Kaito Kuroba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kaito Kid)
Kuroba Kaito
Tokoh Detektif Conan & Magic Kaito
Kaito Kuroba sebagai Kid si Pencuri (Kaito Kid)
Penampilan
perdana
Manga Magic Kaito jilid 1 (file 1)
Manga Detekif Conan jilid 16 (File 6)
PenciptaAoyama Gosho
Pengisi suaraJepang:
Kappei Yamaguchi[1]
Inggris:
Jerry Jewell
Indonesia:
Sumardi
Richard miracle
Biodata
AliasKaito Kid, Kid the Phantom Thief, Kid si Pencuri
JulukanLupin of the Heisei Era (Lupin di Zaman Heisei)
Jenis kelaminLaki- laki
KerabatToichi Kuroba (黒羽 盗一, Kuroba Tōichi) (ayah, telah meninggal dunia)

Kaito Kuroba (黒羽 快斗, Kuroba Kaito) adalah tokoh utama fiksional dalam serial komik manga berjudul Magic Kaito. Ia lebih dikenal sebagai Kid si Pencuri (怪盗キッド, Kaitou Kiddo), dan juga sering muncul dalam serial komik Detektif Conan, sebagai rival Conan Edogawa.

Tujuan Kaito menjadi Kid si Pencuri adalah untuk menemukan pembunuh ayahnya, sang Kid si Pencuri yang asli. Dengan menyamar sebagai Kid, ia mencari sebuah batu bernama Pandora yang diyakini sebagai batu keabadian, dan merupakan barang incaran utama organisasi yang membunuh ayahnya.

Karakter Kaitou Kid (Kid Si Pencuri) terinspirasi dari tokoh pencuri yang ada di dalam novel Edogawa Ranpo. Mereka sama-sama disebut Phantom Thief(Pencuri Hantu).

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Ayah Kaito telah meninggal 8 tahun silam. Kaito yang awalnya tidak mengetahui alasan kematian ayahnya, suatu hari menemukan ruangan tersembunyi di dalam rumahnya. Ruangan tersebut ternyata adalah tempat ayahnya berganti kedok menjadi Kid si Pencuri. Kaito pun memutuskan untuk mengambil alih kostum ayahnya dan membangkitkan Kid si Pencuri dari kematian. Ia bertekad untuk menemukan orang di balik kematian ayahnya.

Karakter dan Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kaito adalah murid SMA kelas 2-B di SMA Ekado. Ia satu kelas dengan teman masa kecilnya Aoko Nakamori, Akako Koizumi, seorang penyihir dan Saguru Hakuba, seorang detektif yang berasal dari Inggris. Menurut analisis Hakuba yang mencurgai Kaito sebagai Kid si Pencuri, Kaito mempunyai tinggi badan setinggi 174 cm, berat badan 58 kg, ber-IQ 400, dan bergolongan darah B. Ia sering bermain onar dan mengerjai para siswi-siswi di kelasnya, terutama Aoko. Dalam kesehariannya, ia sering bermain sulap, mengingat mendiang ayahnya adalah pesulap handal.

Saat beraksi sebagai Kid si Pencuri, Kaito berubah menjadi "Pencuri Misterius yang Pesolek" dan tak pernah lupa menampilkan trik-trik sulap yang mencengangkan. Hal ini membuatnya mempunyai banyak penggemar dan penonton yang selalu menantikan aksi-aksi pencurian terbarunya. Ia juga mempunyai asisten yang selalu membantunya, yaitu Konosuke Jii (dipanggil Paman Jii). Namun di balik itu, Kaito memiliki fobia (ketakutan) terhadap ikan,[2] dan tidak bisa berskating.

Sebagai Kid, ia selalu mengenakan setelan jas berwarna putih dari sutera, kacamata tunggal di sebelah mata kanannya, dan sering terbang menggunakan gantole layang di balik jubah putihnya. Wajah aslinya mirip dengan Shinichi Kudo. Dalam animasinya, suaranya pun diisi oleh pengisi suara yang sama, tetapi dengan karakteristik yang sedikit berbeda.

Kemampuannya menirukan wajah, suara, dan tingkah laku membuat penyamarannya selalu berhasil, tetapi ada beberapa orang seperti Saguru Hakuba, Akako Koizumi, dan Conan Edogawa (Shinichi Kudo) yang bisa merasakan keberadaannya. Seringkali Kaito sebagai Kid digambarkan beradu kepintaran dengan Conan. Conan selalu berhasil membongkar penyamaran Kid, tetapi Kid juga selalu berhasil lolos darinya. Dalam film-film tuturan non-canon (bukan adaptasi dari cerita di komiknya), Conan dan Kid - yang mengetahui identitas aslinya, terkadang mengenyampingkan rivalitas untuk bekerjasama saat dalam bahaya.

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Dalam Magic Kaito[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Magic Kaito, Kaito yang beraksi sebagai Kid si Pencuri memfokuskan diri untuk mencuri benda-benda berharga tinggi, untuk menemukan orang-orang di balik kematian ayahnya. Karenanya dia selalu dikejar-kejar polisi Jepang namun selalu lolos. Orang yang selalu berusaha menangkapnya adalah Inspektur Nakamori, yang adalah ayah Aoko Nakamori.

Pada aksi pencurian Blue Birthday, Kaito akhirnya menemukan orang-orang yang membunuh ayahnya. Mereka adalah sebuah organisasi yang ternyata mengincar batu Pandora untuk memperoleh keabadian. Ayah Kaito yang tidak mau diajak bekerjasama dengan mereka akhirnya dibunuh. Sejak mengetahui tujuan organisasi itu dan alasan kematian ayahnya, Kaito bertekad menemukan batu Pandora lebih dahulu dan menghancurkannya.

Dalam serialnya, diceritakan juga bahwa Ibu Kaito, Chikage Kuroba adalah pencuri wanita legendaris berwajah seribu, dengan sebutan Phantom Lady.

Dalam Detektif Conan[sunting | sunting sumber]

Kid sering menjadi tokoh pendukung dalam kasus-kasus tertentu dalam cerita serial Detektif Conan. Kemunculan Kaito dan dirinya sebagai Kid si Pencuri pertama kali muncul di komik Detektif Conan jilid ke-16. Sejak saat itu, ia selalu muncul sebagai rival abadi Conan Edogawa. Kaito yang menyadari bahwa Conan bukanlah anak biasa, selalu mengekspektasikan kehadirannya saat beraksi sebagai Kid. Conan yang selalu dapat memecahkan trik dan membongkar penyamarannya menjadikan setiap aksi pencuriannya menjadi setingkat lebih sulit, tetapi menantang. Hal ini membuat Conan juga disebut sebagai "Kid Killer" (Pembunuh Kid).

Dalam serial Detektif Conan, orang yang selalu terang-terangan menantang Kid adalah penasihat grup Suzuki, Jirokichi Suzuki. Inspektur Nakamori juga selalu hadir untuk menjaga keamanan dan melakukan usaha penangkapan terhadap Kid.

Saat harta incarannya adalah sebuah batu mulia, Kaito selalu menerawangkan batu curiannya di bawah sinar rembulan untuk memastikan apakah itu Pandora. Sesaat setelah itu, biasanya ia akan mengembalikan barang curiannya, dengan pesan bahwa barang tersebut bukan barang incarannya.

Pada kasus Belltree Express (Volume 78), Kaito pertama kali berinteraksi dengan Organisasi Hitam, untuk membantu Conan yang berhasil membongkar penyamarannya lagi.

Dalam rangkaian film non-canonnya, Kaito sebagai Kid muncul dalam film tuturan Detektif Conan yang ke-3, 8, 10, 14, 19, dan 23. Kid juga muncul di OVA Detektif Conan yang ke-1, 4, 6, dan 10. Dalam film-film tersebut, Kaito sering digambarkan menyamar sebagai Shinichi Kudo karena penampilan fisik mereka yang sangat mirip.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "コナンVS怪盗キッド" [Conan vs. Phantom Thief Kid]. 名探偵コナン. Musim ke-3. September 22, 1997. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  2. ^ Manga Kaito Kid jilid 1