Daftar karakter Detektif Conan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Akemi Miyano)
Bagian belakang dari kiri ke kanan: Kazuha Toyama, Heiji Hattori, Sonoko Suzuki, Ran Mouri, Kogoro Mouri, Eri Kisaki, Hiroshi Agasa. Bagian depan dari kiri ke kanan: Genta Kojima, Mitsuhiko Tsuburaya, Conan Edogawa, Ai Haibara, Ayumi Yoshida

Serial Detektif Conan menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gosho Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, tetapi juga menggunakan nama tempat fiktif seperti Kota Beika. Serial ini telah berlangsung sejak 1994, dengan jumlah episode anime sebanyak 1033 yang terbagi menjadi 29 musim dan 1083 chapter yang tebagi menjadi 100 volume.

Serial ini berkisah tentang seorang detektif SMA, Shinichi Kudo, yang popularitasnya sedang menanjak karena membantu polisi menyelesaikan berbagai kasus.[1] Suatu hari ketika menginvestigasi dua orang mencurigakan, yang kemudian diketahui sebagai Gin dan Vodka, ia tepergok sedang mengintip, kemudian dipaksa meminum sebuah racun.[1] Saat terbangun, ia menemukan dirinya telah menjadi seorang anak kecil.

Versi Funimation memiliki sejumlah perbedaan nama tokoh dengan versi aslinya.[2] Nama-nama di daftar ini merupakan nama menurut versi Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Untuk tokoh yang pertama kali muncul di jilid yang belum diterbitkan Elex Media Komputindo, masih memakai nama aslinya (romaji bahasa Jepang). Episode Detektif Conan terbit setiap hari Minggu versi Jepang.

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Shinichi Kudo[sunting | sunting sumber]

Shinichi Kudo (工藤 新一, Kudō Shinichi) adalah tokoh protagonis utama dari serial Detektif Conan. Ia kemudian bernama samaran Conan Edogawa (江戸川 コナン, Edogawa Conan). Conan Edogawa berasal dari nama Arthur Conan Doyle dan Edogawa Rampo.[1] Shinichi Kudo adalah seorang detektif SMA terkenal yang sering membantu polisi menyelesaikan kasus sulit. Suatu hari ia diam-diam melihat tranksaksi dua orang mencurigakan, yang kemudian diketahui mereka melakukan tranksaksi ilegal, mereka adalah Gin dan Vodka, anggota Organisasi Hitam. Namun aksinya tepergok oleh Gin, sehingga ia dipukul dan dipaksa meminum racun.[1] Alih-alih membunuhnya, racun tersebut malah membuat badannya menyusut menjadi seorang anak kecil. Untuk mengantisipasi kalau Gin dan Vodka menyelidiki keberadaannya, Shinichi menggunakan nama samaran Conan Edogawa sebagai identitas barunya. Ia kemudian tinggal bersama teman masa kecilnya, Ran Mouri dan membantu ayahnya Kogoro - seorang detektif swasta, untuk menyelesaikan kasus, dengan harapan dapat menemukan kasus yang terlibat dengan Organisasi Hitam.

Identitas asli Conan hanya diketahui sedikit orang. Bila sedang menyamar sebagai Conan, ia menunjukkan karakter yang polos dan imut, layaknya anak kelas 1 SD. Ucapan khasnya adalah "Ah-re-re?!" (Lhoo?), sebuah ungkapan ala anak SD saat melihat suatu kejanggalan. Sebaliknya, saat sedang menyelidiki kasus sebagai detektif SMA, ia terlihat serius dan memiliki intuisi tinggi layaknya orang dewasa.[1]

Dalam komik versi bahasa Inggrisnya - Case Closed nama Shinichi Kudo adalah Jimmy Kudo. Dalam animasi versi bahasa Jepangnya, suara Shinichi diperankan oleh Kappei Yamaguchi, sementara suara Conan diperankan oleh Minami Takayama. Dalam drama spesial live-action, Shinichi Kudo diperankan oleh Shun Oguri, dan selanjutnya oleh Mizobata Junpei.

Ran Mouri[sunting | sunting sumber]

Ran Mouri (毛利 蘭, Mōri Ran) adalah teman masa kecil dan cinta pertama Shinichi Kudo. Sepanjang cerita, Ran selalu menyimpan perasaan cintanya terhadap Shinichi dan setia menunggu kepulangannya. Ran tinggal bersama ayahnya, Kogoro Mouri, yang merupakan seorang detektif swasta. Meski masih masih duduk di bangku SMA, Ran handal dalam urusan rumah tangga, serta jago mengurusi ayahnya yang tinggal terpisah dari ibunya.

Salah satu teman dekat Ran adalah Sonoko Suzuki, yang sering menjadi penasihat dalam urusan percintaannya. Ran ahli dalam karate, namun takut terhadap hantu. Ia adalah ketua klub karate dan mempunyai perawakan yang atraktif.[3] Meski kuat, Ran juga digambarkan sebagai karakter yang mudah menangis. Ran beberapa kali hampir membongkar identitas asli Conan Edogawa.[3] Dalam versi bahasa Inggrisnya, Ran bernama Rachel Moore. Dalam animasi versi bahasa Jepangnya, suara Ran diperankan oleh Wakana Yamazaki. Dalam drama spesial live-action, Ran Mouri diperankan oleh Tomoka Kurokawa, tetapi digantikan oleh Kutsuna Shiori.

Kogoro Mouri[sunting | sunting sumber]

Kogoro Mouri (毛利 小五郎, Mōri Kogorō) adalah seorang detektif swasta dan ayah dari Ran Mouri. Ia terkenal dengan sebutan Kogoro Tidur, karena kebiasaannya yang selalu tertidur saat memecahkan kasus. Di balik itu, sebenarnya Conanlah yang memecahkan kasus dengan cara menidurkan Kogoro menggunakan peluru bius, kemudian menggunakan alat pengubah suara untuk meniru suara Kogoro.[4]

Kogoro ahli dalam judo[3] dan merupakan pengagum wanita cantik. Ia penggemar berat idol Yoko Okino. Kogoro tinggal terpisah dari istrinya dan hidup berdua dengan anak perempuannya, Ran Mouri. Hobinya adalah bermain mahjong dan taruhan pacuan kuda. Dalam komik versi bahasa Inggrisnya, Kogoro Mouri bernama Richard Moore. Suara Kogoro dalam animasi berbahasa Jepangnya diperankan oleh Akira Kamiya (episode 1 - 548) dan Rikiya Koyama (Ep. 553 - sekarang). Dalam drama spesial live-action, Kogoro diperankan oleh Jinnai Takanori.

Tokoh pendukung[sunting | sunting sumber]

Sonoko Suzuki[sunting | sunting sumber]

Sonoko Suzuki (鈴木 園子, Suzuki Sonoko) adalah sahabat Ran.[5] Sonoko berasal dari keluarga kaya dengan status sosial yang tinggi.[5] Ia adalah remaja perempuan biasa yang centil dan suka mencari perhatian remaja laki-laki yang menarik.[5] Pacarnya sekarang adalah Makoto Kyogoku, seorang karateka yang menjalin hubungan jarak jauh dengannya.[6] Ketika Kogoro tidak ada, biasanya Conan menidurkan Sonoko lalu mengubah suaranya[7] menjadi suara Sonoko untuk memecahkan kasus.[8] Seiyū-nya adalah Naoko Matsui dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Laura Bailey.[9][10] Dalam drama spesial, Sonoko diperankan oleh Mayuko Iwasa namun kemudian digantikan oleh Akimoto Sayaka.[11]

Yusaku Kudo[sunting | sunting sumber]

Yusaku Kudo (工藤 優作, Kudō Yusaku) adalah ayah Shinichi dan suami Yukiko Kudo.[12] Dia adalah seorang penulis novel misteri terkenal khususnya novel detektif dan merupakan pencipta tokoh fiktif populer "Night Baron." [13] Ia sangat cerdas dan dulu sering membantu polisi dalam memecahkan kasus pembunuhan. Kemampuan memecahkan kasusnya lebih hebat daripada Shinichi.[14] Yusaku mengetahui identitas asli Conan. Ia jugalah yang menemukan nama untuk Kid si Pencuri, yaitu "Pencuri nomor 1412" (Phantom Thief 1412).[15] Seiyū-nya adalah Hideyuki Tanaka dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Randy Tallman. Yusaku selanjutnya disuarakan oleh John Swasey di The Pahntom of Baker Street.[16][17] Dia dikenal di Case Closed sebagai Booker Kudo.

Yukiko Kudo[sunting | sunting sumber]

Yukiko Kudo (工藤 有希子, Kudō Yukiko) adalah ibu Shinichi Kudo dan istri Yusaku Kudo.[12] Sebelumnya, ia adalah seorang aktris terkenal, namun berhenti berkarier pada usia 20 tahun untuk menikah dengan Yusaku.[12] Tokoh Yukiko digambarkan cukup terampil dalam seni penyamaran, karena pengalaman bergurunya pada Toichi Kuroba (ayah dari Kaito Kuroba di kartun Magic Kaito 1412).[15] Di samping Yusaku dan Profesor Agasa, Yukiko juga mengetahui identitas asli Conan. Ia terkadang mengunjungi Jepang untuk memperhatikan putranya.[18] Yukiko merupakan sahabat Vermouth saat masih menjadi aktris. Pengisi suara Yukiko dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Sumi Shimamoto dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Laurie Steele.[16][17] Dalam Case Closed, Yukiko Kudo dikenal sebagai Vivian Kudo.

Eri Kisaki[sunting | sunting sumber]

Eri Kisaki (妃 英理, Kisaki Eri) adalah ibu Ran Mouri dan istri Kogoro Mouri. kfklmf, fm555,mgIa bekerja sebagai pengacara dan dikenal sebagai "Ratu Pengacara". Eri hidup terpisah dari Kogoro, yang kini hidup dengan Ran. Meski hidup terpisah, Eri masih terlihat menggunakan cincin kawinnya. Beberapa kali dalam cerita ia digambarkan masih mencintai Kogoro walau benci dengan kebiasaan buruk suaminya tersebut.[19] Ia memiliki seekor kucing jenis Russian Blue yang bernama Goro dari nama suami Eri, yaitu Kogoro.[20] Seiyū-nya adalah Gara Takashima dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Julie Mayfield.[21][22] Di versi dalam bahasa Inggris, Eri Kisaki bernama Eva Kadan. Dalam drama spesial, Eri Kisaki diperankan oleh Otsuka Nene.

Heiji Hattori[sunting | sunting sumber]

Heiji Hattori (服部 平次, Hattori Heiji) adalah rival Shinichi Kudo yang berasal dari Osaka.[23][24] Ia selanjutnya menjadi teman dekat dengan Conan Edogawa/ Shinichi setelah ia mengungkap identitas asli Conan.[25] Ia memiliki hubungan khusus dengan Kazuha Toyama, teman masa kecilnya.[26] Selain ahli menyelidiki kasus, Heiji juga seorang petarung kendo.[27] Heiji sering digambarkan membantu Conan dalam menyembunyikan identitas aslinya dari orang-orang. Meskipun berteman akrab, Heiji masih sering mengobarkan semangat rivalitas terhadap Shinichi. Entah itu dalam urusan penyelidikan kasus ataupun dalam urusan percintaan. Ayahnya, Heizo Hattori adalah kepala kepolisian Osaka. Dalam komik versi bahasa Inggrisnya, Heiji Hattori bernama Harry Hartwhell. Seiyū dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Ryo Horikawa dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Kevin M. Connolly.[28][29] Dalam drama spesial live-action, Heiji Hattori diperankan oleh Tori Matsuzaka.

Kazuha Toyama[sunting | sunting sumber]

Kazuha Toyama (遠山 和葉, Tōyama Kazuha) adalah teman masa kecil sekaligus cinta pertama Heiji Hattori. Kemunculan pertamanya disebabkan oleh kecemburuannya terhadap Shinichi, yang ia kira adalah seorang perempuan yang mendekati Heiji. Seiring berjalannya cerita, Kazuha menjadi teman dekat dengan Ran Mouri. Mirip seperti Ran, Kazuha terampil dalam aikido, namun takut hantu. Ia juga tidak pernah mengungkapkan perasaan sukanya pada Heiji. Kazuha digambarkan percaya pada takhayul dan jimat, bahkan membuatkan jimat pelindung untuk Heiji. Ayahnya adalah komisaris kepolisian Osaka dan merupakan teman dekat dengan ayah Heiji. Pengisi suara Kazuha dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Yuko Miyamura dan aktris suara bahasa Inggrisnya adalah Gwendolyn Lau. Dalam Detektif Conan versi bahasa Inggris, nama Kazuha adalah Kirsten Thomas.

Kid si Pencuri[sunting | sunting sumber]

Kid si Pencuri (怪盗キッド, Kaitō Kiddo) adalah seorang pencuri phantom yang jenius dalam hal penyamaran dan pencurian batu berharga.[30] Ia sering meloloskan diri dari polisi dengan kepiawaian sulapnya, serta ahli menggunakan hang glider.[30] Kid sering muncul dalam cerita Detektif Conan, terutama pada saat kemunculan Jirokichi Suzuki yang gemar mengumumkan tantangan pencurian batu berharga. Conan selalu hadir untuk memecahkan dan menggagalkan trik-trik pencurian Kid.[30][31][32] Dalam cerita, hubungan Conan dan Kid digambarkan sebagai rival. Sementara dalam film tuturan Detektif Conan, Kid digambarkan mengetahui identitas asli Conan. Mulai volume 95 komik Detektif Conan, Kid digambarkan mengetahui Conan adalah seorang detektif SMA.[33]

Kid si Pencuri sebenarnya adalah tokoh protagonis dalam seri Magic Kaito karya Aoyama Gosho. Nama aslinya adalah Kaito Kuroba (黒羽 快斗, Kuroba Kaito).[34] Ia memiliki muka dan perawakan yang sangat mirip Shinichi Kudo, sehingga Ran pernah salah mengenalinya sebagai Shinichi.[35] Dalam cerita Detektif Conan, identitas asli Kid belum terungkap. Alasan Kaito menjadi Kid si Pencuri adalah untuk menemukan pembunuh ayahnya, Toichi Kuroba, yang merupakan Kid si Pencuri yang asli.[36][37] Pengisi suara animasi bahasa Jepangnya adalah Kappei Yamaguchi dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Jerry Jewell.

Makoto Kyogoku[sunting | sunting sumber]

Makoto Kyogoku (京極 真, Kyōgoku Makoto) adalah pacar Sonoko Suzuki. Ia seorang karateka internasional yang tak terkalahkan dalam 400 pertandingan kelas internasional. Makoto pernah diajak Jirokichi Suzuki untuk melawan Kid si Pencuri. Meskipun handal secara fisik dan berintuisi kuat, Makoto digambarkan sangat pemalu kalau di hadapan Sonoko.

Masumi Sera[sunting | sunting sumber]

Masumi Sera (世良 真純, Sera Masumi) adalah detektif perempuan yang bersekolah di SMA Teitan. Ia satu kelas dengan Ran Mouri dan Sonoko Suzuki, serta menguasai seni bela diri Jeet Kune Do. Perawakannya yang tomboi sering membuat orang salah mengenalinya sebagai lelaki. Sera pertama kali muncul di Volume 73, namun digambarkan sudah mengenali Conan sebelum berkenalan dengannya.[38] Ia adalah adik dari anggota FBI yang diduga meninggal, Shuichi Akai dan Shukichi Haneda/ Akai, seorang pemain shogi profesional. Ibunya adalah Mary Sera. Pengisi suara Sera dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Noriko Hidaka.

Shukichi Haneda[sunting | sunting sumber]

Shukichi Haneda (羽田 秀𠮷, Haneda Shūkichi) adalah seorang pemain shogi profesional yang mempunyai gelar Taiko Meijin. Ia digambarkan sebagai orang yang ceria kekanakan, namun cerdas dan handal dalam mengingat. Kekasihnya adalah Yumi Miyamoto, anggota kepolisian Tokyo. Shukichi bernama asli Shukichi Akai dan merupakan adik dari Shuichi Akai, serta kakak dari Masumi Sera. Nama Haneda ia dapatkan dari keluarga Kohji Haneda yang mengadopsinya.[39] Pengisi suara Shukichi dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Toshiyuki Morikawa.

Tokoh lainnya[sunting | sunting sumber]

Subaru Okiya[sunting | sunting sumber]

Subaru Okiya (沖矢 昴, Okiya Subaru) adalah tokoh yang pertama kali muncul dalam volume 60. Ia digambarkan sebagai sosok misterius yang ramah, namun mempunyai intuisi kuat. Subaru sempat dicurigai oleh Ai Haibara sebagai anggota Organisasi Hitam, namun Conan terlihat sangat mempercayainya.

Ia menumpang tempat tinggal di rumah Shinichi Kudo.[40] Pada volume 85, diketahui identitas Subaru adalah Shuichi Akai yang menyamar setelah ditembak Kir. Pengisi suara Subaru dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Ryotaro Okiayu.

Tooru Amuro[sunting | sunting sumber]

Tooru Amuro (安室 透, Amuro Tōru) adalah tokoh yang diperkenalkan dalam cerita, ketika Conan tengah menyelidiki tentang keberadaan sesosok anggota Organisasi Hitam bernama Bourbon. Ia digambarkan tertarik pada Kogoro Mouri dan mempunyai kemampuan analisis layaknya detektif polisi. Tooru bekerja sebagai pelayan kafe di Kafe Poirot dan berguru pada Kogoro. Pada volume 76 terungkap bahwa Tooru Amuro adalah seorang agen rahasia Biro Keamanan Publik Kepolisian Tokyo bernama Rei Furuya (降谷 零, Furuya Rei).[41] Pengisi suara Tooru dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Tohru Furuya.

Mary Sera[sunting | sunting sumber]

Mary Sera (メアリー 世良, Mearī Sera) adalah tokoh misterius yang pertama kali muncul pada volume 83. Mary memiliki perawakan seperti anak sekolah SMP, namun mempunyai intuisi kuat dan jago bela diri layaknya orang dewasa.[42] Tokoh Mary digambarkan selalu bersembunyi dalam ruangan hotel dan hanya berinteraksi dengan Masumi Sera, anaknya. Pada chapter 1049 akhirnya terungkap bahwa ia memiliki hubungan darah dengan keluarga Miyano setelah Vermouth memasukkan obat APTX 4869 ke mulut Mary dan mengatakan "Bagaimana rasanya meninggalkan dunia ini di tangan ciptaan saudarimu". Identitas asli Mary Sera juga terungkap dalam chapter tersebut. Pengisi suara Mary dalam animasi berbahasa Jepangnya adalah Atsuko Tanaka.

Kanenori Wakita[sunting | sunting sumber]

Kanenori Wakita (脇田 兼則, Wakita Kanenori) adalah tokoh yang diperkenalkan ke dalam cerita, saat Conan sedang menyelidiki keberadaan anggota Organisasi Hitam berkode nama Rum.[43] Ia mempunyai perawakan paruh baya dan memiliki penutup mata pada mata kirinya. Kanenori Wakita bekerja sebagai chef sushi di restoran Iroha Sushi Beika. Ia digambarkan mengagumi Kogoro Mouri dan berminat berguru padanya, meski ia sendiri memiliki kemampuan analisis yang handal.

Rumi Wakasa[sunting | sunting sumber]

Rumi Wakasa (若狭留美, Wakasa Rumi) adalah tokoh yang juga diperkenalkan ke dalam cerita, saat Conan sedang menyelidiki keberadaan anggota Organisasi Hitam berkode nama Rum.[44] Ia bekerja sebagai guru SD di SD Teitan dan mempunyai kepribadian kikuk, namun misterius. Rumi terlihat sering mengalami pergantian kepribadian dan mempunyai keahlian bela diri tingkat tinggi. Ia digambarkan mempunyai minat terhadap Shinichi Kudo dan mempunyai daftar korban racun APTX4869 di laptopnya.[45] Conan sempat mencurigai Wakasa kalau kepribadian kikuk-nya disengaja. Akhirnya, terungkap bahwa Wakasa yang telah membunuh Koji Haneda 17 tahun yang lalu.

Hyoue Kuroda[sunting | sunting sumber]

Hyoue Kuroda (黒田 兵衛, Kuroda Hyōe) adalah mantan Ketua Divisi Pertama Kepolisian Wilayah Nagano. Kemunculan karakternya erat terkait dengan penyelidikan Conan tentang keberadaan anggota Organisasi Hitam berkode nama Rum. Kuroda memiliki perawakan yang besar dan mengintimidasi, serta menggunakan kacamata yang bagian kirinya tertutup. Menurutnya, ia kehilangan mata kirinya akibat sebuah kecelakaan yang sempat menyebabkan ia terbaring dalam koma selama 10 tahun. Kuroda digambarkan tertarik dengan tulisan kesaksian orang yang menyatakan Shinichi Kudo masih hidup.

Momiji Ooka[sunting | sunting sumber]

Momiji Ooka (大岡 紅葉, Ōoka Momiji) adalah seorang murid SMA Kyoto Senshin yang memiliki minat asmara terhadap Heiji Hattori. Ia adalah pemenang Kejuaraan Karuta Hyakunin Isshu dan selalu membawa butler pribadinya, Muga Iori.[44] Kazuha Toyama digambarkan selalu terganggu dengan keberadaan Momiji di sekitar Heiji. Karakter Momiji pertama diperkenalkan pada bab 962, sesaat menjelang perilisan film tuturan Detektif Conan ke-22 Meitantei Konan Kara Kurenai no Rabu Retta.

Muga Iori[sunting | sunting sumber]

Muga Iori (伊織 無我, Iori Muga) adalah butler pribadi Momiji Ooka. Pada kemunculan perdananya ia menyamar sebagai orang bernama Wada Shinichi.[44] Muga selalu hadir di sekitar Momiji dan mendukung Momiji dalam misinya mendapatkan Heiji.

Soshi Okita[sunting | sunting sumber]

Soshi Okita VI (六代目 沖田 総司, Rokudaime Okita Sōshi) adalah seorang murid SMA Kyoto Senshin yang merupakan rival kendo Heiji Hattori. Perawakannya sangat mirip Shinichi Kudo. Soshi merupakan salah satu karakter utama dalam komik Yaiba karya Aoyama Gosho.

Eisuke Hondo[sunting | sunting sumber]

Eisuke Hondo (本堂 瑛祐, Hondō Eisuke) adalah teman sekelas Ran Mouri yang sangat ceroboh.[46] Dia pernah dicurigai sebagai anggota Organisasi Hitam karena kemiripannya dengan Rena Mizunashi dan karena perilakunya yang aneh.[47] Dia kemudian percaya bahwa Rena membunuh kakaknya dan ayahnya, yang sebenarnya Rena merupakan kakaknya yang melakukan penyamaran. Eisuke, setelah mengetahui karier ayah dan kakaknya sebagai agen CIA, pindah ke Amerika Serikat untuk mendapatkan karier sebagai agen CIA.[48] Seiyū-nya adalah Junko Noda.[49]

Jirokichi Suzuki[sunting | sunting sumber]

Jirokichi Suzuki (鈴木 次郎吉, Suzuki Jirokichi) adalah paman dari Sonoko dan merupakan penasihat perusahaan Suzuki. Ia digambarkan selalu mempunyai koleksi batu berharga, dan karenanya sering mengundang kemunculan Kid si Pencuri dalam cerita. Di samping Inspektur Ginzo Nakamori, Jirokichi digambarkan sebagai karakter yang juga sangat ingin menangkap Kid si Pencuri. Kemunculan perdananya ada di volume 44. Dalam animasi bahasa Jepangnya, pengisi suara Jirokichi adalah Ichiro Nagai (episode 356-725) dan Kosei Tomita (episodes 746 - sekarang).

Tomoaki Araide[sunting | sunting sumber]

Dr. Tomoaki Araide (新出 智明, Araide Tomoaki) adalah seorang dokter umum yang baik hati, perhatian, tampan, berpendidikan tinggi, dan berwawasan luas. Awalnya kemunculan tokohnya terkait dengan pembunuhan ayahnya.[50] Ia sering muncul di berbagai kasus, bahkan sempat memunculkan kecemburuan pada Shinichi karena relasi baiknya dengan Ran. Pada volume 42 baru terungkap bahwa Vermouth, anggota Organisasi Berbaju Hitam, beberapa kali menyamar sebagai Dr. Araide untuk mendekati Conan dan Ai Haibara.[51]

Yoko Okino[sunting | sunting sumber]

Yoko Okino (沖野 ヨーコ, Okino Yōko) adalah idola dan bintang pop muda yang salah satu penggemar berat-nya adalah Kogoro Mouri. Dia memiliki berbagai penampilan di dalam manga Detektif Conan, kebanyakan sebagai tamu penting (spesial) pada suatu pertemuan / acara yang berubah menjadi kasus kriminal. Seiyu nya adalah Miki Nagasawa dan suara bahasa Inggris-nya adalah Elise Baughman.

Fusae Campbell Kinoshita[sunting | sunting sumber]

Fusae Campbell Kinoshita (フサエ・キャンベル・木之下, Fusae Kyanberu Kinoshita) adalah cinta pertama Professor Hiroshi Agasa saat masih SD. Ia mempunyai perusahaan tas dan aksesoris bertanda daun gingko. Tokoh Fusae pertama kali muncul di Volume 40.

Grup Detektif Cilik[sunting | sunting sumber]

Grup Detektif Cilik (少年探偵団, Shōnen Tantei-dan, Inggris: Junior Detective League) adalah sebuah grup detektif anak- anak yang beranggotakan Conan Edogawa, Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, Genta Kojima, dan Ai Haibara. Profesor Agasa sering membantu anak- anak ini jika ada kasus yang perlu diselesaikan. Sebagai simbol grup ini, setiap anggota memiliki sebuah lencana yang digunakan sebagai sebuah walkie-talkie dan pelacak.[52]

Ai Haibara[sunting | sunting sumber]

Shiho Miyano (宮野志保, Miyano Shiho) atau Sherry (シェリー, Sherī) / Ai Haibara (灰原哀, Haibara Ai) adalah seorang anggota Organisasi Berbaju Hitam yang berkhianat pada organisasi tersebut setelah kakaknya, Akemi Miyano, terbunuh di tangan Gin. Perempuan yang cerdas dan serius. Melalui tangannya susunan formula misterius warisan orang tuanya yang juga bekerja pada organisasi ia menciptakan berbagai macam formula untuk organisasi termasuk racun yang telah mengecilkan tubuhnya serta Shinichi Kudo.

Dulunya punya hubungan dengan Shuichi Akai karena kakaknya Akemi Miyano merupakan pacar Suichi Akai. Kadang mengucapkan kata yang dalam artinya. Sekarang dia mencurigai Okiya Subaru yang tinggal di rumahnya Shinichi Kudo merupakan anggota Organisasi Berbaju Hitam.Dalam drama spesial, Ai Haibara diperankan oleh Kyoka Shibata. Dalam versi bahasa inggris atau dikenal sebagai Case Closed, dia bernama Vi Gabythorn. Dalam manga dan anime, ia dikenal sebagai Anita Halley.

Ayumi Yoshida[sunting | sunting sumber]

Ayumi Yoshida (吉田歩美, Yoshida Ayumi) adalah teman Conan sekaligus anggota Grup Detektif Cilik. Dia menaruh hati pada Conan.[butuh rujukan] Dia berwatak baik hati, mudah tersenyum dan sering menggunakan kata yang membuat suasana tenang.[butuh rujukan] Jika mendengar sesuatu yang berhubungan dengan "Harta Karun" ia dan Genta akan menyambutnya dengan antusias.[butuh rujukan]

Conan Edogawa[sunting | sunting sumber]

Conan Edogawa (江戸川コナン, Edogawa Konan) adalah seorang anggota Grup Detektif Cilik. Identitas asli Conan Edogawa adalah Shinichi Kudo yang badannya menyusut karena racun APTX 4869 yang diberikan oleh Organisasi Hitam di Tropical Land. Dalam drama spesial, ia diperankan oleh Nao Fujisaki. Pengisi suaranya adalah Minami Takayama, vokalis Two Mix.

Genta Kojima[sunting | sunting sumber]

Genta Kojima (小嶋元太, Kojima Genta) adalah pendiri Grup Detektif Cilik. Genta adalah salah satu teman Conan yang menjadi anggota kelompok detektif ini. Badannya sangat gemuk, besar, dan jago makan. Tipikal sosok penindas pada awalnya dan berbalik 180 derajat kemudian. Ia sangat suka makan, terutama nasi belut bakar. Dalam komik Detektif Conan versi bahasa inggris atau lebih dikenal sebagai Case Closed di Amerika Serikat, Genta Kojima bernama George Kojima. Pengisi suaranya adalah Wataru Takagi.

Hiroshi Agasa[sunting | sunting sumber]

Profesor Hiroshi Agasa (阿笠 博士, Agasa Hiroshi) adalah seorang profesor linglung yang menemukan beberapa perangkat untuk membantu Conan.[53] Dia mengetahui identitas asli Conan Edogawa. Dia sering membantu Grup Detektif Cilik dan membawa mereka mengadakan perjalanan dalam VW Beetle-nya.[54] Setelah menemukan Shiho Miyano di jalan, dia mengadopsinya dan memberinya nama samaran yaitu Ai Haibara untuk menyembunyikan dia dari Organisasi Berbaju Hitam.[55] Seiyū-nya adalah Kenichi Ogata dan pengisi surara Inggrisnya adalah Bill Flynn.[56][57]

Mitsuhiko Tsuburaya[sunting | sunting sumber]

Mitsuhiko Tsuburaya (円谷光彦, Tsuburaya Mitsuhiko) adalah seorang anggota Grup Detektif Cilik. Dia adalah teman Conan Edogawa yang pintar dan juga penyuka teknologi. Dia juga cemburu pada kedekatan Ai dengan Conan.[butuh rujukan] Dia memiliki kejeniusan tersendiri. Pengetahuannya melebihi anak seusianya.[butuh rujukan] Dalam komik Detektif Conan bahasa inggris atau lebih dikenal sebagai Case Closed di Amerika Serikat, Mitsuhiko Tsuburaya bernama Mitch Tennison.

Sumiko Kobayashi[sunting | sunting sumber]

Sumiko Kobayashi (小林澄子, Kobayashi Sumiko) adalah wali kelas Grup Detektif Cilik. Sebenarnya dia orang yang baik, dalam periode awal di SD Teitan ia dikenal sebagai "penyihir kejam" karena tingkah laku kasar nya kepada murid-muridnya, yang sebenarnya didorong oleh pengalaman buruk sebelumnya. Dengan bantuan Conan dan teman-teman kecil dia sudah cukup hangat, dan setelah melihat Grup Detektif Cilik beraksi, ia bahkan menunjuk dirinya sebagai manajer mereka. Kebetulan, Bu Kobayashi adalah penggemar berat penulis cerita detektif Rampo Edogawa. Ketika dia memakai kontak lens, dia tampak seperti petugas Sato. Ini kemudian mengungkapkan bahwa dia memiliki masa kanak-kanak masa lalu perjumpaan dengan Inspektur Shiratori yang melibatkan bunga sakura namum terlupakan dia. Sekarang [58] dia telah mengetahui hubungan masa lalunya dengan Shiratori. Seiyu nya adalah Yuko Kato, aktor suara bahasa Inggris-nya adalah Stephanie Young.


Organisasi Hitam[sunting | sunting sumber]


Anggota aktif[sunting | sunting sumber]

Karasuma Renya[sunting | sunting sumber]

Karasuma Renya (烏丸 蓮耶, Karasuma Ren'ya) adalah pemimpin dari Organisasi Hitam, identitasnya tidak di ketahui karena kalau muncul, gambarnya selalu kabur. Dia sering disebut oleh Gin sebagai "orang itu" (あの方, Anokata).

Gin[sunting | sunting sumber]

Gin adalah seorang anggota Organisasi Hitam yang memiliki posisi tinggi (koordinator) dalam organisasi tersebut. Dia selalu mengendarai Porsche 356A hitam. Dia memiliki rambut panjang yang berwarna keperakan. Gin telah meminumkan racun APTX 4869 pada Shinichi Kudo yang awalnya untuk membuatnya mati tapi justru membuat tubuhnya mengecil tanpa disadarinya. Gin diduga punya hubungan dengan Sherry karena di komik seperti mengisyaratkannya.

Vodka[sunting | sunting sumber]

Rekan Gin yang juga anggota dari Organisasi Hitam. Kerap diperlihatkan menjalankan aksinya bersama-sama Gin. Ceroboh dan mudah dikelabui apabila tidak bersama dengan Gin yang sering ia sebut "Kakak". Sempat berhasil dijebak oleh Conan, tetapi gagal.[59]

Vermouth[sunting | sunting sumber]

Nama aslinya Chris Vineyard. Seorang aktris besar di Amerika Serikat yang bakat aktingnya luar biasa dan pandai menyamar. Sangat cantik dan cerdas. Kemungkinan besar merupakan sosok yang sama dengan Sharon Wineyard, yang dikamuflasekan sebagai ibunya sendiri dengan meminum formula misterius organisasi yang dapat memudakan usianya kembali. Di Jepang menyamar sebagai Dr. Araide. Kalimat yang sering diucapkan: "a secret makes a woman woman"

Vermouth merupakan anggota utama dalam organisasi hitam. Vermouth memiliki kemampuan menyamar seperti Yukiko Kudo. Keduanya merupakan teman sekelas saat belajar akting kepada pesulap kelas dunia, Toichi Kuroba. Vermouth adalah anggota yang paling disayangi Boss organisasi hitam.

Vermouth mengetahui identitas Conan sebagai Shinichi Kudo dan Ai Haibara sebagai Sherry, tetapi tidak memberitahukannya kepada anggota organisasi yang lain.

Chianti[sunting | sunting sumber]

Chianti adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48. Dia memiliki rambut cokelat pendek , memakai lipstik ungu , dan memiliki tato kupu-kupu Swallowtail disekitar mata kirinya. Ia sering bertindak dalam misi dengan Korn. Senjata Chianti adalah senapan semi-otomatis PSG-1. Mobil miliknya adalah Dodge Viper Biru dengan dua garis putih.

Korn[sunting | sunting sumber]

Korn adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48. Dia selalu memakai kacamata hitam dan topi. Baik umur maupun kebangsaannya tidak diketahui , tetapi ada keterangan yang menyatakan bahwa ia adalah orang asing. Senapan yang Korn gunakan adalah Remington M24. Ia sering berpartner dengan Chianti dalam misi. Dia berbicara lebih sedikit dan berbicara acuh tak acuh dengan kata-kata pendek dan ditandai dengan banyak jeda.

Kichiro Numabuchi[sunting | sunting sumber]

Kichiro Numabuchi adalah pembunuh menyeramkan yang pertama kali muncul sebagai tersangka dalam pembunuhan besar-besaran di Osaka dalam Volume 19. Kemudian, dia ternyata telah digunakan oleh Organisasi Berbaju Hitam sebagai pembunuh, tetapi ia akhirnya terbukti tidak berguna bagi mereka. Dia akan dikirim ke laboratorium Sherry yang menguji APTX 4869 pada dirinya, tetapi dia melarikan diri. Dia kemudian pergi bersembunyi, bersalah membunuh orang-orang yang dia yakini sebagai anggota organisasi yang dikirim untuk mendapatkannya. Seiyu-nya adalah Naoki Tatsuta, aktor suara bahasa Inggris-nya adalah Barry Yandell. Dia dikenal Graver Kornelius Sebagai Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat

Rum[sunting | sunting sumber]

Nama Rum pertama muncul di manga file 898 (anime di episode 783) oleh Hidemi Hondo lewat sebuah pesan singkat. Selanjutnya, diketahui dari Ai bahwa dia merupakan tangan kanan atau penasihat terdekat "Big Boss". Big Boss mempercayakan semuanya pada Rum sehingga dia sering memutuskan suatu keputusan di organisasi. Dan dia mempunyai nomor code 002. Dia tidak pernah diketahui sosoknya seperti apa, bahkan anggota organisasi pun tidak tahu. Mereka percaya sosoknya tegap seperti pemuda, seorang wanita feminim, atau seorang kakek tua. Ai Haibara menyebutnya salah satu ciri Rum yang diketahui organisasi adalah ia hanya mempunyai mata satu karena mata satunya luka. Dan akhir-akhir ini, identitas Rum diketahui yaitu Wakita Kanenori. Di akhir chapter 1066, terungkap jelas wajah asli rum ketika hendak menyamar menjadi Wakita Kanenori. Hal ini memungkinkan bahwa Wakita Kanenori adalah nama samarannya dan nama aslinya belum diketahui.

Anggota yang telah meninggal[sunting | sunting sumber]

Calvados[sunting | sunting sumber]

Calvados adalah sniper yang membantu Vermouth yang hampir membunuh Jodie, dia akhirnya bunuh diri karena telah dikalahkan oleh akai, dia sampai rela mempertaruhkan nyawanya demi Vermouth ( Kematiannya membuat Chianti marah dan menyalahkan Vermouth).

Akemi Miyano[sunting | sunting sumber]

Akemi Miyano (dengan nama samaran Masami Hirota dalam organisasi) adalah kakak dari Shiho Miyano (Ai Haibara). Dalam jilid kedua, Masami Hirota ditembak oleh Gin dalam kasus pencurian uang sebesar 1 miliar Yen. Ia menginginkan adiknya, Sherry dikembalikan dan dilepaskan dari organisasi, tetapi organisasi menolaknya dan malah menembaknya. Akemi Miyano juga merupakan pacar dari Shuichi Akai, anggota FBI berdarah Jepang yang mendekati Akemi untuk mendapatkan informasi seputar dengan kepala penelitian APTX 4869, tetapi pendekatan itu diketahui oleh organisasi dan tidak membuahkan apapun, melainkan Akemi ditembak sehingga Shuichi memiliki dendam yang besar kepada Gin dan anggota organisasi lainnya. Awalnya, Akemi sangat mencintai Akai yang saat itu menyusup dalam organisasi sebagai Rye. Dan karena suatu hubungan, hubungan keduanya ada sangkut pautnya dengan Amuro Tooru. Sehingga Akai dan Amuro sering terlibat masalah. Sebenarnya, Akemi adalah sepupu Shuichi karena Elena Miyano merupakan adik dari Mary Sera.

Awalnya, Akemi dan Shiho terlibat dalam organisasi hitam karena orangtua mereka yang bernama Atsushi Miyano dan Elena Miyano (yang berasal dari Inggris dan mempunyai code name Hell Angel). Oleh Conan, Atsushi Miyano disebutkan sebagai "Ilmuwan gila yang diusir dari dunia pengetahuan", karena ingin menciptakan obat yang dapat membangkitkan orang mati kembali.

Atsushi Miyano[sunting | sunting sumber]

Atsushi Miyano adalah ayah dari Shiho Miyano dan Akemi Miyano. Dia merupakan suami dari Elena Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuwan di Organisasi Hitam. Dia telah bekerja dalam suatu obat primitif yang nantinya akan jadi obat bernama APTX4869 . Dia disebut sebagai The Mad Scientist (Ilmuwan gila) dalam komunitas ilmuwan. Namun Profesor Agasa menyebutnya sebagai orang yang baik dan penyabar. Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai "kecelakaan" bersama istrinya ketika Shiho masih sangat muda.

Elena Miyano[sunting | sunting sumber]

Elena Miyano adalah ibu dari Shiho Miyano dan Akemi Miyano. Dia merupakan istri dari Atsushi Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuwan di Organisasi Hitam. Dia lahir di Inggris, tetapi mencintai Atsushi Miyano sehingga dia pun tinggal di Jepang. Dia dikatakan sebagai wanita yang pendiam & pemalu. codename yang diberikan Organisasi kepada dia adalah Hell Angel (Malaikat Neraka). Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai "kecelakaan" bersama dengan Atsushi Miyano ketika Shiho masih sangat muda. Di suatu kasus, Shiho menemukan rekaman suara ibunya yang ditujukan kepada Shiho.

Kusuda Rikumichi[sunting | sunting sumber]

Kusuda Rikumichi adalah seorang anggota Organisasi Hitam yang mengajukan sebagai pasien dengan harapan Rena Mizunashi terlacak, namun Conan dan FBI berhasil menemukan dia. Ia melarikan diri dari rumah sakit, sehingga Conan dan Shuichi mengejarnya, tetapi ia bunuh diri karena alasan yang tidak diketahui sebelum mereka berhasil mendapatkan informasi. Dia pertama kali diperkenalkan pada volume 57. Namun, ia dapat dianggap sebagai orang misterius yang disebut oleh anak laki- laki (yang menyaksikan Kasus Kir) bahwa ia telah melihat Rena Mizunashi. Seiyu nya adalah Mitsuo Iwata.

Irish[sunting | sunting sumber]

Irish merupakan salah satu Anggota Organisasi Hitam yang mengetahui bahwa Shinichi Kudo belum mati dan berubah menjadi Edogawa Conan. Irish adalah karakter non-canon, jadi hanya muncul di film ke 13 nya yang bernama "Countdown to Heaven" dan tidak masuk ke cerita asli manga. Irish sendiri pernah mengatakan bahwa dia sangat membenci Gin yang telah membunuh ayahnya yang sama-sama ada di karasuma group dengan bersandi "Pisco". Irish pun mati di film itu sendiri dengan pengkhianatan Gin yang setelah menyelesaikan tugasnya lalu ditembak mati. Seiyu nya adalah {Yuji Mikimoto}

Pisco[sunting | sunting sumber]

Pisco (ピスコ, Pisuko) atau Kenzo Masuyama (枡山 憲三, Masuyama Kenzou) adalah seorang pembunuh dari Organisasi Hitam. Pisco sendiri dari dikatakan Irish bahwasanya mereka berdua ada hubungan Ayah dan Anak.[60] Gin membunuhnya karena melanggar kode kerahasiaan Organisasi Hitam setelah ditangkap di kamera saat ia melakukan pembunuhan.[60] Seiyu-nya adalah Yasuo Maramatsu.[61]

Tequila[sunting | sunting sumber]

Tequila (テキーラ, Tekiira) adalah seorang anggota intimidasi tinggi Organisasi Hitam yang digunakan untuk otot orang-orang ke dalam pembuatan kesepakatan dengan sindikat.[62] Dia tewas karena ledakan bom koper yang sebenarnya ditujukan untuk orang lain.[63] Seiyū-nya adalah Kōsei Hirota dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Andrew Chandler.[64][65]

NOC[sunting | sunting sumber]

Bourbon[sunting | sunting sumber]

Rei Furuya (降谷零 Furuya Rei) / Tōru Amuro (安室透 Amuro Tōru) / Bourbon (バーボン Bābon) adalah anggota baru Organisasi Hitam. Menurut informasi yang disampaikan Kir, Bourbon adalah anggota yang pandai menginspeksi, mengumpulkan informasi, dan berwawasan luas. Ai Haibara mencurigai Subaru Okiya yang tinggal di rumah Shinichi Kudo sebagai Bourbon. Namun selanjutnya diketahui bahwa identitas Bourbon adalah Amuro Tooru, seorang pelayan di Kafe Poirot dan saat ini magang sebagai detektif di kantornya Kogoro Mouri. Nama aslinya adalah Rei Furuya, agen rahasia kepolisian nasional jepang. Bourbon adalah teman satu angkatan Wataru Date, seorang detektif di kepolisian yang merupakan rekan dari Detektif Wataru Takagi. Baru-baru ini ia diketahui sebagai agen rahasia PSB (Police Security Bureau) Nasional/NPA (National Police Agency). Di dalamnya ia dijuluki "Zero". Dan ia menyusup ke dalam organisasi untuk mendapatkan informasi rahasia. Sehingga namanya termasuk dalam daftar NOC.

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

Sherry[sunting | sunting sumber]

Shiho Miyano (宮野志保 Miyano Shiho) atau "Sherry" (シェリー) / Ai Haibara (灰原哀 Haibara Ai) adalah mantan anggota Organisasi Hitam setelah kakaknya, Akemi Miyano, terbunuh di tangan Gin. Perempuan yang cerdas dan serius. Melalui tangannya susunan formula misterius warisan orang tuanya yang juga bekerja pada organisasi ia menciptakan APTX 4869 untuk organisasi yang telah mengecilkan tubuhnya serta Shinichi Kudo.

Rye[sunting | sunting sumber]

Shuichi Akai (赤井 秀一, Akai Shūichi) adalah mantan anggota Organisasi Hitam. Saat bergabung, dia berkode nama Rye. Dia bergabung ke dalam organisasi dengan tujuan untuk memata-matai, tetapi pada akhirnya diketahui karena kecerobohan Andre Camel. Akai adalah satu-satunya sniper terbaik yang berhasil menembak sebelah mata Gin sehingga satu matanya terluka.


Kepolisian Jepang[sunting | sunting sumber]

Juzo Megure[sunting | sunting sumber]

Juzo Megure (目暮 十三, Megure Jūzō) adalah seorang inspektur kepolisian pusat di divisi kejahatan pembunuhan. Dia adalah seorang atasan yang tegas, baik pada bawahan dan kadang suka bercanda. Sangat payah dalam bahasa inggris. Terlihat sekali dia payah dalam bahasa inggris saat dia mengajak Jodie Santemillion, guru bahasa inggris Ran bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris yang salah.Dia salah menggunakan bahasa inggris dalam kata Policeman. Ia menyebutnya sebagai Polishman. Dia bekerja dengan sangat serius dan sering datang bila ada kasus yang ditangani oleh Kogoro Mouri atau Conan di wilayah Tokyo. Dia mempunyai istri yang dulu bekas anggota berandalan siswi SMA. Pertemuannya dengan istrinya adalah suatu kebetulan dalam suatu kecelakaan.

Dia yang baru diangkat menjadi polisi bertemu dengan gadis SMA yang ingin melakukan pembalasan terhadap pembunuh teman-temannya. Inspektur Megure ditugaskan untuk melindungi gadis itu. Karena mereka berdua tertabrak mobil pembunuh itu, gadis SMA itu terluka parah, sedangkan Megure hanya terluka di keningnya. Berkat Megure yang ingat nomor plat mobil itu, penjahat itu tertangkap. Luka di kening Megure adalh saksi pertemuannya dengan istrinya.[66]

Kazunobu Chiba[sunting | sunting sumber]

Kazunobu Chiba (千葉 和伸, Chiba Kazunobu) adalah mitra Takagi yang suka makan banyak. Dia baik dan sangat memberi dukungan kepada temannya. Dia melakukan debut di film keempat Detektif Conan, kemudian sebagai pemeran pendukung dalam Volume 29 dari manga dan diperkenalkan pada Volume 32. Kemudian dalam seri itu diungkapkan bahwa dia adalah penggemar dari pertunjukan anak-anak Kamen Yaiba.[67]

Matsumoto Kiyonaga[sunting | sunting sumber]

Matsumoto Kiyonaga (松本 清長, Matsumoto Kiyonaga) adalah atasan Inspektur Megure. Dia dikenal di Amerika Utara sebagai Kiyonaga McLaughlin. Penampilan brutal-nya dan bekas luka yang berada di mata kiri dengan mudah menyembunyikan fakta bahwa ia adalah orang yang penuh perhatian. Dia adalah duda dan memiliki seorang anak tunggal, Sayuri Matsumoto (dikenal di Amerika Utara sebagai Catherine McLaughlin), yang dulu menjadi guru seni musik di SMP Teitan, dia pernah mengajar di kelas Shinichi, Ran, dan Sonoko. Ia menerima bekas luka di wajahnya sewaktu konfrontasi dengan seorang pembunuh berantai, 20 tahun sebelum seri Detektif Conan dimulai. Seiyū-nya adalah Seizo Katou dan pengisi suara Bahasa Inggris-nya adalah Bob Carter.

Heizo Hattori[sunting | sunting sumber]

Heizo Hattori (服部 平蔵, Hattori Heizō) adalah seorang inspektur kepolisian Osaka. Dia muncul pertama kali pada volume 15. Dia merupakan ayah Heiji Hattori. Rekan Heizo adalah Toyama, ayah Kazuha Toyama.

Misao Yamamura[sunting | sunting sumber]

Misao Yamamura (山村 ミサオ, Yamamura Misao) adalah seorang perwira polisi dari Prefektur Gunma. Karena terlalu banyak nonton TV, dia sangat antusias mengenai pekerjaannya (sebagai polisi), tetapi benar-benar naif, sangat bodoh, canggung dan berpikiran kekanak-kanakan, dan dengan demikian tidak cocok untuk pekerjaan itu. Reaksi pertama jika Conan (dan semua orang yang dia kenal) setiap kali mereka kebetulan bertemu dia (Yamamura) adalah selalu putus asa, tetapi setelah tahu pada jalur penyelesaian kasus yang benar ia sangat mendukung. Neneknya, Misae Yamamura (山村 ミサエ, Yamamura Misae), muncul dalam manga volume 52 & anime episode 545. Seiyū-nya adalah Toshio Furukawa. Sekarang, ia adalah seorang inspektur polisi.

Ninzaburo Shiratori[sunting | sunting sumber]

Ninzaburo Shiratori (白鳥 任三郎, Shiratori Ninzaburō) adalah petugas lain yang bekerja dengan Megure, dan dia menyukai Sato Miwako, namun dia (Miwako) tidak merasakan hal yang sama tentang dirinya. Dia membuat penampilan perdananya di film Detektif Conan pertama dan di Volume 21 pada manga Detektif Conan, bersamaan dengan Sato Miwako. Kemudian di seri itu dia membuat kemajuan nyata terhadap Miwako, sangat mengandalkan pada statusnya sebagai seorang keturunan keluarga kaya (dan melakukan yang terbaik untuk membuat malu dan canggung Takagi supaya Takagi merasa rendah diri dalam proses percintaannya). Namun, setelah pertemuan dengan guru Sekolah Dasar nya Conan, Sumiko Kobayashi, ia telah berhenti mengejar untuk mencintai Sato Miwako. Ia dikenal memiliki pengetahuan yang baik pada anggur. Seiyū-nya adalah Kaneto Shiozawa dan sekarang Kazuhiko Inoue. Pengisi suara Bahasa Inggris-nya adalah Eric Vale. Di dalam komik Detektif Conan versi Amerika Serikat, dia dikenal sebagai Nicholas Santos.

Miwako Sato[sunting | sunting sumber]

Miwako Sato (佐藤 美和子, Satō Miwako) adalah seorang polisi wanita yang sering berpartner dengan Takagi. Dalam beberapa cerita digambarkan hubungan romantis nya dengan Takagi. Namun rekan kerjanya yang lain, Ninzaburo Shiratori, selalu mengganggu kencannya dengan Takagi. Diduga kuat memiliki hubungan istimewa dengan Matsuda Jinpei, polisi ahli penjinak bom yang tewas ketika tengah menjinakkan bom. Ayahnya seorang polisi yang tewas tertabrak truk ketika sedang menangkap seorang penjahat perampok bank. Seiyū-nya adalah Atsuko Yuya dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Kate Oxley.[68]

Wataru Takagi[sunting | sunting sumber]

Wataru Takagi (高木 渉, Takagi Wataru) adalah seorang polisi yang menjadi partner Miwako Sato. Sebenarnya dia menyukai Miwako tetapi sayangnya dia kurang mempunyai keberanian untuk mengungkapkan perasaannya itu. Biasanya dia dibantu oleh Yumi Miyamoto dan Isshin Chiba. Mereka berdua yang selalu memberi dorongan dan dukungan untuk hubungannya dengan Miwako.

Sifatnya pemalu, kurang bisa diharapkan, dan mudah putus asa. Tetapi kalau sudah ada rasa percaya diri sikapnya langsung berubah. Mukanya mirip dengan reserse Matsuda Jinpei saat memakai kacamata dan wig yang mirip.[69] Di kantornya dia mempunyai saingan, yaitu seluruh personel dan anggota kepolisian yang juga menyukai Miwako. Dia sering kerepotan bila sudah ketahuan oleh inspektur Shiratori bahwa dia akan pergi kencan dengan Miwako, karena dia akan diinterogasi oleh Shiratori dan anak buahnya.[70] Tetapi sekarang Takagi sudah pernah dicium oleh Miwako dan karena itu Shiratori pun menjadi putus asa dan diam- diam Shiratori juga sudah menyukai orang lain yang merupakan cinta pertamanya, yaitu wali kelas Conan: Sumiko Kobayashi.[71] Seiyū-nya adalah Wataru Takagi

Kansuke Yamato[sunting | sunting sumber]

Inspektur Kansuke Yamato (大和 敢助, Yamato Kansuke; Inggris: Kansuke Yamato) adalah seorang polisi dari prefektur Nagano dengan bekas goresan di mata kirinya yang telah buta dan dengan kaki kiri yang terluka yang disebabkan oleh sebuah longsor sewaktu dia terus- menerus mengejar seorang kriminal.[72] Nama dia berasal dari seorang ahli siasat Yamamoto Kansuke (山本 勘助).[73] Yamato juga temannya Yui Euhara, yang juga seorang polisi di kepolisian Nagano.[74] Seiyū-nya adalah Yuji Takada.[75]

Yui Uehara[sunting | sunting sumber]

Yui Uehara (上原 由衣, Uehara Yui) adalah rekan Yamato Kansuke.[74] Dia merupakan teman sejak kecilnya Yamato.[74] Ketika Yamato diduga tewas, dia menikahi orang dari keluarga Torada (虎田) untuk menyelidiki kematian Yamato.[76] Seiyū-nya adalah Ami Koshimizu.[75]

Yumi Miyamoto[sunting | sunting sumber]

Yumi Miyamoto (宮本 由美, Miyamoto Yumi) adalah polisi wanita muda yang mengatur lalu lintas. Ia merupakan sahabat Miwako Sato dan senang membantu mempererat hubungan Sato dan Takagi. a juga sering jahil pada Takagi, karena memang ia memiliki sifat jahil dan nakal. Ia cukup menarik di kepolisian, namun hingga kini masih melajang. Ia memiliki 2 ekor anjing, Suta dan Hachi, namun ia alergi terhadap Kucing. Ia juga menyadari kecerdasan Conan. Seiyu-nya adalah Yu Sugimoto.

Naeko Miike[sunting | sunting sumber]

Naeko Miike (三池 苗子, Miike Naeko) adalah polisi wanita muda yang bekerja di kepolisian pusat divisi lalu lintas. Merupakan rekan kerja dari Yumi Miyamoto. Cinta pertama Opsir Isshin Chiba waktu kelas 6 SD. Pertama kali muncul di Volume 71 ketika Opsir Chiba sedang mencari jawaban surat cintanya untuk Miike.

CIA[sunting | sunting sumber]

Ethan Hondo[sunting | sunting sumber]

Ethan Hondo (イーサン・本堂, Īsan Hondō) merupakan anggota CIA, dia juga merupakan ayah dari Eisuke Hondo dan Hidemi Hondo yang memakai nama samaran Rena Mizunashi. Dia bunuh diri tetapi dibuatnya seperti tewas karena dibunuh oleh Hidemi Hondo . Tujuan dia bunuh diri adalah untuk menyelamatkan anaknya yang bekerja sebagai mata-mata dari CIA di Organisasi Berbaju Hitam. Saat itu Hidemi dicurigai sebagai CIA oleh Organisasi Berbaju Hitam. Setelah dia tewas bunuh diri, anaknya (Hidemi Hondo) tidak dicurigai oleh Organisasi Berbaju Hitam terutama oleh Gin lagi.

Hidemi Hondo[sunting | sunting sumber]

Hidemi Hondo (本堂 瑛海, Hondō Hidemi) (dikenal luas dengan nama samarannya, Rena Mizunashi (水無 怜奈, Mizunashi Rena)) merupakan anggota CIA, anak dari Ethan Hondo, dan kakaknya Eisuke Hondo. Dia masuk ke organisasi berbaju hitam sebagai mata-mata setelah ayahnya bunuh diri dengan cara seolah-olah dibunuh oleh Hidemi. Dia awalnya bekerja sebagai penyiar, tetapi pada volume 49, dia terkena sebuah kecelakaan dan koma sampai akhirnya terbangun pada volume 58. Setelah Conan & Shuichi Akai tahu bahwa dia adalah seorang CIA, mereka membuat sebuah perjanjian dimana dia dikembalikan ke Organisasi Berbaju Hitam, namun dia harus melaporkan informasi baru yang ada ke FBI.

FBI[sunting | sunting sumber]

Andre Camel[sunting | sunting sumber]

Andre Camel (アンドレ・キャメル, Andore Kyameru) adalah anggota baru FBI yang dipekenalkan dalam file ke-600 dari manga Detektif Conan dan episode ke-497 dari anime Detektif Conan. Dia bekerja sebagai rekan Jodie Starling. Dia dan Shuichi Akai memiliki semacam persekutuan. Dia merasa bersalah kepada Shuichi Akai karena dia yang (tanpa sengaja) membongkar identitas Shuichi Akai kepada Organinasi Berbaju Hitam ketika Shuichi Akai bekerja sebagai mata-mata disana, sehingga pacar Shuichi Akai (Akemi Miyano) pun tewas.

James Black[sunting | sunting sumber]

James Black (ジェイムズ・ブラック, Jeimuzu Burakku) adalah seorang FBI yang bekerja bersama dengan Jodie Starling dan Shuichi Akai.Memiliki rating dan jabatan yang tinggi Di FBI. Dia pertama kali muncul dalam Episode 258. Kasus itu berupa kasus penculikan James Black yang dikira sebagai Artis terkenal yang kaya.

Jodie Starling[sunting | sunting sumber]

Jodie Starling (ジョディ・スターリング, Jodi Stāringu) (memakai nama Jodie Saintemillion (ジョディ・サンテミリオン, Jodi Santemirion) sewaktu mengajar di SMA Teitan) adalah seorang anggota FBI yang datang ke Jepang untuk menangkap Chris Vineyard (Vermouth) yang telah membunuh ayahnya sewaktu kecil. Dia menyamar sebagai guru bahasa inggris di sekolah tempat Ran bersekolah. Sangat menyukai game (Gamer)(vol. 33). Dia berhenti mengajar setelah masa cuti-nya berakhir. Dia berencana pulang ke Amerika Serikat, namun dalam volume 42, dia bertemu dengan Vermouth, setelah perlawanan oleh Conan, dia (Vermouth) berjanji tidak akan mengejar Sherry lagi. Sekarang Jodie bekerja sebagai FBI di Jepang bersama dengan James Black, Shuichi Akai, dan Andre Camel.

Shuichi Akai[sunting | sunting sumber]

Shuichi Akai (赤井 秀一, Akai Shūichi) (Moroboshi Dai (諸星 大, Moroboshi Dai)/Rye (ライ, Rai)) adalah anggota FBI berdarah Jepang, jago menembak dengan berbagai senjata, terutama shotgun dan sniper. Memiliki hubungan masa lalu dengan Shiho Miyano. Merupakan kekasih dari kakak Shiho, Akemi Miyano (yang terbunuh dalam kasus perampokan 1 miliar yen). Shuichi juga berjasa karena berhasil melenyapkan alat penyadap milik Conan yang ditemukan dan berada di tangan Organisasi Berbaju Hitam.[77] Ia pernah bertemu dengan Ran di Amerika Serikat sebelumnya ketika ia sedang memburu seorang pembunuh yang diduga adalah Vermouth yang menyamar.[78] Shuichi bersifat dingin dan misterius, bahkan tak pernah terlihat tertawa. Ia adalah pacar Jodie Starling sebelum menyusup masuk ke dalam Organisasi Hitam. Setelah ia berpacaran dengan Akemi Miyano, dia memutuskan hubungannya dengan Jodie.[79] Ia cenderung menutup hatinya saat Akemi mati meninggalkannya.

Saat berhadapan dengan Kir, dia "dibunuh", namun banyak orang yang curiga bahwa dia masih hidup karena Jodie, Andre, dan Vodka setelahnya pernah melihat Shuichi dengan luka bakar di wajah bagian kanannya.[80] Kemudian diketahui bahwa Shuichi dengan luka bakar adalah Bourbon yang menyamar. Seiring berjalannya waktu, terkuak bahwa kematian Shuichi ternyata dipalsukan yang mana tubuh korban sebenarnya adalah Kusuda Rikumichi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Aoyama, Gosho (1994-06-18). "Volume 1". 名探偵コナン (dalam bahasa Jepang). Tokyo: Shogakukan. ISBN 4-09-123371-6. 
  2. ^ http://anime.mikomi.org/series/816.html
  3. ^ a b c Ashford, Sage (28-10-2019). "Case Closed: 10 Facts You Never Knew About About Ran Mouri". CBR.com. Diakses tanggal 6 Juni 2020. 
  4. ^ Agnes, Tia (5 Maret 2019). "Fakta Kogoro Mouri yang Tak Mati Diberi Obat Penenang di 'Detective Conan'". detikcom. Diakses tanggal 6 Juni 2020. 
  5. ^ a b c Aoyama, Gasho (April 18, 1995). "File 1. 怪人...包帯の男" [File 1. The Mysterious... and Bandaged Man]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 5. Shogakukan. ISBN 4-09-123375-9. 
  6. ^ Yang dimaksud dengan "dia" adalah Sonoko
  7. ^ Yang dimaksud dengan "-nya" di kata "suaranya" adalah Conan
  8. ^ Aoyama, Gasho (April 18, 1995). "File 5. 殺人鬼の正体!" [File 5. The Identity of the Murderer!]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 5. Shogakukan. ISBN 4-09-123375-9. 
  9. ^ "バレンタイン殺人事件" [Valentine Murder Case]. Detective Conan. Musim ke-1. February 12, 1996. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  10. ^ "Tragic Valentine". Case Closed. Musim ke-1. June 1, 2004. Cartoon Network. 
  11. ^ "Detective Conan: Kudo Shinichi's Written Challenge Cast" (dalam bahasa Japanese). Yomiuri Telecasting Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-29. Diakses tanggal January 28, 2010. 
  12. ^ a b c Aoyama, Gasho (April 18, 1995). "File 10. 見知らぬ来訪者" [File 10. An Unfamiliar Visitor]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 5. Shogakukan. ISBN 4-09-123375-9. 
  13. ^ Aoyama, Gasho (July 18, 1995). "File 1. 仮面の下の真実" [File 1. The Truth under the Mask]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 6. Shogakukan. ISBN 4-09-123376-7. 
  14. ^ Aoyama, Gasho (March 18, 1997). "File 8. もう一人の..." [File 8. One More Person...]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 14. Shogakukan. ISBN 4-09-125044-0. 
  15. ^ a b Aoyama, Gasho (September 15, 2006). "File 9. 落日" [File 9. Setting Sun]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 55. Shogakukan. ISBN 4-09-120628-X. 
  16. ^ a b "江戸川コナン誘拐事件" [Edogawa Conan Kidnapping Case]. Detective Conan. Musim ke-2. January 13, 1997. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  17. ^ a b "Conan Is Kidnapped". Case Closed. Musim ke-2. August 5, 2004. Cartoon Network. 
  18. ^ Aoyama, Gasho (December 18, 2001). "File 1. ゴールデンアップル②" [File 1. Golden Apple 2]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 35. Shogakukan. ISBN 4-09-126165-5. 
  19. ^ Aoyama, Gasho (July 18, 1996). "File 7. 二つの謎" [File 7. Futatsu no nazo]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 11. Shogakukan. ISBN 4-09-125041-6. 
  20. ^ Aoyama, Gasho (October 18, 2005). "File 8. ゴロはゴロでも!?" [File 8. Goro is Goro?!]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 51. Shogakukan. ISBN 4-09-127361-0. 
  21. ^ "コーヒーショップ殺人事件" [Coffee Shop Murder Case]. Detective Conan. Musim ke-2. September 9, 1996. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  22. ^ "Murder At The Local Diner". Case Closed. Musim ke-2. July 19, 2004. Cartoon Network. 
  23. ^ Aoyama, Gasho (April 18, 1996). "File 2. 西の名探偵" [File 2. The Great Detective Of The West]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 10. Shogakukan. ISBN 4-09-123380-5. 
  24. ^ Aoyama, Gasho (June 18, 1997). "File 10. 血染めの包帯" [File 10. The Blood-Stained Bandage]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 15. Shogakukan. ISBN 4-09-125045-9. 
  25. ^ Aoyama, Gasho (December 10, 1996). "File 1. 本当の姿," [File 1. The Revelation]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 13. Shogakukan. ISBN 4-09-125043-2. 
  26. ^ Aoyama, Gasho (April 18, 1998). "File 5. 食いだおれの街" [File 5. The Living City]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 19. Shogakukan. ISBN 4-09-125049-1. 
  27. ^ Aoyama, Gasho (March 17, 2001). "File 8. 浪花の剣士" [File 8. The Knight Of Naniwa]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 31. Shogakukan. ISBN 4-09-126161-2. 
  28. ^ "外交官殺人事件(前編)" [Diplomat Murder Case (Part 1)]. Detective Conan. Musim ke-2. February 17, 1997. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  29. ^ "No Immunity For The Diplomat Part 1". Case Closed. Musim ke-2. August 12, 2004. Cartoon Network. 
  30. ^ a b c Aoyama, Gasho (August 9, 1997). "File 7. 消滅" [File 7. Annihilation]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Japanese). Volume 16. Shogakukan. ISBN 4-09-125046-7. 
  31. ^ Aoyama, Gasho (January 17, 2004). "File 7. 奇蹟" [File 7. Miracle]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Japanese). Volume 44. Shogakukan. ISBN 4-09-126414-X. 
  32. ^ Aoyama, Gasho (April 3, 2008). "File 1. 紫紅の爪" [File 1. Purple Nail]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Japanese). Volume 61. Shogakukan. ISBN 978-4-09-121340-2. 
  33. ^ Aoyama, Gosho (2018). 名探偵コナン 96 [Detective Conan #96]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 60. ISBN 978-4-09-129179-0. 
  34. ^ Aoyama, Gasho (April 18, 1988). "蘇る怪盗" [Return of the Mysterious Thief]. まじっく快斗 [Magic Kaito] (dalam bahasa Japanese). Volume 1. Shogakukan. ISBN 4-09-122081-9. 
  35. ^ Aoyama, Gosho (1997). Detektif Conan Vol. 16. Tokyo: Shogakukan. hlm. 45. ISBN 4091250467. 
  36. ^ "コナンVS怪盗キッド" [Conan vs. Kaito Kid]. Detective Conan. Musim ke-3. 22 September 1997. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  37. ^ Case Closed: The Last Wizard of the Century (DVD). Funimation Entertainment. December 15, 2009. Templat:UPC. 
  38. ^ Aoyama, Gosho (2011). 名探偵コナン 73 [Detective Conan #73]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 74. ISBN 4091232353. 
  39. ^ Aoyama, Gosho (2013). 名探偵コナン 80 [Detective Conan #80]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 60. ISBN 9784091243249. 
  40. ^ Manga Detektif Conan Volume 60
  41. ^ Aoyama, Gosho (2012). 名探偵コナン 76 [Detective Conan #76]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 55. ISBN 9784091237385. 
  42. ^ Aoyama, Gosho (2014). 名探偵コナン 83 [Detective Conan #83]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 65. ISBN 9784091246202. 
  43. ^ Aoyama, Gosho (2017). 名探偵コナン 92 [Detective Conan #92]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 49. ISBN 4091275532. 
  44. ^ a b c Aoyama, Gosho (2016). 名探偵コナン 91 [Detective Conan #91]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 70. ISBN 9784091274304. 
  45. ^ Aoyama, Gosho (2018). 名探偵コナン 95 [Detective Conan #95]. Tokyo: Shogakukan. hlm. 80. ISBN 4091285600. 
  46. ^ Aoyama, Gasho (April 6, 2005). "File 8. 戻れない二人" [File 8. The Two who Cannot Return]. 名 探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 49. Shogakukan. ISBN 4-09-126419-0. 
  47. ^ Aoyama, Gasho (February 17, 2006). "File 7. 目撃者は一人" [File 7. The Only Eye Witness]. 名 探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 53. Shogakukan. ISBN 4-09-120110-5. 
  48. ^ Aoyama, Gasho (January 12, 2008). "File 3. 瑛祐の告白" [File 3. Eisuke's Confession]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 60. Shogakukan. ISBN 978-4-09-121266-5. 
  49. ^ "もう戻れない二人(前編)" [The Two Who Can't Return Anymore (Part 1)]. Detective Conan. Musim ke-15. February 6, 2006. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  50. ^ Manga Detektif Conan Volume 24
  51. ^ Aoyama, Gosho (2012). 名探偵コナン #42 [Case Closed, Vol. 42]. San Fransisco: VIZ Media LLC. hlm. 50. ISBN 1421536080. 
  52. ^ Aoyama, Gasho (July 18, 1995). "File 6. 結成!少年探偵団," [File 6. Formation! The Detective Boys]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 6. Shogakukan. ISBN 4-09-123376-7. 
  53. ^ Aoyama, Gosho (June 18, 1994). "File 6. 迷探偵を名探偵に" [File 6. From Third-Rate to Great Detective]. 名探偵 コナン [Detektif Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Jepang). Volume 1. Shogakukan. ISBN 4-09-123371-6. 
  54. ^ Aoyama, Gosho (September 18, 1996). "File 1. 博士の宝箱" [File 1. Dr. Agasa's Treasure Box]. 名探偵 コナン [Detektif Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Jepang). Volume 12. Shogakukan. ISBN 4-09-125042-4. 
  55. ^ Aoyama, Gosho (January 17, 1998). "File 9. 偽りの少女" [File 9. The Girl Made Of Lies]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Jepang). Volume 18. Shogakukan. ISBN 4-09-125048-3. 
  56. ^ ""Seiyū" (dalam bahasa Jepang). TMS Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-31. Diakses tanggal December 31, 2009. 
  57. ^ "The Big Shrink". Detektif Conan. Musim ke-1. 24 Mei 2004. Cartoon Network. 
  58. ^ Manga Detektif Conan File 708
  59. ^ Aoyama, Gosho (2004-09-07). Case Closed (dalam bahasa English). 37. San Francisco: Viz Media. hlm. p. 14. 
  60. ^ a b Aoyama, Gasho (July 17, 1999). "File 11. 白の世界" [File 11. The White World]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 24. Shogakukan. ISBN 4-09-125494-2. 
  61. ^ "黒の組織との再会(灰原編)" [Meeting With the Black Organization Again (Haibara Part)]. Detective Conan. Musim ke-7. January 17, 2000. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  62. ^ Aoyama, Gasho (September 18, 1996). "File 4. 突然の遭遇" [File 4. An Unexpected Meeting]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 12. Shogakukan. ISBN 4-09-125042-4. 
  63. ^ Aoyama, Gasho (September 18, 1996). "File 5. 爆弾の行方" [File 5. The Whereabout of the Bomb]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 12. Shogakukan. ISBN 4-09-125042-4. 
  64. ^ "ゲーム会社殺人事件" [Game Company Murder Case]. Detective Conan. Musim ke-2. April 14, 1997. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  65. ^ Game Gone Bad (DVD). Funimation Entertainment. November 12, 2004. Templat:UPC. 
  66. ^ Detektif Conan Volume 29 File 2
  67. ^ Manga Detektif Conan Volume 44
  68. ^ "本庁の刑事恋物語(前編)" [Metropolitan Police Detective Love Story (Part 1)]. Detective Conan. Musim ke-6. May 24, 1999. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  69. ^ Manga Detektif Conan Volume 36
  70. ^ Manga Detektif Conan Volume 40
  71. ^ Manga Detektif Conan Volume 66
  72. ^ Aoyama, Gasho (October 18, 2007). "File 9. 戦" [File 9. War]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Jepang). Volume 59. Shogakukan. ISBN 978-4-09-121199-6. 
  73. ^ Aoyama, Gasho (August 18, 2009). "File 8. 赤い壁" [File 8. Red Wall]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Jepang). Volume 65. Shogakukan. ISBN 978-4-09-121717-2. 
  74. ^ a b c Aoyama, Gasho (October 18, 2007). "File 8. 風林火山" [File 8. Fūrinkazan]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Detektif Conan (dalam bahasa Jepang). Volume 59. Shogakukan. ISBN 978-4-09-121199-6. 
  75. ^ a b "風林火山 迷宮の鎧武者" [Fūrinkazan - The Mysterious Armoured Knight]. Detective Conan. Musim ke-17. November 3, 2008. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  76. ^ Aoyama, Gasho (October 18, 2007). "File 10. 陰と雷" [File 10. Shadow and Lightning]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 59. Shogakukan. ISBN 978-4-09-121199-6. 
  77. ^ Manga Detektif Conan Volume 49
  78. ^ Manga Detektif Conan Volume 35
  79. ^ Manga Detektif Conan File 677
  80. ^ Manga Detektif Conan File 700