, karena alasan kesehatan. Setelah beberapa tahun posisi pelatih kepala diisi oleh pelatih interim/sementara, University of Arizona mengangkat Sean Miller, mantan pelatih kepala Xavier, sebagai pelatih kepala Arizona Wildcats berikutnya. Di Turnamen NCAA tahun 2011, Sean Miller berhasil membawa Wildcats ke Elite Eight/Babak Perdelapan Final sebelum kalah dari juara musim tersebut, Connecticut.

Softball Putri[sunting | sunting sumber]

Program Softball Putri di University of Arizona telah dianggap sebagai program softball universitas terbaik se-Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir. Team softball ini telah memenangi gelar juara NCAA Women's College World Series pada tahun 1991, 1993, 1994, 1996, 1997, 2001, 2006 dan 2007 di bawah arahan pelatih kepala Mike Candrea (NCAA SOftball Championship). Team ini pernah tampil di NCAA National Championship pada tahun 1991, 1992, 1993, 1994, 1995, 1996, 1997, 1998, 2001, 2002, 2006, 2007 dan 2010, jumlah penampilan yang hanya lebih sedikit dari UCLA. Mike Candrea juga membawa team softball Amerika Serikat di Olimpiade tahun 2004 meraih medali emas di Athena, Yunani.