Šarlo Akrobata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Šarlo Akrobata
AsalBeograd, Serbia, Yugoslavia
GenreNew wave, art punk, reggae fusion, post-punk, dub music, experimental music
Tahun aktif1980–1981
LabelJugoton, Croatia Records
Artis terkaitAngel's Breath, DDT, Disciplina Kičme/Disciplin A Kitschme, Doktor Spira i Ljudska Bića, Katarina II/Ekatarina Velika, Električni Orgazam, Profili Profili, Suncokret, Rimtutituki

Šarlo Akrobata (Abjad Kiril Serbia: Шарло Акробата; terjemahan Charlot si Akrobat, yang merupakan nama Charlie Chaplin dalam bahasa Serbia-Kroasia[1]) adalah band bergenre musik new wave/post-punk yang berasal dari kota Beograd. Riwayat band ini tidak berlangsung lama, tetapi mereka sangat berpengaruh terhadap panggung musik Serbia, khususnya dalam panggung musim new wave di Yugoslavia.

Band ini bermula dari grup rock progresif/hard rock Limunovo Drvo (Abjad Kiril Serbia: Лимуново Дрво; terjemahan "Pohon Lemon") yang didirikan pada tahun 1977 oleh gitaris dan vokalis Milan Mladenović dan gitaris Dragomir Mihajlović "Gagi". Setelah anggotanya beberapa kali berganti, grup ini pindah ke genre musik new wave setelah kedatangan basis dan vokalis Dušan Kojić "Koja" serta pemain drum Ivan Vdović "VD". Setelah bermain untuk pembukaan Pankrti pada April 1980, Mihajlović keluar dari band ini dan tiga anggota yang tersisa mengganti nama mereka menjadi Šarlo Akrobata. Kemudian mereka merilis album kompilasi tahun 1981, Paket aranžman, yang kini dianggap sebagai salah satu lagu rock Yugoslavia paling berpengaruh.

Setelah band ini dibubarkan, Mladenović dengan Vdović dan Mihajlović membentuk Katarina II, yang kemudian diganti namanya menjadi Ekatarina Velika setelah Vdović dan Mihajlović keluar.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sinemagija, Čarli Čaplin". Sinemagija.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-21. Diakses tanggal 2013-06-11.