Joseph L. French

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Joseph L. French adalah seorang tokoh di bidang psikologi pendidikan. Beliau memperoleh gelar BS (1949) dan MS (1950) dari Universitas Illinois di kota Normal, dan gelar Ed.D(1957) dibidang psikologi pendidikan dan pengukuran dari Universitas Nebraska. Beliau bergabung pada fakultas pendidikan khusus dan psikologi pendidikan di Universitas Pennsylvania pada tahun 1964. Pada tahun yang sama, beliau mengarang buku The Pictorial Test of Intelegence yang digunakan untuk mengakses tingkat intelektual umum dari siswa siswi yang normal dan yang berkelainan.

Joseph L.French sangat peduli dan perhatian kepada kondisi siswa-siswa yang yang berbakat dan kreatif. Beliau menerbitkan Educating The Gifted (1959) yang merupakan kumpulan artikel mengenai cara-cara mengidentifikasi dan memberikan pelayanan dalam bidang pendidikan bagi anak-anak yang berbakat dan kreatif. French peduli dengan siswa-siswi yang drop-out dari SMA tetapi memiliki kemampuan tinggi.Dan beliau mempelajari penyiapan guru-guru bagi anak-anak yang berbakat.

Joseph L.French giat menulis artikel mengenai intelegensi dan pengukurannya ( French & Murphy, 1985) dan menulis mengenai isu dalam psikologi sekolah ( French, 1984). French menjadi presiden Divisi Psikologi Seolah pada Asosiasi Psikologi Amerika ( 1975 - 1978). Menjadi presiden Asosiasi bagi Anak-anak Berbakat ( 1968-1971)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF. Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 176-177.