Zaibun Nissa Hamidullah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Zaibun Nissa Hamidullah (lahir pada tanggal 25 Desember 1921 dan telah meninggal tanggal 10 September 2000). Ia merupakan seorang penulis Bengali Pakistan yang kerap kali aktif menulis di beberapa koran dan ia juga merupakan seorang jurnalis. Ia merupakan pionir dalam karya sastra Pakistan dan jurnalisme di Inggris, serta menjadi pionir feminisme di Pakistan. Zaibunnissa adalah kolumnis perempuan pertama dalam bahasa Inggris, seorang editor, penerbit, serta komentator politik.Hingga namanya diabdikan menjadi salah satu nama jalan di Karachi, Zaibunnisa Street.

Sebelum kemerdekaan India tahun 1947, ia menulis untuk beberapa koran di India. Ia merupakan seorang perempuan Muslim (Muslimah) pertama yang memiliki kolom di koran India. Kolomnya di koran Dawn menjadikan ia seorang komentator politik perempuan di Pakistan sesudah kemerdekaan di India. Setelah ia merasa perjalanannya di koran Dawn telah selesai, ia lalu menjadi pendiri dan editor penerbit the Mirror, yang merupakan sebuah majalah sosial pertama yang terkenal di Asia Selatan. Denga menyandang status sebagai editor pertama perempuan, ia merupakan perempuan pertama yang terlibat dalam delegasi yang dikirim ke luar negeri. Pada tahun 1951, ia berkesempatan untuk menjadi delegai, dan ia adalah perempuan pertama yang berbicara di Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yukesti, Tetty,. 51 perempuan pencerah dunia (edisi ke-Terbitan pertama). Jakarta. ISBN 9786020268934. OCLC 940482207.