Cheka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lencana Cheka-KGB: pedang dan perisai

Cheka (ЧК - чрезвычайная комиссия) adalah organisasi pertahanan negara Soviet pertama. Organisasi ini didirikan pada 20 Desember 1917 oleh Vladimir Lenin dan dipimpin oleh Felix Edmundovich Dzerzhinsky. Setelah tahun 1922, Cheka mengalami reorganisasi.

Dulu, Cheka disebut sebagai "polisi rahasia Soviet pertama", padahal kinerjanya tidak berhubungan dengan kepolisian.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama lengkap organisasi ini adalah Всероссийская чрезвычайная комиссия по борьбе с контрреволюцией и саботажем (Komisi Luar Biasa Seluruh Rusia untuk Perlawanan Kontra-Revolusi dan Sabotase), dan sering disingkat menjadi ЧК (Cheka) atau ВЧК (Vecheka). Pada 1918 namanya diganti menjadi: Всероссийская чрезвычайная комиссия по борьбе с контрреволюцией, спекуляцией и преступлениям по должности, atau Komisi Luar Biasa Seluruh Rusia untuk Perlawanan Kontra-Revolusi, Pencatutan, dan Korupsi Politis.

Anggota Cheka dikenal dengan sebutan chekist. Para chekist dari sebelum Revolusi Oktober mengenakan jaket kulit. Walaupun polisi rahasia Soviet telah berganti organisasi, mereka sering dirujuk juga sebagai chekist, dan hingga kini istilah tersebut masih digunakan. Contohnya, Presiden Vladimir Putin merujuk media berita Rusia sebagai seorang chekist.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cheka langsung dibentuk setelah Revolusi Oktober, ketika dalam hari-hari awal pemerintahan Bolshevik yang menggantikan organisasi Okhranka dari tsar. Organisasi ini bertugas dalam menginvestigasi para kontra-revolusi dan sabotase, kemudian menangani penahanan masal, pemenjaraan, dan eksekusi "musuh masyarakat". Cheka berperan dalam penindasan pemberontakan Krinstadt pada 1921, dan mengampanyekan penindasan tersebut sebagau Teror Merah.

Pada 1922, Cheka diubah menjadi administrasi politis negara atau GPU, sebuah bagian dari NKVD dari RSFS Rusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Andrew, C., and Mitrokhin, V. (1999). The Mitrokhin Archive: The KGB in Europe and the West, London: Penguin Books.