Zheng Mao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tembok kayu cetakan Dinasti Qing menunjukkan Zheng Mao dengan Raja Cheng dari Chu.

Zheng Mao (Hanzi: 鄭瞀) merupakan istri utama Raja Cheng dari negara Chu selama Zaman Musim Semi dan Gugur Tiongkok kuno. Ia adalah salah satu dari 125 wanita yang biografinya termasuk di dalam Lienu Zhuan, yang ditulis oleh Liu Xiang.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Zheng Mao lahir dari wangsa Ying negara bagian Zheng, yang mengalami kemerosotan setelah kematian Adipati Zhuang dari Zheng. Ia dikirim dengan istri utama sebagai selir untuk Raja Cheng dari Chu (bertakhta 671–626 SM).[1]

Setelah ia tiba di istana Chu, raja mengunjungi tempat tinggal para wanita dan melihat bahwa ia tidak peduli dengan apapun yang ditawarkan kepadanya. Ia kemudian menjadikannya istri utamanya. Baik ia dan menteri utamanya memperingatkan agar tidak mengangkat putranya Shangchen sebagai putra mahkota. Setelah raja mengabaikan nasihat tersebut, Shangchen menyebabkan jatuhnya menteri tersebut. Setelah ini, Raja ingin menunjuk seorang putra yang lebih muda sebagai ahli waris, tetapi sekarang Zheng Mao menentang usul tersebut dengan memprediksikan perang sipil.[2]

Percaya sang raja menduga oposisinya terhadap Shangchen karena cemburu, ia bunuh diri. Tak lama kemudian, Shangchen melakukan kudeta dan memaksa Raja Cheng untuk bunuh diri. Shangchen kemudian naik takhta sebagai Raja Mu dari Chu.

Inklusi di Lienü zhuan[sunting | sunting sumber]

Sarjana Dinasti Han Liu Xiang menyertakan biografinya di dalam Lienu Zhuan. Biografi Zheng Mao adalah bagian dari Gulungan 5, berjudul Prinsip dan Kebenaran (節義傳).

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi karya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]