Animal Farm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Animal Farm
Animalfarm2.jpg
Pengarang George Orwell
Judul asli Animal Farm
Penerjemah J. Fransiska M.
Negara Britania Raya
Bahasa Indonesia
Genre Satire
Penerbit Sumbu (Yogyakarta)
Tanggal rilis 2001
Versi Inggris 17 Agustus 1945
di Inggris
Jenis media paperback
Halaman 109 halaman (edisi Indonesia)
ISBN ISBN 979-96448-2-8

Animal Farm ("Perternakan Hewan") adalah sebuah novel pendek satiris (yang juga bisa dianggap sebagai suatu dongeng atau alegori) dan ditulis oleh George Orwell mengenai sekelompok hewan yang menggulingkan kekuasaan manusia di sebuah peternakan yang mereka miliki. Para petani manusia ini menindas para hewan. Lalu mereka sendiri mengendalikan peternakan, hanya untuk melihat keadaannya menjadi merosot dan mereka sendiri bertindak semena-mena. Buku ini ditulis semasa Perang Dunia II dan diterbitkan pada tahun tanggal 17 Agustus 1945, walaupun baru sukses pada penghujung dasawarsa 1950-an.

Animal Farm ialah alegori satiris tentang totalitarianisme Uni Soviet. Peristiwa-peristiwa utama dalam buku ini berdasarkan peristiwa-peristiwa Uni Soviet semasa Kekaisaran Rusia, dan setelahnya. Orwell, pendukung sosialisme demokratis serta anggota Independent Labour Party (sebuah partai buruh di Britania Raya) selama beberapa tahun, adalah pengkritik Stalin. Ia mencurigai paham Stalinisme yang dipandu oleh Moskwa selepas pengalamannya dalam Perang Saudara Spanyol.

Mengenai judul dan perbedaan versi[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia judul novel ini biasanya tidak diterjemahkan. Misalkan pada edisi terjemahan pada tahun 2001, judul novel tetap saja Animal Farm[1], berbeda dengan di Malaysia di mana judul novel ini biasa diterjemahkan dengan judul Ladang Binatang.

Aslinya Orwell memberi judul buku ini Animal Farm: A Fairy Story (Peternakan Hewan: Sebuah Cerita Peri), namun terbitan Amerika Serikat tidak menggunakan kalimat "A Fairy Story", karena dirasa tidak cocok untuk pasaran anak-anak. Hanya terjemahan bahasa Telugu yang dibuat semasa hidup Orwell, yang tetap memakai kalimat "A Fairy Story". Pada terjemahan lain, subjudul tersebut dibuang atau diganti dengan kata "A Satire" (Sebuah Satire), "A Contemporary Satire" (Sebuah Satire Modern), atau dideskripsikan sebagai sebuah petualangan atau cerita.

Pada tahun 1945, kisah tentang burung dara yang membuang kotoran di atas Mr. Jones dianggap terlalu kasar, sehingga istilah yang dipergunakan waktu itu adalah "to mute on Mr. Jones and his men" (sekitar halaman 26), namun cetakan bahasa Inggris yang baru menggunakan kalimat "to drop dung on Mr. Jones and his men".

Pada Maret 1945 Orwell bertemu dengan Joseph Czapski, seorang yang selamat dari kamp konsentrasi Soviet dan Pembantaian Katyn. Orwell lalu meminta penerbitnya untuk mengubah teks yang menulis tentang sewaktu kincir angin roboh dan "semua hewan, termasuk Napoleon", terjatuh ke tanah - menjadi "semua hewan, kecuali Napoleon", terjatuh ke tanah. Hal ini dilakukannya karena ia merasa bahwa Stalin, yang digambarkan sebagai tokoh Napoleon, tetap tinggal di Moskwa sewaktu tentara Jerman menyerbu.

Di dalam edisi bahasa Perancis, tokoh Napoleon diganti namanya menjadi César, karena Napoleon adalah tokoh nasional Perancis

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ketika Mayor Tua, seekor babi tua pemenang sayembara ternak mengadakan rapat dengan semua binatang Peternakan Manor, ia memberitahu mereka bahwa ia mimpi dan semua manusia hilang. Kemudian binatang-binatang mempunyai kebebasan untuk hidup dalam keamanan dan keharmonisan. Mayor Tua membandingkan manusia dengan parasit, dan kemudian mengajar binatang-binatang menyanyikan lagu revolusioner ("Hewan-Hewan Inggris").

Apabila Mayor Tua meninggal dunia hanya tiga hari kemudian, dua ekor babi - Snowball dan Napoleon - mengambil alih kepimpinan, dan membentuk idaman Mayor Tua menjadi paham politik sepenuhnya. Pada suatu malam, binatang-binatang yang lapar memberontak dengan tiba-tiba dan menghalau pemilik peternakan - Tuan Jones beserta isterinya, serta burung gagak kesayangannya, Moses - dari Peternakan Manor itu. Peternakan itu kemudian dinamakan sebagai "Perternakan Hewan".

Tujuh Hukum falsafah baru "Hewanisme" atau "Kehewanan" dituliskan pada dinding bangsal supaya semua binatang bisa membacanya. Hukum yang ketujuh dan yang paling penting ialah "semua binatang adalah sama." Semua binatang bekerja, tetapi sang kuda Boxer melakukan kerja yang lebih daripada bagiannya dan terus menggumamkan maksim yang ia ciptakan sendiri, yaitu "Aku akan bekerja lebih keras."

Perternakan Hewan bermula dengan lancar: Snowball mengajar binatang-binatang lain membaca dan menulis (walaupun tidak banyak binatang pandai belajar membaca), makanan banyak disebabkan panen yang baik, dan seluruh peternakan itu dikendalikan dengan lancar. Sementara itu, Napoleon memisahkan anak-anak anjing daripada orang tua mereka dan melatih mereka secara rahasia. Ketika Tuan Jones mencoba merebut kembali peternakan itu, semua binatang mengalahkannya dalam apa yang kemudian dikenal sebagai "Pertempuran Bangsal Sapi". Bagaimanapun, Napoleon dan Snowball saling berebut kekuasaan untuk memimpin peternakan. Apabila Snowball mengumumkan gagasannya tentang pembangunan sebuah kincir angin, Napoleon menentangnya dengan segera. Sebuah rapat diadakan, dan apabila Snowball memberikan argumentasi yang baik dan penuh semangat untuk mencari dukungan pembangunan kincir angin, Napoleon menentangnya dengan singkat dan kemudian memanggil kesembilan anjingnya yang muncul dengan tiba-tiba dan menghalau Snowball dari peternakan itu. Dengan hilangnya Snowball, Napoleon memproklamasikan diri sebagai ketua peternakan dan membuat perubahan-perubahan secara langsung. Ia mengumumkan bahwa rapat-rapat tidak akan diadakan lagi dan sebuah dewan yang terdiri hanya daripada babi-babi akan didirikan untuk memutuskan apa yang akan berlaku di dalam peternakan mereka.

Napoleon berubah pikiran mengenai kincir angin, dan menuduh (melalui Squealer, juru bicara Napoleon) bahwa Snowball mencuri idenya. Binatang-binatang peternakan itu turut membangun kincir angin. Setelah ada suatu angin topan yang dahsyat, binatang-binatang itu bangun dari tidur untuk mendapati bahwa hasil kerja mereka selama berbulan-bulan hancur total. Walaupun para petani di peternakan tetangga menertawakan dan mencemooh mereka bahwa dinding kincir angin terlalu tipis, Napoleon dan Squealer meyakinkan semua binatang bahawa Snowball-lah yang memusnahkannya. Hanya setelah Snowball dituduh, lalu Napoleon memulai sebuah pembersihan peternakan dan membunuh banyak binatang yang dituduhnya bersekongkol dengan Snowball. Sementara itu, Boxer menciptakan maksim / mantranya yang kedua, "Napoleon selalu betul."

Napoleon mulai menyalahgunakan kuasanya dengan lebih dahsyat, dan kehidupan di dalam peternakan menjadi semakin sukar bagi binatang-binatang yang lain; babi-babi mengenakan lebih banyak kontrol dan pengawasan pada mereka dan sekaligus memberikan hak-hak istimewa kepada diri mereka sendiri. Babi-babi itu menulis ulang sejarah supaya menjelek-jelekkan Snowball (misalkan bahwa Snowball berperang pada sisi manusia pada "Pertempuran Bangsal Sapi" dan sebagainya) dan mengagungkan Napoleon dengan lebih lanjut. Setiap langkah perkembangan ini diberikan justifikasi oleh babi Squealer yang beberapa kali mengubah Tujuh Hukum pada dinding bangsal pada saat malam yang sepi — umpamanya, "Binatang tidak boleh minum alkohol" menjadi "Binatang tidak boleh minum alkohol secara berlebihan". Lagu "Beasts of England" dilarang karena dianggap tidak sesuai lagi sebab cita-cita Peternakan Hewan telah dicapai, dan digantikan dengan lagu kebangsaan yang memuliakan Napoleon. Napoleon kini memiliki gaya hidup yang mirip dengan manusia. Walaupun binatang-binatang kedinginan, lapar dan bekerja terlalu keras, mereka masih mempercayai bahwa mereka dalam keadaan yang lebih baik, dibandingkan dengan keadaan semasa peternakan itu dikuasai oleh Tuan Jones, bekas pemilik Peternakan Manor.

Tuan Frederick, salah satu daripada dua orang tetangga petani, menipu Napoleon dengan membeli kayu balok Peternakan Hewan dengan uang palsu, dan kemudian menyerang peternakan itu dengan menggunakan mesiu untuk meledakkan kincir angin yang baru saja direnovasi. Walaupun binatang-binatang di Peternakan Hewan akhirnya menang dalam pertempuran, mereka korbannya sangat banyak. Walaupun demikian, Boxer berketetapan membangun lagi kincir angin tersebut dan bekerja dengan lebih giat sehingga akhirnya ia pingsan sewaktu membangun kincir angin itu. Napoleon mengatakan bahawa ia akan mengantar Boxer ke doktor hewan, tetapi sewaktu Boxer naik mobil dan mobil itu berangkat, Muriel, sang kambing yang melek huruf membaca tulisan pada mobil itu: "Alfred Simmonds, Penyembelihan Kuda dan Perebus Lem." Namun usaha para hewan untuk menyelamatkan sang kuda Boxer sia-sia. Dengan segera, Squealer melaporkan bahwa mobil itu mobil bekas dan baru saja dibeli oleh rumah sakit. Lalu ia kemudian melaporkan bahwa Boxer telah meninggal di rumah sakit walaupun diberikan perawatan yang terbaik. Sebenarnya, Boxer telah dijual supaya babi-babi bisa mendapat lebih banyak uang untuk membeli minuman whisky.

Banyak tahun berlalu, dan babi-babi itu belajar berjalan dengan tegak serta membawa pecut, dan memakai pakaian. Tujuh Hukum telah diringkas menjadi satu kalimat tunggal: "Semua Hewan Adalah Sama, Tetapi Beberapa Binatang Adalah Lebih Sama Daripada Yang Lain". Napoleon mengadakan pertemuan makan malam untuk babi-babi dan manusia. Orang-orang di Peternakan Foxwood (dimiliki oleh Tuan Pilkington) yang bersebelahan mengucapkan selamat kepada Napoleon karena memiliki binatang-binatang yang paling rajin di negara walaupun diberi makanan yang paling sedikit. Napoleon mengumumkan perikatannya dengan manusia untuk menentang kelas-kelas pekerja dari kedua "dunia". Ia lalu mengubah nama peternakan menjadi "Peternakan Manor" kembali.

Binatang-binatang mendapat tahu tentang perkara ini ketika mereka mendengar percakapan Napoleon dan akhirnya menyadari bahwa babi-babi telah mengubah sikap mereka. Dalam sebuah permainan poker, satu Napoleon dan Tuan Pilkington kebetulan ribut. Dengan tiba-tiba, binatang-binatang itu menyadari bahwa mereka kini tidak dapat membedakan lagi antara wajah babi dengan wajah manusia.

Tokoh cerita[sunting | sunting sumber]

Peternakan Hewan merupakan alegori keadaan di Kekaisaran Rusia dan Uni Soviet. Tokoh-tokoh di dalam cerita ini sebagian besar didasarkan pada tokoh-tokoh atau institusi perlembagaan di Rusia dan Uni Soviet. Para tokoh ini bisa dikategorikan menjadi: "babi", "manusia", "kuda", dan "binatang-binatang lain".

Babi[sunting | sunting sumber]

Babi digambarkan sebagai hewan yang paling cerdas di antara hewan-hewan di Peternakan Hewan. Mereka mampu membaca, belajar hal-hal baru, dan cepat beradaptasi.

  • Mayor Tua - adalah seorang tokoh protagonis cerita. Ia didasarkan terhadap tokoh Karl Marx dan Lenin. Sang penulis banyak menghormati tokoh ini, namun digambarkan pula bahwa Mayor Tua tidak pernah hidup susah.
  • Napoleon - adalah antagonis cerita ini. Ia tokoh yang kejam dan egois. Napoleon menindas binatang-binatang yang lain demi dirinya sendiri dan merebut semua kekuasaan di Peternakan Hewan. Ia mengusir rivalnya Snowball. Napoleon berdasarkan tokoh Josef Stalin. Selain itu namanya juga didasarkan pada Napoleon Bonaparte, seorang tokoh diktator.
  • Snowball (lit. "bola salju") - adalah tokoh protagonis cerita pula. Ia sebenarnya pandai dan simpatik. Namun ia kalah dalam perebutan kekuasaan di Peternakan Hewan dan dibuang. Ia didasarkan tokoh Lev Trotsky.
  • Squealer (lit. penguik) - adalah juru bicara Napoleon yang pandai memelintir fakta dan menipu para hewan lainnya. Ia merupakan gambaran dari koran pemerintah Uni Soviet, Pravda yang mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada rakyat Uni Soviet.
  • Minimus - adalah penyair yang menuliskan puisi pujian dan lagu-lagu yang menyanjung Napoleon.
  • Pinkeye (lit. mata merah muda) - adalah babi yang bertugas mencicipi makanan Napoleon untuk berjaga-jaga terhadap racun.

Manusia[sunting | sunting sumber]

Manusia digambarkan sebagai makhluk yang jahat, yang selalu menyiksa hewan-hewan.

  • Tuan Jones - adalah pemilik awal Peternakan Manor. Ia melambangkan Tsar Nikolas II yang inkompeten dan tidak bisa mengatur pertanian.
  • Tuan Frederick - adalah pemilik sebuah pertanian tetangga. Ia melambangkan Adolf Hitler yang memimpin Nazi Jerman.
  • Tuan Pilkington - melambangkan pemimpin-pemimpin negara adidaya Barat seperti Presiden Amerika Serikat dan Perdana Menteri Inggris yang oleh penulis dianggap munafik.

Kuda[sunting | sunting sumber]

Kuda digambarkan sebagai binatang yang tidak begitu cerdas. Ketiga kuda protagonis melambangkan ketiga kelas sosial.

  • Boxer (lit. petinju) - adalah pekerja keras di Peternakan Hewan. Namun ia hanya diperas oleh Napoleon saja. Nasibnya tragis, setelah ia tua dan sakit-sakitan ia dijual oleh Napoleon kepada seorang tukang jagal untuk disembelih. Ia melambangkan kelas bawah, yaitu para pekerja / kaum proletariat di Uni Soviet. Kepatuhannya yang membabi-buta berujung kepada kerugian mereka sendiri dan keuntungan para pemimpin
  • Clover - adalah kuda betina pasangan Boxer. Ia melambangkan kelas menengah, yaitu para pelajar yang bersimpati kepada para pekerja.
  • Mollie - adalah kuda betina muda yang gemar bersolek dan makan makanan yang enak, namun setelah revolusi berlangsung, ia melarikan diri ke peternakan tetangganya. Ia melambangkan kelas atas, yaitu kaum borjuis dan bangsawan yang dimanjakan oleh sang Tsar. Setelah Revolusi Rusia, mereka melarikan diri ke negara-negara Barat.

Binatang-binatang lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Benjamin - adalah seekor keledai yang berpandangan sinis. Ia adalah satu-satunya hewan yang menyadari tirani babi tidak ubahnya seperti tirani manusia, namun ia tidak berusaha mengubah apapun. Ia melambangkan orang-orang pandai yang tutup mulut agar dapat hidup lebih lama.
  • Muriel - adalah seekor kambing yang mampu membaca. Ia melambangkan pekerja yang pandai.
  • Moses (lit. Musa) - adalah seekor gagak Tuan Jones, ia selalu menyebarkan cerita tentang Gunung Gula, yaitu Surga para hewan, yang keberadaanya selalu disangkal oleh para babi. Ia melambangkan gereja Ortodoks Rusia yang dianiaya di bawah pemerintahan komunis Rusia. Moses memiliki karakteristik yang mirip dengan tokoh Grigori Rasputin.
  • Para Anjing - adalah pengawal pribadi Napoleon, eksekutor pengkhianat, dan penegak hukum. Mereka melambangkan polisi rahasia Rusia (KGB, Cheka, NKVD, OGPU, MVD)
  • Para Ayam dan Sapi - adalah hewan perahan yang dipaksa menghasilkan telur dan susu baik oleh Tuan Jones maupun oleh Napoleon. Ketika para ayam menolak menyerahkan telur-telur mereka, Napoleon membuat mereka kelaparan hingga mereka menyerah. Mereka melambangkan Kulak atau para petani dalam pertanian kolektif Rusia. Sewaktu mereka menolak rencana Stalin, Stalin membuat mereka kelaparan hingga mereka menyerah.
  • Para Burung Dara - adalah alat propaganda Napoleon, seperti juga Rusia, yang menggembar-gemborkan kemajuan teknologi Peternakan Hewan/Rusia, hasil panen yang berlimpah, namun tidak mengijinkan orang luar untuk memeriksa kebenarannya.
  • Para Domba - adalah hewan-hewan bodoh yang melakukan apa saja yang diperintahkan tanpa dipikir sedikit pun. Mereka inilah yang menjadi massa pengikut Stalin.
  • Kucing - adalah hewan yang tidak peduli dengan Napoleon, tidak mau bekerja, tapi menyuruh orang lain untuk bekerja, dan kabur sewaktu ada bahaya. Ia melambangkan organisasi-organisasi bawah tanah Rusia (mafia, pencuri, dll).

Tempat dan kejadian[sunting | sunting sumber]

  • Peternakan Manor - adalah Kekaisaran Rusia semasa pemerintahan Tsar, dan pada akhir cerita digambarkan nama peternakan tersebut kembali menjadi Peternakan Manor, yang melambangkan keruntuhan Uni Soviet dan penggunaan kembali nama Rusia.
  • Peternakan Hewan - adalah Uni Soviet semasa kekuasaan komunis
  • Peternakan Foxwood (lit. Rubah Kayu) - adalah negara-negara kapitalis seperti Amerika Serikat dan Inggris
  • Peternakan Pinchfield - adalah negara-negara fasis seperti Jerman dan Italia semasa Perang Dunia II
  • Pertempuran Bangsal Sapi - adalah Perang Saudara Rusia antara pengikut komunis dan pengikut Tsar.
  • Bendera Peternakan Hewan yang berlatar belakang hijau dan bergambar tanduk dan tapak kaki melambangkan bendera komunis yang berlatar belakang merah dan bergambar alu dan parit.
  • Lagu Hewan-hewan Inggris - melambangkan lagu komunisme, Internationale
  • Kincir Angin - melambangkan Rencana Lima Tahun Rusia

Penafsiran lain[sunting | sunting sumber]

Meskipun awalnya ditulis untuk mengkritik komunisme Rusia dan Uni Soviet, namun karena bentuk perumpamaan atau satire yang digunakannya, maka penafsiran yang terlepas dari konteks Uni Soviet juga dimungkinkan. Secara umum, tokoh Napoleon melambangkan pemerintah yang akhirnya menjadi diktaktor, bisa jadi Soeharto, Mao Zedong, Fidel Castro, Idi Amin, Saddam Hussein , Augusto Pinochet, Slobodan Milošević dll. Peternakan Hewan juga dapat melambangkan negara-negara yang mereka perintah, baik Indonesia, RRC, Kuba, Uganda, Irak, Chili, Yugoslavia, dll.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Animal farm : a fairy story George Orwell diterjemahkan dari bah. Inggris oleh J. Fransiska M. ; ed.: Akiq AW (2001), Yogyakarta : Sumbu. ISBN 979-96448-2-8