Omar Abdala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Omar Abdalla adalah seorang eksekutif perbankan tergolong sukses dan terkenal di Indonesia. Ia berkarier menjadi bankir selama 30 tahun lamanya.[1]

Abdalla lahir di Tebingtinggi, Sumatera Utara pada tanggal 3 Juni 1926 dengan nama lengkap Omar Abdalla Siregar. Ia berasal dari keluarga besar, sebagai anak ke-3 dari 14 bersaudara. Pendidikan dasar diperoleh dari Sekolah Desa di kampung kelahirannya. Pada zaman pendudukan Jepang ia belajar di SMP Pertanian di Berastagi. Setelah Jepang menyerah, Abdalla melanjutkan studinya ke sekolah ketentaraan dan menjadi tentara dengan pangkat komandan seksi di Tebingtinggi sampai Aksi Militer Belanda I tahun 1947. Setelah itu ia meneruskan ke sekolah SMEA. Menjelang akhir tahun 1940-an Abdalla pindah ke Jakarta dan masuk ke universitas swasta pertama, Universitas Nasional lalu pindah ke Akademi Perniagaan sampai memperoleh gelar sarjana muda.

Untuk membiayai sekolahnya, Abdalla bekerja sebagai kepala pembukuan pada Bank Perniagaan Indonesia. Pada tahun 1953 kariernya menanjak sebagai pemegang Kuasa Hukum, dan pada tahun 1958 Abdalla diangkat menjadi salah seorang direkturnya, merangkap pemegang saham. Pada awal pemerintahan Oerde Baru, Abdalla dipindahkan ke Bank Dagang Negara, dan menjabat Direktur Utama hingga tahun 1977.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lumbantoruan, Magdalena; Suwartoyo, B (1992). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis & Manajemen. Jakarta: Cipta Adi Pustaka. hlm. 2.