Alexander von Humboldt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alexander von Humboldt

Friedrich Wilhelm Heinrich Alexander Freiherr von Humboldt (14 September 1769-6 Mei 1859) adalah seorang naturalis dan penjelajah berkebangsaan Jerman.

Dia adalah adik filsuf dan linguis terkemuka Wilhelm von Humboldt.

Profil[sunting | sunting sumber]

Ayahnya seorang tentara, wafat ketika Humboldt masih sekitar usia 9 tahun, sehingga waktu itu ia dan Wilhelm dialihasuhkan oleh ibu mereka yang bertempat tinggal jauh dari Humboldt dan kakaknya. Semenjak diasuh oleh ibunya, Humboldt dan kakaknya mendapat pendidikan awal dari ibu mereka sendiri. Pelajaran yang mereka dapatkan adalah bahasa dan matematika.

Ketika mulai beranjak dewasa, Humboldt mulai belajar di luar rumah. Dia bersekolah di Freiberg Academy of Mines dan dididik langsung oleh seorang ahli geologi terkenal, A.G. Werner. Humboldt bertemu dengan George Forester, seorang juru gambar dari pelayaran ke dua kapten James Cook. Pada tahun 1792, ketika Humboldt tepat berusia 22 tahun, ia bekerja di pemerintahan Franconia, Prussia sebagai pengawas pertambangan.

Di usia ke-27, ibu Humboldt wafat, mewariskan harta yang berlimpah dari bisnis real estate. Tahun berikutnya, dia melepaskan jabatannya di pemerintahan dan berencana untuk mengadakan perjalanan dengan seorang pakar tumbuhan, Aime Bonpland.

Pada tahun 1835 dia menemukan stasiun pengukur cuaca. Humboldt juga membuat peta isotherm untuk pertama kalinya, yang berisi garis temperatur rata-rata.

Humboldt wafat pada tanggal 6 Mei 1859.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala dalam[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]