Újpest FC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Újpest
Nama lengkapÚjpest Football Club
JulukanÚjpest, Lilák
Nama singkatUTE
Berdiri16 Juni 1885; 138 tahun lalu (1885-06-16)
sebagai Újpesti Torna Egylet
StadionStadion Szusza Ferenc,
Budapest
(Kapasitas: 12.670)
PemilikRoderick Duchâtelet
ManajerNebojša Vignjević
LigaNB I
2021–2022NB I, ke-5
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga
Musim ini

Újpest FC merupakan sebuah klub sepak bola Hungaria yang bermain di Divisi Utama Soproni Liga. Didirikan pada tahun 1885. Berbasis di Budapest. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Szusza Ferenc yang berkapasitas 13.501 penonton. Seragam mereka berwarna ungu putih.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

jpest FC didirikan pada tahun 1885. Pada saat itu jpest bukan bagian dari Budapest. jpest memainkan pertandingan Nemzeti Bajnokság I pertama mereka pada musim Nemzeti Bajnokság I 1905. Pada musim 1910–11, mereka terdegradasi. jpest memenangkan kejuaraan nasional Hungaria pertama mereka pada musim 1929–30.

Secara internasional, periode paling sukses jpest datang pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.Pada Piala Intercity Fairs 1968–69, mereka tersingkir di final oleh Newcastle United. Di Piala Eropa 1973-74, mereka mencapai semi-final dan tersingkir oleh Bayern München.

Stadion[sunting | sunting sumber]

Stadion kandang jpest adalah Stadion Szusza Ferenc, yang telah menjadi kandang mereka sejak dibuka pada 17 September 1922. Stadion ini dikenal sebagai Stadion Megyeri t sampai dinamai sesuai nama klub pesepakbola legendaris, Ferenc Szusza pada Oktober 2003. Setelah renovasi, yang berlangsung pada tahun 2000 dan 2001, stadion memiliki kapasitas 13.501 penonton.

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Desember 2008, BBC Sport mengungkapkan bahwa klub Liga Premier Wolverhampton Wanderers sedang mempertimbangkan aliansi dengan jpest. Jez Moxey, kepala eksekutif klub, mengatakan: "Kami melakukan beberapa diskusi awal di Budapest dengan ofisial Ujpest. Kami membahas masalah pinjaman pemain, akademi dan berbagi praktik terbaik di dalam dan di luar lapangan."

jpest mendekati Roland Duchâtelet untuk menjadi pemilik klub. Meskipun Roland menolak tawaran klub, dia menyarankan agar putranya menjadi pemilik jpest. Roland Duchâtelet adalah pemilik FC Carl Zeiss Jena dan mantan pemilik Standard Liège, AD Alcorcón dan Charlton Athletic FC.

Pada 19 Oktober 2011, Roderick Duchâtelet, mantan direktur Germinal Beerschot, membeli 95% saham di City Budapest Zrt.

Roderick Duchâtelet mengatakan dia bermaksud untuk mengembalikan kejayaan tahun 1970-an.

Pada 27 Oktober 2011, Csaba Bartha, manajer umum jpest FC, mengkonfirmasi bahwa klub telah menerima 150 juta dolar Hungaria dari Roderick Duchâtelet.

Rival[sunting | sunting sumber]

jpest bersaing dengan beberapa tim Budapest termasuk Ferencváros, MTK Budapest, Budapest Honvéd dan beberapa klub provinsi seperti Debrecen dan Diósgyőr. Karena jpest adalah klub tersukses ketiga dalam sejarah sepak bola Hungaria setelah memenangkan 20 gelar Liga Hungaria dan 9 gelar Piala Hungaria dan merupakan klub Hungaria paling sukses di liga sepak bola Eropa selama tahun 1970-an, setiap klub di Liga Hungaria ingin mengalahkan mereka.

Persaingan dengan Ferencváros dimulai pada tahun 1930-an ketika jpest memenangkan kejuaraan nasional Hungaria pertama mereka. Sejak saat itu, pertandingan antara kedua tim paling banyak menarik penonton di liga domestik. Pertandingan antara kedua tim sering berakhir dengan kekerasan, yang menempatkan sepak bola Hungaria dalam kesulitan besar. Tawaran untuk menandatangani kontrak individu ditolak oleh kedua klub.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]