Altingiaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Altingiaceae
Liquidambar styraciflua
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Altingiaceae

Genera
Peta persebaran Altingiaceae

Suku rasamala-rasamalaan atau Altingiaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini dimasukkan ke dalam bangsa Saxifragales[1], klad dikotil sejati inti (core Eudikotil) namun tidak termasuk ke dalam dua kelompok besar, Rosidae dan asteridae. Famili tumbuhan ini terdiri dari pohon yang penyerbukannya dibantu oleh angin dan menghasilkan buah keras berkayu yang mengandung banyak biji. Buah-buahan yang dihasilkan oleh tumbuhan di dalam famili ini telah dipelajari dengan sangat rinci oleh para ahli[2][3]. Daerah persebarannya meliputi Amerika Tengah, Meksiko, Amerika Utara bagian timur, Mediterania timur, Cina, dan Asia tropis[4]. Tumbuhan dalam famili ini biasa dibudidayakan sebagai tanaman hias dan banyak menghasilkan kayu yang berharga[5].


Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Peter F. Stevens (2001 onwards). "Altingiaceae". At: Angiosperm Phylogeny Website. At: Missouri Botanical Garden Website. (see External links below)
  2. ^ Stephanie M. Ickert-Bond, Kathleen B. Pigg, and Jun Wen. 2005. "Comparative infructescence morphology in Liquidambar (Altingiaceae) and its evolutionary significance". American Journal of Botany 92(8):1234-1255.
  3. ^ Stephanie M. Ickert-Bond, Kathleen B. Pigg, and Jun Wen. 2007. "Comparative infructescence morphology in Altingia (Altingiaceae) and discordance between morphological and molecular phylogenies". American Journal of Botany 94(7):1094-1115.
  4. ^ Stephanie M. Ickert-Bond and Jun Wen. 2006. "Phylogeny and biogeography of Altingiaceae: Evidence from combined analysis of five non-coding chloroplast regions". Molecular Phylogenetics and Evolution 39(2):512-528. (see External links below).
  5. ^ Peter K. Endress. 1993. "Hamamelidaceae". pages 322–331. In: Klaus Kubitzki (editor); Jens G. Rohwer and Volker Bittrich (volume editors). The Families and Genera of Vascular Plants volume II. Springer-Verlag: Berlin;Heidelberg, Germany.