Angles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kekaisaran Romawi di bawah pemerintahan Hadrian (117–138), menunjukkan lokasi dari Anglii, yang kemudian menghuni semenanjung Jutland (Denmark)

Angles adalah istilah modern untuk menyebut Bangsa Jerman. Nama ini berasal dari wilayah Angeln, sebuah distrik yang saat ini merupakan lokasi dari Schleswig-Holstein, Jerman. Angles adalah salah satu kelompok utama yang menetap di Britania pada periode pasca-Romawi, yang mendirikan beberapa kerajaan Anglo-Saxon Inggris. Nama ini juga merupakan akar dari nama England (Inggris).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata Angles pertama kali tercatat dalam bentuk Latin sebagai Anglii dalam manuskrip Germania dari Tacitus. Nama ini biasanya berasal dari toponim Angeln, dari kata Jermanik *anguz, yang berarti "sempit" atau "sudut" (berdasarkan bentuk semenanjung Jutland).

Gregorius yang Agung menyederhanakan bentuk Latin Anglii menjadi Angli, bentuk yang terakhir berkembang menjadi bentuk yang pada akhirnya membentuk Angels. Negara ini disebut dengan Anglia dalam bahasa Latin. Raja Alfred (Alfred yang Agung) menggunakan istilah Angelcynn (-kin) untuk menggambarkan England (Inggris), sedangkan Beda menggunakan kata Angelfolc (-folk), ada juga bentuk-bentuk seperti Engel, Englan (rakyat), Englaland, dan Englisc yang digunakan untuk menyebut Inggris.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]