Jutlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Semenanjung Jutlandia
Bendera yang diusulkan

Jutlandia (Denmark: Jylland; Jerman: Jütland) ilah sebuah semenanjung di Eropa Utara. Membentuk daratan utama Denmark dan bagian utara Jerman. Memisahkan Laut Utara dari Laut Baltik. Wilayahnya relatif datar, dengan bukit yang rendah. Mempunyai luas 29.775 km² (11'496 mil persegi), dan penduduk 2.491.852 (2004).

Dua pertiga bagian utara semenanjung ini diduduki oleh bagian terbarat kerajaan Denmark. Tiada nama tersendiri untuk bagian semenanjung yang ditempati Denmark, maka mudah merujuk pada nama yang sama. Bagian terutara Jutlandia menjadi pulau menyusul banjir pada 1825; Limfjord kini memisahkannya dari daratan. Pulau ini disebut Nørrejydske Ø ("Semenanjung Jutlandia Utara") dan umumnya masih dihitung sebagai bagian semenanjung.

Sepertiga bagian di selatannya termasuk Bundesland Jerman Schleswig-Holstein, dengan kadipaten Schleswig dan Holstein. Keduanya telah melewati masa-masa penguasa Denmark dan Jerman. Dalam gerakan terakhir, Denmark memperoleh kembali Schleswig Utara (Nordslesvig dalam bahasa Denmark) oleh plebisit pada 1920.

Sungai Elbe perbatasan selatan Jutlandia dengan kota Hamburg pada pesisirnya. Kepulauan Frisia Utara membentang sepanjang pesisir selatan Jutlandia di Teluk Jerman.


Kota-kota terbesar di Semenanjung Jutlandia ialah:

  1. Århus, Denmark
  2. Kiel, Jerman
  3. Lubeck, Jerman
  4. Ålborg, Denmark
  5. Flensburg, Jerman
  6. Esbjerg, Denmark
  7. Randers, Denmark
  8. Kolding, Denmark
  9. Vejle, Denmark
  10. Horsens, Denmark

Lihat pula[sunting | sunting sumber]