Universitas Arizona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Arizona
UA Seal (Trademark of Arizona Board of Regents)
Moto Bear Down!
Didirikan 1885
Jenis Negeri
Dana abadi USD 481 juta
Presiden Eugene G. Sander [2]
Staf administratif 2,854[1]
Sarjana 30,346[1]
Magister 8,421[1]
Lokasi Tucson, Arizona, AS
Kampus Urban, 1.253.500 m²)
Yearbook Desert Yearbook
Warna Merah kardinal dan biru laut
Atletik 18 tim universitas
Maskot Wilbur Wildcat
Situs web www.arizona.edu

Universitas Arizona atau The University of Arizona (juga dirujuk sebagai UA, U of A, atau Arizona) adalah sebuah intitusi pendidikan tinggi dan riset negeri yang berlokasi di kota Tucson, Arizona, Amerika Serikat, yang menerima dana hibah untuk pembangunan fasilitas kampus dan pengembangan riset teknologi angkasa. UA merupakan universitas pertama di negara bagian Arizona, didirikan pada tahun 1885 (27 tahun sebelum Teritori Arizona menerima status negara bagian). Universitas ini mencakup University of Arizona College of Medicine yang merupakan salah satu dari tiga sekolah kedokteran dan satu-satunya sekolah kedokteran yang menganugerahkan gelar MD (Doctor of Medicine) di Arizona. Hingga musim gugur tahun 2010, jumlah mahasiswanya adalah 39,086 orang.[1] UA dibawah pengelolaan Arizona Board of Regents. Misi UA adalah "untuk menemukan, mendidik, melayani dan menginspirasi."[2] UA adalah salah satu anggota terpilih dari Asosiasi Universitas Amerika (AAU, suatu organisasi dari institusi-institusi riset terkemuka di Amerika Utara) dan merupakan satu-satunya wakil dari negara bagian Arizona dalam asosiasi ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Old Main, bangunan tertua di kampus Univeritas Arizona

Universitas Arizona disetujui pendiriannya oleh Badan Legislatif Teritori Arizona yang dikenal dengan julukan Thieving Thirteenth pada tahun 1885. Kota Tucson sebelumnya berharap menerima dana untuk pembangunan rumah sakit jiwa Teritori Arizona yang dialokasikan sejumlah USD 100,000 dan bukannya USD 25,000 yang dialokasikan untuk pembangunan satu-satunya universitas di teritori ini (Arizona State University juga disetujui pembentukannya pada tahun 1885, tapi pada saat itu direncanakan sebagai sekolah guru Arizona, dan bukannya sebagai sebuah universitas). Para anggota dewan kota Tucson terlambat tiba di kota Prescott, Arizona, akibat banjir di Sungai Salt (Arizona) dan saat mereka tiba keputusan yang mengalokasikan dana untuk institusi-institusi teritorial telah diambil. Perwakilan Tucson sangatlah kecewa menerima alokasi dana yang dianggap sebagai hadiah hiburan belaka.

Saat tidak ada pihak yang mau maju dan menyediakan tanah untuk institusi baru yang diputuskan, warga Tucson bersiap untuk mengembalikan dana kepada Badan Legislatif Teritori Arizona. Mereka berubah pikiran setelah dua orang penjudi dan seorang pengusaha bar memutuskan untuk menyumbangkan tanah yang dibutuhkan untuk membangun universitas tersebut. Proses belajar-mengajar terlaksana pertama kali pada tahun 1891 dengan jumlah 32 mahasiswa di gedung Old Main, bangunan pertama yang dibangun di kampus, dan masih digunakan hingga hari ini.[3] Oleh karena tidak ada sekolah menengah atas di Teritori Arizona saat itu, UA menyediakan program pendidikan persiapan masuk universitas secara terpisah dalam masa 23 tahun pertama kegiatan kuliah mereka.

Mall Universitas Arizona
Patung keluarga wildcats

Akademisi[sunting | sunting sumber]

Universitas Arizona mengajarkan 334 disiplin ilmu yang mengarah pada dianugerahkannya gelar sarjana, pasca-sarjana, doktoral dan pofesional. Departemen dan program akademisi ditata ke dalam berbagai Kolese dan Sekolah. Daftar kolese dan sekolah universitas ini bisa dilihat di http://www.arizona.edu/index/colleges.php.[4] Universitas Arizona adalah satu-satunya sekolah dalam Konferensi Pac-10 yang tidak memberikan nilai "plus" atau "minus" untuk kelas-kelasnya. Saat ini, nilai diberikan dalam skala 4-point yang ketat dengan "A" bernilai 4, "B: bernilai 3, "C" bernilai 2, "D" bernilai 1 dan "F" bernilai nol. Pada tahun 2004 muncul berbagai diskusi antara mahasiswa dan pengajar yang mungkin membawa UA menggunakan sistem penilaian puls-minus di masa depan.[5] Hingga bulan Juli 2010 UA masih menggunakan skala 4-point.

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Untuk tahun 2012, US News and World Report menempatkan Universitas Arizona sebagai universitas negeri terbaik ke-59 di seluruh Amerika Serikat. Program-program Eller College of Management di bidang Akuntansi, Wirausaha, Management Information System (MIS), Manajemen Organisasi dan Marketing menempati peringkat 25 terbaik oleh U.S. News & World Report. Program pasca-sarjana (S2/Master) di bidang MIS selalu menduduki peringkat 5 terbaik menurut U.S. News & World Report semenjak lahirnya sistem peringkat ini.[6] Program MBA Eller telah masuk peringkat 50 program terbaik selama sebelas tahun berturut-turut oleh U.S. News & World Report. Pada tahun 2005 U.S. News & World Report menempatkannya di peringkat ke-40. Majalah Forbes menempatkan Program MBA Eller di peringkat ke-33 dalam hal Return on Investment terbaik, dalam daftar peringkat sekolah bisnis dua-tahunan yang ke-empat pada tahun 2005. Program MBA ini juga menduduki peringkat ke-24 dalam Peringkat Regional Interaktif 2005 dari Wall Street Journal.

Campaign Arizona, suatu usaha untuk mengumpulkan dana sebesar USD 1 Milyar bagi institusi pendidikan ini, berhasil melewati jumlah tersebut sebesar USD 200 juta dalam waktu satu tahun lebih cepat.[7] National Science Foundation menempatkan UA ke peringkat ke-16 di antara semua universitas negeri dan ke-26 di antara semua universitas di Amerika Serikat dalam perihal besarnya dana riset.[7]

Sekolah Hukum James E. Rogers menempati peringkat ke-42 secara nasional dan Sekolah Kedokteran Universitas Arizona menempati peringkat ke-51 secara nasional di kategori primary care oleh U.S. News & World Report untuk tahun 2011.[8][9] Departemen Teknik Industri dan Sistem (SIE: System and Industrial Engineering) menempati peringkat ke-10 dalam daftar 'America's Best Graduate Schools 2009' dari U.S. News & World Report. Program kimia analitik di UA menempati peringkat ke-6 nasional oleh U.S. News & World Report (2010).[10] Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem menempati peringkat ke-17 nasional oleh U.S. News & World Report(2010).[11] Program Geosciences menempati peringkat pertama nasional oleh U.S. News & World Report (2010).[12] Program doktoral di bidang Farmasi di Sekolah Farmasi Universitas Arizona menempati peringkat ke-9 nasional oleh U.S. News & World Report tahun 2008. Program Filosofi menempati peringkat ke-13 nasional menurut The Philosophical Gourmet Report]], dan peringkat pertama di dalam Filosofi Politis.

Dalam konteks internasional, Times Higher Education World University Rankings tahun 2010[13] menempatkan Universitas Arizona di peringkat ke-95 di dunia dan QS World University Rankings[14] menempatkan UA di peringkat ke-163.

Pada tahun 2009 program sarjana Sekolah Arsitektur dan Landscape Architecture menempati peringkat ke-12 nasional bagi seluruh universitas, baik negeri maupun swasta, sebagaimana dilaporkan dalam Design Intelligence. Program pasca-sarjana Sekolah Landscape Architecture menduduki peringkat pertama di Amerika Serikat bagian barat.

Penerimaan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

UA dianggap sebagai universitas yang 'selektif' oleh US News and World Report.[15] Enam puluh sembilan mahasiswa tahun pertama merupakan para mahasiswa penerima beasiswa National Merit Scholarship.[16]

Para mahasiswa UA datang dari seluruh negara bagian Amerika Serikat. Sekitar 72% mahasiswanya berasal dari Arizona, hampir 10% berasal dari California, diikuti dengan jumlah yang cukup banyak dari Illinois, Texas, Washington dan New York (2007).[1] UA memiliki lebih dari 2200 pelajar internasional yang mewakili 122 negara. Jumlah mahasiswa internasional mencapai sekitar 6% dari jumlah keseluruhan mahasiswa di UA.[1]

Riset[sunting | sunting sumber]

Universitas Arizona diklasifikasikan sebagai suatu universitas "RU/VH: Research Universities (very high research activity)", sebelumnya klasifikasi dengan nama universitas 'Research 1", oleh Carnegie Classification of Institutions of Higher Education (atau lebih dikenal dengan sebutan Carnegie Foundation). UA menerima lebih dari USD 600 juta tiap tahunnya dalam bentuk dana riset, yang menghasilkan sekitar dua-per-tiga jumlah dana riset dalam sistem universitas Arizona,[17] merupakan jumlah ke-26 terbesar di Amerika Serikat (termasuk institusi negeri maupun swasta).[18] UA memperoleh sumbangan dana sebesar USD 480.2 juta hingga tahun 2010.[19]

Universitas Arizona dianugerahi dana oleh NASA untuk eksplorasi ruang angkasa dalam jumlah yang lebih besar dari universitas manapun secara nasional.[20] UA dianugerahi lebih dari USD 325 juta untuk Laboratorium Bulan dan Planet (LPL: Lunar and Planetary Laboratory) untuk memimpin Misi ke Mars NASA 2007/2008 (Pesawat Phoenix) menjelajahi kutub utara Planet Mars. Jumlah karya LPL di pesawat luar angkasa Cassini-Huygens yang mengorbit di Planet Saturnus lebih banyak daripada karya-karya universitas lainnya dari seluruh dunia. Laboratorium UA merancang dan mengoperasikan penyelidikan radiasi atmosfer dan pengambilan gambar dalam penyelidikan tersebut.[21] UA mengoperasikan kamera HiRISE, yang merupakan bagian dari Mars Reconnaissance Orbiter.

UA menerima dana NASA lebih banyak tiap tahunnya dibandingkan jumlah keseluruhan dana yang diberikan NASA-JPL (Jet Propulsion Laboratory) kepada sembilan universitas teratas berikutnya.[7] Hingga bulan Juni 2011, Lunar and Planetary Laboratory milik UA terlibat aktif di dalam lima misi pesawat luar angkasa: Cassini, Phoenix Mars Lander, kamera HiRISE yang mengorbit di Mars, misi MESSENGER ke Merkurius, dan OSIRIS-REx, misi pengambilan contoh benda dari sebuah asteroid pertama Amerika Serikat yang baru saja dipilih oleh NASA.[22]

Mahasiswa/i UA telah terpilih sebagai penerima beasiswa Flinn Foundation, Truman, Rhodes, Goldwater, Fulbright dan National Merit.[23] Menurut Chronicle of Higher Education, UA ada di antara 25 institusi yang terbanyak menerima penganugerahan Fulbright di Amerika Serikat.[7]

UA adalah anggota dari Association of Universities for Research in Astronomy, suatu konsorsium dari insitusi-institusi yang mengembangkan riset di bidang Astronomi. Asosiasi ini mengoperasikan observatorium dan teleskop, terutama Kitt Peak National Observatory yang berada tepat di luar kota Tucson. UA adalah salah satu anggota Association of American Universities, dan merupakan satu-satunya wakil dari negara bagian Arizona.

Dipimpin oleh Roger Angel, para peneliti di Laboratorium Cermin Observatorium Steward di UA sedang bekerja bersama-sama untuk membuat teleskop yang paling canggih di dunia. Dikenal sebagai Giant Magellan Telescope, instrumen ini akan menghasilkan gambar 10 kali lebih jelas daripada gambar yang dihasilkan oleh Teleskop luar angkasa Hubble yang mengorbit bumi. Teleskop ini direncanakan selesai pada tahun 2016 dengan biaya sekitar USD 500 juta. Para peneliti dari sedikitnya sembilan institusi sedang berusaha mengumpulkan dana untuk proyek ini. Teleskop ini akan mencakup tujuh cermin yang masing-masing seberat 18 ton yang mampu menghasilkan gambar-gambar yang jernih dari gunung-gunung berapi dan alur-alur sungai di Planet Mars, serta gunung-gunung di bulan dalam kecepatan 40 kali lebih cepat daripada teleskop terbesar di dunia saat ini. Cermin-cermin Teleskop Magellan Raksasa ini akan dibuat di UA dan dipindahkan ke situs permanen di atas gubung di pegunungan Andes, Chile, dimana strujtur teleskop ini akan dibangun.[24]

Berhasil mendarat di Planet Mars di bulan Maret 2006, Mars Reconnaissance Orbiter membawa kamera HiRISE, dengan Penyelidik Kepalanya ilmuwan Alfred McEwen sebagai pemimpin proyek. Misi NASA ke Mars ini membawa sebuah kamera yang dirancang oleh UA yang diharapkan bisa mendapatkan gambar-gambar planet tersebut dengan resolusi yang paling tinggi yang pernah terlihat. Perjalanan orbiter ini adalah sekitar 300 juta mil. Saat ini yang sedang beroperasi di permukaan Mars adalah Lander yang dikenal sebagai Phoenix Scout Mission, dipimpin oleh ilmuwan UA Peter Smith. Tujuan misi ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang kutub utara Mars. Setelah sukses mendarat di Maras di bulan Mei 2008, misi ini merupakan misi NASA petama yang seluruhnya dikendalikan oleh suatu universitas. Arizona Radio Observatory, sebagai bagian dari Observatorium Steward, mengoperasikan Teleskop 12 Meter di Kitt Peak dan Teleskop Submilimeter di Mount Graham.

National Science Foundation mendanai iPlant Collaborative pada tahun 2008.[25] Di bulan Juni 2011, UA mengumumkan bahwa institusi ini akan mengambil alih sepenuhnya kepemilikan fasilitas riset ilmiah Biosphere 2 di Oracle, Arizona, sebelah utara kota Tucson, efektif per tanggal 1 Juli 2011.[26] Biosphere 2 dibangun oleh developer swasta (dibiayai sebagian besar oleh usahawan dan filantropis asal Texas, Ed Bass) dengan eksperimen sistem ekologi tertutupnya dimulai pada tahun 1991. UA telah menjadi partner pengelola resmi fasilitas ini untuk tujuan riset semenjak tahun 2007.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk Perpustakaan Utama UA (Main Library)

Pada tahun 2005, Association of Research Libraries, dalam daftar "Ranked Lists for Institutions for 2005" yang dikeluarkannya (yang tersedia paling akhir), menempatkan perpustakaan UA di peringkat ke-33 dari seluruh perpustakaan universitas di Amerika Utara (dari 113 universitas) berdasarkan berbagai ukuran statistik kualitas; peringkat ini satu peringkat di bawah perpustakaan Duke University dan satu peringkat di atas Northwestern University[27] (dimana kedua sekolah ini, bersama dengan UA, adalah anggota dari Association of American Universities).

Hingga tahun 2009, sistem perpustakaan UA memiliki lebih dari lima juta jilid cetak, 600.000 buku elektronik, dan 54.000 jurnal elektronik. Main Library, yang dibuka pada tahun 1976, berfungsi sebagai sumber referensi, periodikal dan pusat administratif sistem perpustakaan; kebanyakan koleksi utama dan koleksi khususnya juga disimpan disini. Main Library terletak di bagian tenggara kampus dekat McKale Center dan Arizona Stadium.

Pada tahun 2002, penambahan fasilitas Integrated Learning Center (ILC) yang menelan biaya USD 20 juta, selesai dibangun; fasilitas ini adalah fasilitas utama bagi mahasiswa/i tahun pertama (terutama mereka yang belum menentukan jurusan) yang memiliki kelas, auditorium, ruang lapang dengan fasilitas berbagai mesin penjual (vending machine), dan laboratorium komputer yang luas (disebut Information Commons) dilengkapi dengan komputer workstation G5 dari Gateway dan Apple Macintosh (semua komputer ini tersedia untuk digunakan oleh publik umum, dengan syarat-syarat tertentu, sebagaimana bisa digunakan oleh para mahasiswa, pengajar dan staf UA). Sebagian besar bangunan ILC dibangun di bawah tanah, di bawah bagian ujung timur Mall UA; ILC terhubung ke lantai basement Main Library lewat Information Commons. Sebagai bagian dari proyek ini, tambahan ruang kenator baru juga dibanguan di lantai lima yang telah ada.

Perpustakaan Sains dan Teknik (The Science and Engineering Library) berada di dekatnya yang dibangun di era tahun 1960an yang menyimpan berbagai jilid dan periodikal dari cabang-cabang ilmu pengetahuan tersebut. Gedung Musik (yang berada di bagian barat laut kampus dimana berbagai disiplin ilmu seni berkumpul) memiliki Perpustakaan Fine Arts, termasuk di dalamnya koleksi referensi untuk arsitektur, musik (termasuk buku musik, rekaman dan stasiun pendengar), dan fotografi. Terdapat sebuah perpustakaan kecil di gedung Center for Creative Photography, yang juga berada di kompleks Fine Arts, yang dikhususkan untuk seni dan ilmu pengetahuan fotografi. Perpustakaan Hukum terdapat di dalam Gedung Hukum (James E, Rogers College of Law), yang terletak di persimpangan Speedway Boulevard dan Mountain Avenue.

Arizona Health Sciences Library (Perpustakaan Ilmu Kesehatan Arizona) terletak di gedung Health Science Center di bagian ujung utara kampus dan di kota Phoenix di Phoenix Biomedical Campus. Perpustakaan ini melayani Sekolah Kedokteran, Perawat, Farmasi dan Kesehatan Publik, Jaringan Kesehatan UA, dan juga merupakan sumber daya bagi para pekerja kesehatan dan warga di seluruh negara bagian Arizona.

Program Olah Raga[sunting | sunting sumber]

Artikel utama untuk bagian ini adalah Arizona Wildcats.

Beberapa Alumnus Terkenal[sunting | sunting sumber]

Politik[sunting | sunting sumber]

  • Bob Dole - mantan Senator dan calon presiden Amerika Serikat
  • Barry Goldwater - mantan Senator dan calon presiden Amerika Serikat

Bisnis[sunting | sunting sumber]

  • Robert Wood Johnson IV - pemilik klub New York Jets dan cucu buyut dari pendiri Johnson & Johnson
  • Terry J. Lundgren - CEO Macy's Inc yang mengelola Macy's dan Bloomingdale's department stores
  • Robert Sarver - pemilik mayoritas saham Phoenix Suns dan direktur SkyWest Airlines

Dunia Hiburan[sunting | sunting sumber]

Ilmuwan[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f "Fact Book 2009-10". University of Arizona Office of Institutional Research & Planning Support. Diakses 03 May 2011. 
  2. ^ "About the UA". University of Arizona. University of Arizona. Diakses 5 May 2008. 
  3. ^ "The Old Main". UA History. Arizona Board of Regents. 2005. Diarsipkan dari aslinya tanggal February 11, 2006. Diakses March 29, 2006. 
  4. ^ "Colleges & Schools". University of Arizona. Diakses November 23, 2005. 
  5. ^ "Arizona Summer Wildcat – Making the grade: UA's plus/minus debate – Monday, August 9, 2004". Diakses December 13, 2006. 
  6. ^ "Masters in MIS program". Diarsipkan dari aslinya tanggal September 9, 2005. Diakses November 23, 2005. 
  7. ^ a b c d "Academic Year 2004–05 Highlights" (PDF). Diakses 28 January 2006. 
  8. ^ [http://grad-schools.usnews.rankingsandreviews.com/grad/law/items/03004 University of Arizona (Rogers) – Law -Best Graduate Schools – Education – US News and World Report
  9. ^ http://grad-schools.usnews.rankingsandreviews.com/best-graduate-schools/top-medical-schools/university-of-arizona-04003
  10. ^ Best Analytical Chemistry Program
  11. ^ http://grad-schools.usnews.rankingsandreviews.com/best-graduate-schools/top-engineering-schools/biological-agricultural-rankings
  12. ^ http://grad-schools.usnews.rankingsandreviews.com/best-graduate-schools/top-science-schools/geology-rankings
  13. ^ [url:http://www.timeshighereducation.co.uk/world-university-rankings/2010-2011/top-200.html "THE Interactive Worl University Rankings 2010"]. Diakses September 16, 2010. 
  14. ^ http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2011?page=3
  15. ^ "USNews.com: America's Best Colleges 2008: National Universities". Diakses February 22, 2008. 
  16. ^ Office of Institutional Research and Planning Support (ed.). Enrollment Highlights 2005–2007; New Freshmen Application, Admission and Enrollment Profile by Residency. 
  17. ^ "Campus Highlights". Highlights and Rankings. University of Arizona. Diakses 29 March 2006. 
  18. ^ "UA Highlights 2004–05" (PDF). Diarsipkan dari aslinya tanggal February 11, 2006. Diakses July 17, 2007. 
  19. ^ "University of Arizona and Foundation". NACUBO Endowment Study 2010. National Association of College and University Business Officers. Diakses 3 April 2010. 
  20. ^ "The First UA Undergrad to Command a Camera on Mars". Diarsipkan dari aslinya tanggal 2006-02-10. Diakses 2006-04-18. 
  21. ^ "The eyes of the world... and beyond". Arizona Board of Regents. Diakses 29 March 2006. 
  22. ^ Stolte, Daniel.[1], "UANews", May 27, 2011, accessed June 13, 2011.
  23. ^ "Student Honors". Highlights and Rankings. University of Arizona. Diakses 29 March 2006. 
  24. ^ "Giant Magellan Telescope". Diakses 2006-07-12. 
  25. ^ "National Science Foundation Awards $50 Million for Collaborative Plant Biology Project to Tackle Greater Science Questions". News release (National Science Foundation). January 30, 2008. Diakses September 21, 2011. 
  26. ^ "Biosphere 2 to Have a Permanent Home With the UA". Office of University Communications, The University of Arizona. 2011-06-27. Diakses 2011-06-27. 
  27. ^ ARL.org