Jack Russell Terrier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jack russell terrier)
Jack Russell Terrier.

Jack Russell Terrier (JRT) adalah ras anjing yang memiliki kemampuan eksplorasi dan berburu yang tinggi.[1] Ras anjing ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan[2] oleh Parson John (Jack) Russel di Devonshire, Inggris.[1] Ketika Russel bersekolah di Oxford, dia meluangkan banyak waktu untuk berburu rubah.[1] Hal ini dilakukannnya dengan bantuan seekor terrier bernama Trump yang memiliki stamina prima, keberanian yang kuat, pintar, dan atletis.[1] Diperkirakan, Trump merupakan nenek moyang dari ras Jack Russell Terrier.[1]

Jack Russell Terrier banyak digemari pecinta anjing karena termasuk golongan anjing yang pintar, loyal, bersahabat dengan anak kecil, dan berenergi tinggi.[3] Namun, anjing ini dikenal agresif terhadap anjing lain ataupun hewan kecil, seperti hamster dan kucing.[3] Anjing ini memiliki tinggi sekitar 33–35 cm, dengan bulu berwarna dominan putih.[4] Ciri khas berupa lingkarang dengan warna hitam, coklat, atau kuning biasanya sering menghiasi bagian kepala dan ekor dari JRT.[4] Umumnya, ada dua macam tipe bulu pada JRT, yaitu halus (memiliki panjang 1-1.5 cm) dan kasar (kesat namun lebih padat), serta dapat pula terjadi campuran antara kedua macam bulu tersebut.[5] Bagian ekor dari anjing ini cenderung tegak ke atas dan berukuran pendek (sekitar 5 inci).[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)D. Caroline Coile. 2000. Jack Russell Terriers Complete Owner's Manual. Barrons's.
  2. ^ petbreeds (2022-09-02). "Everything You Should Know About Short Jack Russell Terrier – Pet Breeds". petbreeds.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-03. Diakses tanggal 2022-09-03. 
  3. ^ a b (Inggris)Therealjackrussell.com[pranala nonaktif permanen] The Jack Russell Terrier: A Working Dog. Diakses pada 13 Juli 2011.
  4. ^ a b (Inggris)Alan Broadstock, Karina Stevens, Maureen Broadstock. 2002. The Jack Russell Terrier: A Comprehensive Guide to Buying, Owning, and Training (Breed Basics). Willow Creek Press.
  5. ^ a b The Jack Russell Terrier Canine Companion Or Demon Dog. 2008. Don Rainwater, Kellie Rainwater. CreateSpace.