Zamanbek Nurkadilov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangZamanbek Nurkadilov
Biografi
Kelahiran15 Januari 1944
Raiymbek District
Kematian12 November 2005 (61 tahun)
Almatı
Tempat pemakamanPanteon Nacional Galat: Kedua parameter tahun harus terisi!
Kensai Cemetery Galat: Kedua parameter tahun harus terisi!
Minister of Emergency Situations
2001 – 13 Maret 2004
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus

Zamanbek Nurkadilov adalah seorang politikus Kazakh yang menjabat sebagai kepala Almaty di Kazakhstan dan Menteri Situasi Darurat di pemerintahan Nazarbayev. Setelah ia mulai mengkritik keras Presiden Nursultan Nazarbayev pada Maret 2004, Radio Free Europe menyatakan ia menjadi korban pembunuhan setelah seseorang menembaknya dua kali di dada dan sekali di kepala pada 11 November 2005 tepat tiga minggu sebelum pemilihan presiden, namun pemerintah Kazakhstan memutuskan kematiannya sebagai bunuh diri.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lahir dari keluarga Muslim di desa Kegen di Wilayah Almaty di perbatasan dengan Cina. Dia pindah ke Alma-Ata pada tahun 1961 untuk belajar di Fakultas Teknik Sipil Institut Politeknik Kazakh. Setelah lulus, ia bekerja selama hampir 20 tahun di organisasi konstruksi kota dan regional. Pada akhir 1970-an, Nurkadilov menjadi kepala Kazselezashchita, kemudian departemen Glavalmaatastroy, dan pada November 1985, ketua Komite Eksekutif Kota Almaty.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kazakhstan: Foreign Minister Seeks EU Energy Links". RadioFreeEurope/RadioLiberty (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-25.