Zott

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zott Logo

Zott merupakan perusahaan pabrik susu Eropa yang didirikan di kota Mertingen di Jerman pada tahun1926. Zott memproduksikan aneka ragam produk susu, termasuk susu dan keju, desert, cream dan yogurt. Lokasi induk produksi berada di Mertingen (negara bagian Bavaria). Lokasi produksi lain berada di kota Günzburg, Jerman dan di Polandia: Opole, Głogowo dekat kota Toruń dan Racibórz. Tempat produksi di negara Bosnia-Herzegovina (Gradačac) didirikan pada tahun 2013. Dengan hasil penjualan keseluruhan yang dikirakan sebanyak EUR 894 juta, produksi 951 juta kg dengan 2,120 pekerja pada tahun 2013, Zott merupakan salah satu perusahaan pabrik susu terbesar di Eropa dan telah menjadi penguasa pasar terkemuka di Polandia.

Zott internasional[sunting | sunting sumber]

Zott terwakili di lebih dari 75 negara di seluruh dunia, dan juga memiliki kantor perwakilan untuk pemasaran di republik Ceko, Slowakia, Hungari dan Singapura serta ada kantor perwakilan di Rusia.

Zott di Jerman[sunting | sunting sumber]

Lokasi induk produksi berada di Mertingen (negara bagian Bavaria), di mana diproduksi yogurt, desert dan mozzarella. Fasilitas produksi lain dari gabungan perusahaan Zott berada di Günzburg (Bavaria), di mana terutama diproduksi keju keras atau setengah keras, serta keju yang diproses dan berbagai jenis produk serbuk.

Zott di Polandia[sunting | sunting sumber]

Di Poland ada tiga lokasi produksi di Opole, Glogowo dan Raciborz. Zott Poland memproduksikan yogurt dengan buah, desert, minuman dan Twarog.

Zott di Bosnia-Herzegovina[sunting | sunting sumber]

Lokasi Produksi di Bosnia-Herzegovina di kota Gradačac, berspesialisasi produksi susu yang diolah dengan suhu sangat tinggi (UHT) serta produk alamiah dan minuman.

Unsur Kesinambungan dan Charity[sunting | sunting sumber]

Pembangkit tenaga listrik dan pemanasan yang memakai serpihan kayu[sunting | sunting sumber]

Tenaga pembangkit tenaga listrik dan pemanasan yang menyediakan energi untuk lokasi produksi di Mertingen (Jerman).

Plant-for-the-Planet - Tanaman-untuk-Planet Kita[sunting | sunting sumber]

Sejak Oktober 2012 Zott bersama organisasi pelajar "Plant-for-the-Planet" (didirikan tahun 2007) menyelenggarakan secara teratur "Zott Plant-for-the-Planet Academies". Melalui program itu anak sekolah diberi pelajaran dengan cara bermain-main tentang isu-isu yang berkaitan dengan iklim dan perlindungan alam.

Kids run for Kids - Anak-anak lari untuk anak-nak[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun ajaran 2009/2010 Zott menjadi sponsor program "Kids run for Kids" (moto: On the move to make a difference – Begerak demi perubahan ) dengan tujuan mengumpulkan dana untuk organisasi SOS Children's Villages di Jerman dan di seluruh dunia. Dengan dukungan program ini secara berkesinambungan, program ini dapat memasyarakatkan lebih langsung aspek-aspek pendidikan tentang makanan, latihan fisik serta kegiatan sosial.

GM-free – Tanpa manipulasi bahan genetik[sunting | sunting sumber]

"Tahu dari mana dan untuk apa" adalah dua unsur penting bagi pelanggan Jerman. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Forsa Institute atas permintaan Zott juga menunjukkan bahwa bagi 85% pelanggan Jerman sangat penting bahwa makanan diproduksi tanpa manipulasi bahan genetik. Hal itu juga sangat berperan bagi perusahaan Zott di Mertingen. Oleh karena itu merek bernama "Zottarella" dan "Bayerntaler" telah diubah dijadikan "guaranteed GM-free and import-feed-free" – pasti bebas manipulasi bahan genetik dan bebas bahan yang diimpor.

Zott quality milk with passion – Susu Zott bermutu dengan gairah[sunting | sunting sumber]

Program "Zott quality milk with passion" – Susu Zozz bermutu dengan gairah terutama dimaksud untuk semua perusahaan yang memproduksi produk untuk Zott. Melalzui program ini Zott dapat mengembangkan sebuah konsep yang dapat diterapkan secara internasional, a.l. di Polandia, republik Ceko dan Bosnia-Herzegovina pada tahun-tahun mendatang ini. Bersama perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk susu untuk Zott, Zott sedang mengembangkan berbagai cara pertanian baik untuk skala besar maupun untuk skala kecil yang disesuaikan dan berkesinambungan demi masa depan, dan direfleksi melalui berbagai komponen program bersangkutan.

Johanniter Christmas Trucker – Pengemudi Truk Natal Johanniter[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2010 para pekerja Zott berpartisipasi dalam inisiatif "Johanniter Christmas Trucker" – Pengemudi Truk Natal Johanniter untuk membawakan suasana Natal (dengan paket kejutan berisi mainan dsb.) kepada keluarga-keluarga yang kurang mampu di daerah Eropa Timur. Sejak tahun 2012 anak-anak taman kanak-kanak dan sekolah di Mertingen suka menggunakan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek Zott tersebut. Tiap tahun Zott mendukung inisiatif itu dengan cara menyediakan truk dan pengemudi khusus.

Merek[sunting | sunting sumber]

Monte[sunting | sunting sumber]

Monte telah menjadi nama merek terjkenal secara internasional. Monte dijual di lebih dari 40 negara. Monte adalah desert dengan komposisi dari cream susu, hazelnut dan coklat. Terdapat variasi produk Monte:

Original Double-compartment Plus 2Go
Monte Four-Pack Monte Butter Biscuits Monte plus Caramel-Sauce Monte Drink
Monte Six-Pack Monte Cappuccino Balls Monte plus Chocolate-Sauce Monte Snack
Monte Maxi Monte Crunchy Monte plus Cappuccino-Sauce
Monte Single Pot Monte Cherry

Sahne Joghurt – Cream yogurt[sunting | sunting sumber]

Zott Sahne Joghurt adalah cream yogurt yang terkenal di Jerman dan Austria. Sahne Joghurt ditawarkan dengan aneka ragam variasa dan rasa..

Zottarella[sunting | sunting sumber]

Zottarella juga bernama Mozzarella dari Zott. Dibuat dari susu yang terjamin bebas manipulasi bahan genetik dan bebas bahan yang diimpor. Zottarella ditawarkan dengan berbagai variase ukuran dan rasa.

Jogobella[sunting | sunting sumber]

Jogobella sangat terkenal dan telah menjadi merek Zott terkemuka du pasar yogurt Polandia.

Promosi[sunting | sunting sumber]

Dalam iklan televisi Zott muncul selebriti bintang film dan penyanyi terkenal Maxl Graf dan Roberto Blanco. Tahun 2010 perusahaan mengontrak penjaga gol Jerman René Adler dan saudaranya Rico umtuk beberapa iklan untuk merek "Monte". Dan tahun 2013 Zott mengganti pendukung merek "Monte". Sejak waktu itu juara dunia windsurfing Philip Köster bersama saudara perempuannya Kyra mempromosikan "Monte". Tahun 2013 Monte Cherry dan Monte Crunchy mulai dipasarkan di Polandia dengan iklan televisi yang memakai bintang Volleyball Bartosz Kurek,berarti untuk kedua kalinya Bartosz mempromosikan Zott Monte. Csaba Vastag, seorang bintang musik Hungari, menjadi duta merek Zott Monte di Hungaria sejak tahun 2013.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Secara berulangan Zott telah mendapat penghargaan dari berbagai lembaga independen karena mutu produk yan gtinggi, antara lain Bundesehrenpreis – Penghargaan kehormatan tingkat nasional dan PriMax serta medali emas, perak dan perunggu dari Asosiasi Pertanian Jerman (DLG).

  • 1986: Zott diberi penghargaan dari yayasan "Goldener Zuckerhut" (golden sugar loaf) untuk merek Sahne Joghurt.
  • 2010: Manajer senior Zott, Frieda Reiter (dilahirkan tahun 1930), diberi penghargaan menjadi warga kota kehormatan di Mertingen pada tanggal 18 September 2010. Perusahaan pabrik susu diberi nama Zott karena ayah mertua bernama Georg Zott.
  • 2012: Dengan kehadiran Menteri Federal Jerman untuk Pertanian Ilse Aigner, Zott menerima lisensi untuk memakai label "GM-free"untuk merek Zottarella dan Bayerntaler.[24]
  • 2013: 11 kali berurutan Zott menerima pernghargaan PriMax dari German Agricultural Society – Asosiasi Pertanian Jerman (DLG).
  • 2014: Untuk kelima kalinya Zott diberi penghargaan nasional dari Menteri Federal untuk Pangan dan Pertanian (BmEL).