ZARD

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

ZARD
Asal Bendera Jepang Jepang
Genre J-Pop
Rock
Tahun aktif 1991 - sekarang
Label B-Gram Records
Situs web wezard.net
Anggota Izumi Sakai
Mantan anggota Fumihito Machida
Hiroyasu Hoshi
Kōsuke Michikura
Kimitaka Ikezawa

ZARD (ザード) adalah grup musik J-Pop yang menampilkan penyanyi dan pencipta lagu Izumi Sakai. Istilah Zard sering dipakai untuk menyebut Izumi Sakai, satu-satunya anggota tetap Zard hingga meninggal dunia pada 27 Mei 2007.

Lagu-lagu Zard yang paling dikenal publik, misalnya: "Makenaide", "Yureru Omoi", dan "My Friend". Zard (Izumi Sakai) adalah penyanyi wanita yang menghindari penampilan di depan publik, dan hanya pernah sekali melakukan tur keliling, "What a beautiful moment tour" (2004).

Anggota[sunting | sunting sumber]

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

(Tidak secara resmi mengundurkan diri)

Machida, Michikura, dan Ikezawa mengundurkan diri setelah dirilisnya singel "Makenaide", sedangkan Hiroyasu Hoshi mengundurkan diri setelah "In my arms tonight".

Karier[sunting | sunting sumber]

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Ketika ditemukan seorang pencari bakat, Izumi Sakai adalah seorang fotomodel yang nama aslinya Sachiko Kamachi. Ia dipilih untuk menyanyikan "Good-bye My Loneliness" (1991) yang digunakan sebagai lagu tema serial drama Kekkon no risō to genjitsu. Lagu tersebut ditulis Tetsurō Oda sedangkan liriknya ditulis sendiri oleh Izumi Sakai. Pada awalnya, Zard dimaksudkan sebagai proyek solo Izumi Sakai, dan keberadaan band pengiring belum disebut-sebut. Dalam pembuatan singel dan albumnya, Sakai dibantu produser Daikoh Nagato. Baru sejak album Mou Sagasanai, nama keempat anggota band pengiring ditulis pada sampul album.

Warna musik Zard mengalami perubahan besar-besaran sejak singel ke-4, "Nemurenai Yoru wo Daite", dari irama rock menjadi pop, dan citra yang suram ditinggalkan. Hasilnya, singel ke-4 Zard laku sebanyak 440 ribu keping.

Puncak kepopuleran[sunting | sunting sumber]

Singel ke-6, "Makenaide" (1993) menduduki urutan no. 1 tangga lagu Oricon, dan mencatat penjualan di atas satu juta keping. Kesuksesan singel "Makenaide" diikuti tiga bulan kemudian oleh singel "Yureru Omoi" yang laku di atas 1 juta keping. Album Yureru Omoi yang di dalamnya terdapat singel "Makenaide" dan "Yureru Omoi" juga mencatat penjualan di atas 1 juta keping. Zard terus bertahan di urutan no. 1 tangga album Oricon selama tahun 1993, sekaligus salah satu artis paling laku di Jepang pada tahun 1993.

Singel "My Friend" (8 Januari 1996) menjadi singel ke-3 Zard yang laku di atas 1 juta keping, dilanjutkan dengan singel hit "Kokoro wo Hiraite" di bulan Mei tahun yang sama. Pada tahun 1997, penjualan singel Zard "Kaze ga Tōrinukeru Machi e" dan "Eien" mulai mengalami penurunan.

Tahun 1999 merupakan puncak kepopuleran Zard. Angka penjualan singel dan album kembali pulih setelah Zard secara berturut-turut mengeluarkan singel "Mind games", "Sekai wa Kitto Mirai no Naka", dan "Itaikurai Kimi ga Afureteiruyo". Selain itu, Zard mengeluarkan dua album kompilasi, Zard Best The Single Collection -Kiseki- dan Zard Best -Request Memorial-. Pertunjukan Zard diadakan di atas kapal pesiar bagi pembeli album kompilasi yang memenangkan undian.

Setelah merilis album Toki no Tsubasa di bulan Februari 2001, Izumi Sakai jatuh sakit, dan Zard beristirahat selama setahun. Zard kembali ke dunia musik, bulan Mei 2002 dengan singel "Sawayaka na Kimi no Kimochi".

2003-27 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Zard merilis 3 singel berturut-turut, "Ashita wo Yumemite", "Hitomi Tojite", dan "Motto Chikaku de Kimi no Yokogao Miteitai". Ketiga singel tersebut disusul album Tomatteita Tokei ga Ima Ugokidashita (28 Januari 2004).

Singel yang dirilis April 2005, "Hoshi no Kagayaki yo/ Natsu wo matsu Sail no You ni" sampai di urutan ke-2 tangga singel Oricon, sekaligus singel pertama Zard di tangga singel Oricon setelah absen selama 6 tahun. Album konser What a beautiful moment yang dirilis dalam bentuk DVD (Juni 2005) laku di atas 100 ribu keping, dan langsung diikuti album studio Kimi to no Distance, September 2005.

Zard merilis 2 singel berturut-turut pada bulan Maret dan Mei 2006, "Kanashii Hodou Anata ga Suki/ Karatto Ikou!" dan "Heart ni Hi wo Tsukete". Kedua singel tersebut masuk ke dalam menduduki Top 10 Oricon, sekaligus mencatat Zard sebagai grup musik kedua yang lagunya pernah memasuki tangga lagu Oricon Top 10 sebanyak 40 kali. Bulan Oktober 2006, Zard merilis album kompilasi berisi 27 lagu yang dimaksudkan sebagai peringatan 15 tahun Zard, Golden Best -15th Anniversary-, dan DVD Zard Le Portfolio 1991-2006 yang berisi kompilasi klip video sepanjang 15 tahun karier Zard.

Di tengah rencana merilis album baru dan pertunjukan keliling di musim gugur 2007, Sakai Izumi menjalani operasi kanker serviks pada Juni 2006. Sejak bulan April 2007, Sakai berulang kali masuk rumah sakit akibat kanker yang menjalar ke paru-paru. Ketika sedang dirawat, 27 Mei 2007, Izumi Sakai, 40 tahun, meninggal dunia akibat terjatuh di Rumah Sakit Universitas Keio.

Personil dan musisi pendukung[sunting | sunting sumber]

Walaupun dimulai sebagai proyek solo Sakai Izumi, personel Zard seperti Machida Fumihito, Hoshi Hiroyasu, Michikura Kōsuke, dan Ikezawa Kimitaka mulai disebut-sebut sejak album kedua, (Mou Sagasanai) dan ketiga, (Hold Me). Dalam buklet yang menyertai album kedua, foto hitam putih personel Zard ikut dipasang namun wajah mereka tidak terlalu jelas.

Sewaktu tampil di televisi membawakan singel ke-5, "In My Arms Tonight", pemain gitar bass, Hoshi Hiroyasu sudah tidak kelihatan lagi. Machida (gitar) dan Ikezawa (drum) diperkirakan keluar sesudah dirilisnya singel Makenaide. Personil Zard memang selalu diliputi ketidakjelasan, dan akhirnya hanya tinggal Sakai Izumi saja yang tersisa. Pada sampul album Today is Another Day (1996) ditulis musisi pendukung seperti Takeshi Hayama dan Takashi Masuzaki (gitar), Masao Akashi (bass), Akira Onozuka dan Daisuke Ikeda (kibor), dan Kazuki Katsuta (saksofon).

Dalam pamflet yang menyertai pertunjukan keliling tahun 2004 dijelaskan bahwa Zard adalah "grup yang berintikan Izumi Sakai".

Daftar album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]