Sunan Wilis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sunan Wilis merupakan salah satu pejuang yang ikut serta menyebarkan agama Islam di Jawa, khususnya di Tuban.[1] Sunan Wilis yang bernama asli Andong Wilis atau sering disebut Mbah Andong Wilis ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. keberadaan beliau pun hanya diketahui melalui adanya makam di Dusun Kepoh, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang yang diyakini masyarakat sebagai makam Sunan Wilis.[2] Makam Sunan Wilis berbeda dengan makam para wali lainnya, makam Sunan Wilis sama seperti makam-makam kebanyakan.

Masyarakat sekitar memiliki cara tersendiri untuk mengenang jasa Sunan Wilis yaitu dengan mengadakannya acara Khaul. Khaul Sunan Wilis diadakan dengan cara sederhana, hanya beberapa warga desa dan tidak menggambarkan tata cara keagamaan yang rumit. acara Khaul Sunan Wilis diadakan setiap bulan Ba'da Mulud. Kamis, 22 Juni 2002, Acara dimulai pada pagi hari dengan diawali bacaan tahtimul qur'an bin nazor bertempat di makam Mbah Andong Wilis.[1] Acara mengaji dilaksanakan 10 meter dari makam, seluruh pezairah membacakan surah Al-fatihah dan lain sebagainya. Selanjutnya acara beralih pada pembacaan tahlil.

Makam Sunan Wilis tidak terlalu diperhatikan masyarakat, hal ini menyebabkan masyarakat Tuban tidak banyak yang berzairah ke sana. hanya masyarakat lokal, masyarakat desan yang jaraknya dekat dengan makam yang sering berairah ke makam Sunan Wilis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Syam, Nur (2005). Islam pesisir. PT LKiS Pelangi Aksara. ISBN 9789798451140. 
  2. ^ "Makam Sunan Andong Wilis Yang Masih Misteri". wiyonggoputih.blogspot.co.id. Diakses tanggal 2018-05-25.