Zweihänder

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zweihänder
Zweihaender im historischen Museum Basel.JPG
Zweihänders with and without Parierhaken
Tipe Sword
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan ca. 1500-1550
Spesifikasi
Berat 2–3,2 kilogram (4,4–7,1 pon)
Panjang up to 213 sentimeter (6,99 ft)

Tipe pedang Double-edged, straight bladed
Tipe gagang Two-handed cruciform, with pommel

Zweihänder (pengucapan Jerman: [t͡svaɪhɛndɐ]) (Dalam Bahasa Jerman artinya "dua tangan") atau dikenal juga dengan nama Doppelhänder ("tangan dobel") atau Beidhänder ("kedua tangan") adalah pedang besar yang dipegang dua tangan, biasanya digunakan pada peperangan awal abad 16.

Pedang Zweihänder dikembangkan dari Longswords dari akhir Abad Pertengahandan menjadi senjata kebanggaandari German Landsknechte pada era Maximilian I (sekitar 1519) dan selama Perang Italia 1494–1559. Goliath Fechtbuch (1510) merupakan peralihan antara longsword dengan Zweihänder.

Pedang ini mewakili tahap akhir dari tren bertambahnya ukuran pedang yang sudah dimulai sejak abad 14. Dalam bentuk lanjutan, Zweihänder mendapatkan karakteristik mirip polearm dibanding pedang, karena ukuran dan beratnya sudah begitu besar, sehingga jangkauan dan kekuatan pukulnya bertambah. Akibatnya pedang ini terpaksa tidak bisa lagi ditenteng namun harus dipanggul di pundak, layaknya halberd.

Pada pertengahan kedua abad ke-16, pedang ini sudah tidak punya kegunaan praktis lagi, namun masih dipakai untuk kepentingan perayaan dan penanda kelas pada hingga abad 17. Beberapa zweihänder seremonial, disebut pedang hiasan atau pedang parade (paradeschwert) bahkan lebih besar lagi, hingga 4,5 kg.