Zaenal Arifin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Zaenal Arifin
Lahir 5 Mei 1935
Bendera Belanda Surakarta, Jawa Tengah, Hindia Belanda
Meninggal 31 Maret 2002 (umur 66)
Bendera Indonesia Jakarta
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan Musisi
Dikenal karena - Pendiri grup musik Zaenal Combo
- Merajai dunia musik Indonesia dasawarsa 60-an
Agama Islam

Zaenal Arifin (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 5 Mei 1935 – meninggal di Jakarta, 31 Maret 2002 pada umur 66 tahun) adalah seorang musisi Indonesia yang mendirikan grup band Zaenal Combo setelah bubarnya Orkes Teruna Ria yang didirikannya bersama Oslan Husein dan Mus DS pada tahun 1957.

Bersama beberapa orang musisi lainnya yang tergabung dalam Indonesia All Stars, seperti Bill Saragih, Maryono, Sadikin Zuchra, Paul Hutabarat, Didi Pattirani beserta penyanyi Ponto dan Ivo Nilakreshna, Zaenal Arifin pernah tampil di acara Floating Fair di Tokyo, Jepang pada tahun 1959. Sepulangnya dari Jepang, Zaenal mendirikan Zaenal Combo dan berhasil mendapatkan sambutan yang luas dari masyarakat Indonesia.

Sepanjang dasawarsa 60-an warna musik Zaenal Combo merajai dunia musik Indonesia. Hampir semua penyanyi terkenal pada masa itu, seperti penyanyi lagu Minang, Elly Kasim, penyanyi pop Indonesia, Lilis Suryani, Ernie Djohan, Alfian, duet Tuty Subardjo/Onny Suryono, Patti Sisters, Tetty Kadi, Anna Mathovani, Emilia Contessa, Aida Mustafa, Titi Qadarsih, Angel Paff, Lily Marlene, serta sejumlah penyanyi lagu daerah, seperti Fenty Effendi (Sunda), Nurseha, Eva Hasan, Yan Bastian, Irni Yusnita (Minang), Ida Anastya (Bengkulu) dan lainnya, selalu diiringi oleh musik dari band Zaenal Combo.

Beberapa lagu pop Indonesia yang terkenal pada masa itu yang diiringi oleh musik Zaenal Combo, antara lain "Teluk Bayur" (Ernie Djohan), "Senja di Kaimana", "Semalam di Cianjur", "Sebiduk di Sungai Musi" (Alfian), serta "Teringat Selalu", "Pulau Seribu" (Tetty Kadi) dan banyak lagi lagu lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Zaenal Combo" Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta. Diakses 26/4/2014.