Antigen karsinoembrionik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Antigen karsinoembrionik (bahasa Inggris: carcinoembryonic antigen, CEA) adalah glikoprotein keluarga imunoglobulin dengan 29 berkas genetik yang berperan dalam adhesi sel, 18 di antaranya merupakan ekspresi normal.[1] CEA umumnya diproduksi pada masa embrio dan terhenti sebelum masa kelahiran, oleh karena itu CEA biasanya tidak terdapat pada plasma darah orang dewasa, walaupun dapat meningkat pada perokok berat. Peningkatan rasio plasma CEA banyak ditemukan pada penderita kanker usus besar, kanker lambung, kanker pankreas, kanker paru, kanker payudara, kanker tiroid, radang kolitis, pankreatitis, sirosis, COPD, penyakit Crohn

CEA pertama kali ditemukan oleh Phil Gold dan Samuel O. Freedman pada ekstrak jaringan kanker usus besar pada manusia.[2] Dari studi yang dilakukan pada tahun 2008 ditemukan bahwa CEA membentuk kompleks dengan ekspresi CD44 pada permukaan membran sel yang kemudian berfungsi sebagai kluster diferensiasi CD44v dengan massa 180 kDa yang mencerap senyawa L-selektin dan E-selektin dari sel kanker untuk ber-metastasis.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)"The carcinoembryonic antigen (CEA) family: structures, suggested functions and expression in normal and malignant tissues". Department of Immunology, Umeå University; Hammarström S. Diakses 2010-10-27. 
  2. ^ (Inggris)"DEMONSTRATION OF TUMOR-SPECIFIC ANTIGENS IN HUMAN COLONIC CARCINOMATA BY IMMUNOLOGICAL TOLERANCE AND ABSORPTION TECHNIQUES". GOLD P, FREEDMAN SO. Diakses 2010-10-26. 
  3. ^ (Inggris)"Carcinoembryonic antigen and CD44 variant isoforms cooperate to mediate colon carcinoma cell adhesion to E- and L-selectin in shear flow". Department of Chemical and Biomolecular Engineering, The Johns Hopkins University; Thomas SN, Zhu F, Schnaar RL, Alves CS, Konstantopoulos K. Diakses 2010-10-27.