Beda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Venerabilis Beda
'Venerabilis Beda menerjemahkan Injil Yohanes'
J. D. Penrose (sekitar 1902)
Doktor Gereja
Lahir sekitar 672 atau 673, Wearside atau Tyneside, County Durham
Wafat 25 Mei 735, Jarrow, County Durham
Dihormati di Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Timur, Komuni Anglikan, Gereja Lutheran
Dikanonisasikan 1899 diakui sebagai seorang Doktor Gereja, Roma oleh Paus Leo XIII
Tempat ziarah utama Katedral Durham, County Durham.
Hari peringatan 25 Mei
Pelindung Para penulis dan sejarawan Inggris; Jarrow

Beda (disebut pula Santo Beda, Venerabilis Beda), (sekitar 672 atau 67325 Mei, 735), adalah seorang rahib benediktin yang menetap dalam Biara Northumbria Santo Petrus di Monkwearmouth, sekarang bagian dari Sunderland, dan berasal dari biara tetangganya, Santo Paulus, di Jarrow sekarang, kedua biara itu berada dalam kawasan county of Durham (sekarang Tyne and Wear), Inggris. Dia terkenal sebagai seorang penulis dan sarjana, dan maha-karyanya, Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum (Sejarah Gerejawi Bangsa Inggris) menjadikannya digelari "Bapak Sejarah Inggris".

Nama[sunting | sunting sumber]

Beda dikenal sebagai Venerabilis Beda (Bahasa Latin: Beda Venerabilis, Bahasa Inggris: Venerable Bede, kurang lebih diterjemahkan sebagai Beda Yang Terhormat) segera sesudah kematiannya, namun sebutan ini tidak ada sangkut-pautnya dengan pemberian status santo oleh Gereja Katolik Roma. Sebenarnya, gelar ini diyakini berasal dari kesalahan penerjemahan kalimat Latin yang terukir pada makamnya di dalam Katedral Durham, yang seharusnya berbunyi Di sini berbaring tulang-belulang yang terhormat dari Beda, namun disalahterjemahkan sebagai Di sini berbaring tulang-belulang dari Beda Yang Terhormat.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Hampir semua yang diketahui dari kehidupan Beda tercantum dalam sebuah catatan yang ditambahkan sendiri olehnya tatkala berusia 59 tahun ke dalam karyanya Historia (bab 24), yang menyatakan bahwa dia mulai dimasukkan ke dalam biara di Wearmouth pada usia tujuh tahun, bahwa dia menjadi diakon pada usia sembilan belas tahun, dan menjadi imam pada usia tiga puluh tahun. Dia menyiratkan bahwa Historia dirampungkannya pada usia 59 tahun, dan karena karya tulis tersebut rampung sekitar tahun 731, maka mestinya dia lahir pada 672 atau 673. Tidaklah jelas apakah dia seorang keturunan ningrat. Dia dibina oleh para abbas Benedict Biscop dan Ceolfrid, dan besar kemungkinan menyertai Ceolfrid ke biara kembaran Wearmouth di Jarrow pada 682. Di sanalah dia menghabiskan umurnya, kegiatan-kegiatannya yang menonjol adalah mengajar dan menulis. Di sana pula dia meninggal dunia, pada 25 Mei 735, dan dimakamkan, namun jenazahnya kelak dipindahkan ke Katedral Durham.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]