Yowakutemo Katemasu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yowakutemo Katemasu
Yowakutemokatemasu.png
Poster drama Yowakutemo Katemasu
Nama lain Can Win Even If Weak (Dapat Menang Meskipun Lemah)
Even If We're Weak, We Can Win! (Meskipun Kita Lemah, Kita Dapat Menang!)
Aoshi-sensei to Heppoko Koukou Kyuuji no Yabou (青志先生とへっぽこ高校球児の野望 Ambisi Aoshi-sensei dan Tim Baseball SMA yang Lemah?)
Genre Sekolah, Olahraga, Persahabatan, Drama
Berdasarkan Novel Yowakutemo Katemasu - Kaisei Academy Yakyuubu no Theory oleh Hidemine Takahashi
Penulis Yutaka Kuramochi
Sutradara Shintaro Sugawa, Kenji Ikeda, Hiroto Akashi
Pemeran Kazunari Ninomiya
Sota Fukushi
Kasumi Arimura
Yuto Nakajima
Komposer lagu tema Akira Inoue
Lagu penutup Guts! oleh Arashi
Negara Jepang
Bahasa Bahasa Jepang
Jumlah musim 1
Jumlah episode 11
Produksi
Produser eksekutif Kyo Ito
Produser Hidehiro Kawano, Hiroko Okura
Lokasi Jepang
Siaran
Stasiun televisi NTV
Siaran sejak 12 April 2014 (2014-04-12)  21 Juni 2014 (2014-06-21)
Kronologi
Diawali oleh Senryokugai Sosakan
Dilanjutkan oleh Kindaichi Shounen no Jikenbo Neo
Pranala luar
Situs resmi

"Yowakutemo Katemasu ~Aoshi-sensei to Heppoko Koukou Kyuuji no Yabou~" (弱くても勝てます ~青志先生とへっぽこ高校球児の野望~ Dapat Menang Meskipun Lemah ~Ambisi Aoshi-sensei dan Tim Baseball SMA yang Lemah~?) adalah sebuah drama Jepang yang ditayangkan di NTV pada tahun 2014. Drama ini merupakan adaptasi dari novel Yowakutemo Katemasu - Kaisei Academy Yakyuubu no Theory karangan Hidemine Takahashi dan dibintangi oleh Kazunari Ninomiya dari boyband Arashi, Sota Fukushi, Kasumi Arimura, Yuto Nakajima, Kento Yamazaki, Kanata Hongo, dan masih banyak lagi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aoshi Tamo (Kazunari Ninomiya) adalah seorang murid di sekolah Jotoku, sebuah sekolah yang berjurusan ke Toudai, oleh karena itu sekolah Jotoku fokus dalam belajar dan hanya memiliki waktu sedikit untuk kegiatan klub. Aoshi merupakan anggota dari klub baseball. Sayangnya, klub baseball Jotoku memang sudah terkenal lemah karena waktu latihan yang sedikit. Selama Aoshi berada di klub baseball, Aoshi yang merupakan seorang catcher tidak pernah sekalipun berhasil menangkap bola yang dilempar oleh sang pitcher. Hingga pada saat Aoshi memasuki tahun kedua, klub baseball Jotoku bertanding melawan klub baseball Dougaku yang dikenal kuat. Jotoku kalah telak dengan mendapat skor 0. Salah seorang pemain Dougaku berkata pada Aoshi bahwa Aoshi tidak seharusnya berada disini, hal itu membuat Aoshi frustasi dan memutuskan untuk keluar dari klub baseball yang sangat digemarinya.

Setahun kemudian, Aoshi berhasil lulus dari Jotoku dengan nilai yang sangat memuaskan dan masuk ke Toudai. Setelah lulus dari Toudai, Aoshi menjadi professor dalam suatu laboratorium. Pada suatu hari, salah seorang bawahannya terkena kasus plagiat dan laboratorium Aoshi terpaksa harus ditutup selama setahun. Aoshi yang tidak memiliki pekerjaan, diundang menjadi guru di Jotoku oleh kepala sekolah Jotoku yang dulunya merupakan pelatih tim baseball Aoshi. Aoshi pun menerima tawaran tersebut.

13 tahun berlalu sejak kelulusan Aoshi dari Jotoku. Kini Aoshi berada disana sebagai guru, bukan lagi sebagai murid. Ketika memasuki Jotoku, Aoshi melihat klub baseball Jotoku yang sedang berlatih. Jumlah mereka hanya 6 anak, tidak memenuhi kriteria untuk sebuah tim baseball yang harus beranggotakan sekurang-kurangnya 9 orang. Tidak berbeda dengan senior-senior mereka dulu, tim baseball kali ini juga sangat lemah. Hanya seorang anggota bernama Tsuyoshi Shirao (Yuto Nakajima) yang berbakat dalam baseball.

Pada awalnya, Aoshi tampak tidak tertarik dengan klub baseball, namun lama kelamaan disebabkan oleh berbagai faktor, Aoshi pun memutuskan untuk membantu tim baseball mencari 3 orang lagi agar tim baseball dapat mengikuti perlombaan. Pertama, Aoshi dan anggota klub baseball lain pergi ke klub musik dan melihat Junichi Kamezawa (Kanata Hongo) sedang memainkan peran dirigen sendirian di ruang musik. Junichi memiliki sifat yang selalu ingin menjadi pusat perhatian semua orang, namun sayangnya ia hanya menjadi pemain trumpet dalam klub musik. Setelah berbagai rayuan dari Aoshi, Junichi pun bergabung dengan klub baseball. Kedua, mereka pergi ke klub marathon dan menemui Kei Okatome (Shotaro Mamiya). Setelah berlomba lari dengan Shirao dan mendengar bujukan dari Aoshi, Okatome pun bergabung dengan klub baseball.

Untuk anggota ketiga, Yuzu Tarumi (Kasumi Arimura), manajer dari klub baseball mengatakan bahwa Aoshi tidak perlu mencarinya, karena sebenarnya klub baseball memiliki 7 anggota. Hanya saja anggota ketujuh, Kimiyasu Akaiwa (Sota Fukushi) yang merupakan seorang pitcher keluar dari klub karena menganggap dirinya lah penyebab dari kalahnya tim mereka. Tidak hanya itu saja, Akaiwa juga kabur dari rumahnya disebabkan oleh beberapa hal. Namun, untuk menggantikan Akaiwa sementara, Tarumi menyuruh seorang stalker-nya, Eisuke Shikara (Dori Sakurada) untuk bergabung dengan klub baseball.

Mengetahui keadaan Akaiwa yang sama sepertinya dulu, Aoshi pun berusaha untuk membuat Akaiwa kembali ke dalam klub. Aoshi menyuruh Akaiwa untuk melempar bola kepadanya dan ia akan menangkapnya, dalam kata lain Akaiwa sebagai pitcher dan Aoshi sebagai catcher. Akaiwa yang mengetahui bahwa Aoshi tidak pernah berhasil menangkap bola pun meragukan Aoshi, namun Akaiwa tetap melempar bola itu dan hasilnya sungguh tidak terduga, Aoshi berhasil menangkap bola itu. Bagi Aoshi, itu adalah tangkapan pertamanya dan bagi Akaiwa mungkin itu adalah lemparan pertamanya yang berhasil ditangkap oleh catcher. Namun Akaiwa tetap bersikeras tidak akan kembali ke klub baseball.

Hingga pada saat pertandingan dimulai, tiba-tiba saja Akaiwa datang dan kembali ke tim. Namun, tidak ada yang berubah, Jotoku tetap kalah telak seperti biasa. Namun, mulai dari pertandingan itu Aoshi memutuskan untuk menjadi pelatih dari tim baseball Jotoku dan berambisi untuk membawa tim baseball Jotoku ke puncak dengan prinsip: 'Meskipun mereka lemah, mereka dapat menang.' Mereka tidak akan menjadi kuat untuk menang, namun mereka akan menang dengan tetap menjadi lemah.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Kazunari Ninomiya sebagai Aoshi Tamo[sunting | sunting sumber]

Peran utama dalam drama ini dibintangi oleh member boyband Jepang Arashi, Kazunari Ninomiya. Nino memerankan peran seorang pelatih baseball bernama Aoshi Tamo yang berusaha membawa kemenangan kepada tim baseball sekolah mereka yang lemah. Aoshi memiliki sifat yang tegas dalam berbicara maupun mengambil keputusan dan tidak segan-segan untuk mengeluarkan isi hatinya yang terkadang menyinggung orang lain.

Kumiko Aso sebagai Riko Tone[sunting | sunting sumber]

Kumiko Aso berperan sebagai Riko Tone. Seorang reporter yang menulis kisah tim baseball Jotoku yang memiliki prinsip, 'meskipun lemah, mereka dapat menang'. Kumiko merupakan salah satu pendukung setia tim baseball Jotoku.

Sota Fukushi sebagai Kimiyasu Akaiwa[sunting | sunting sumber]

Aktor Sota Fukushi berperan sebagai Kimiyasu Akaiwa. Anak yang berasal dari keluarga kaya dan sempurna dalam pelajaran namun lemah dalam baseball, sama seperti Aoshi dulu. Kimiyasu terlibat cinta segitiga dengan Tarumi dan Shirao, di mana Kimiyasu dan Shirao menyukai Tarumi sedangkan Tarumi menyukai Kimiyasu. Namun, Kimiyasu tidak pernah berani mengungkapkan perasaanya pada Tarumi.

Kasumi Arimura sebagai Yuzu Tarumi[sunting | sunting sumber]

Aktris Kasumi Arimura berperan sebagai Yuzu Tarumi. Manajer klub baseball yang cantik dan memiliki setumpuk penggemar dan stalker. Tarumi merupakan teman masa kecil dari Akaiwa dan sudah menyukai Akaiwa sejak dulu, namun Akaiwa berpura-pura seakan-akan ia tidak menyukai Tarumi. Selain itu, Tarumi dan Aoshi sudah saling mengenal sejak kecil, bahkan sejak ayah Tarumi meninggal, Aoshi lah yang menggantikan peran ayah Tarumi untuk bermain catch ball bersama Tarumi, meskipun saat itu Aoshi sudah berhenti dari baseball.

Yuto Nakajima sebagai Tsuyoshi Shirao[sunting | sunting sumber]

Yuto Nakajima junior dari Kazunari Ninomiya sekaligus anggota dari boyband Jepang Hey! Say! JUMP berperan sebagai Tsuyoshi Shirao. Satu-satunya anggota klub baseball yang berbakat. Sebenarnya, Shirao mendapat tawaran untuk masuk Dougaku yang memiliki tim baseball kuat namun Shirao memilih untuk masuk dalam Jotoku karena ia menyukai Tarumi.

Kento Yamazaki sebagai Mitsuteru Ebato[sunting | sunting sumber]

Aktor Kento Yamazaki berperan sebagai Mitsuteru Ebato. Kapten dari tim baseball Jotoku. Meskipun Ebato adalah kapten, Ebato tidak memiliki sifat sedikit pun yang menunjukkan ia adalah kapten. Ia selalu tampak ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan lemah. Saat SMP dulu, Ebato pernah dibully oleh Okatome sehingga ia selalu ketakutan terhadap Okatome.

Kanata Hongo sebagai Junichi Kamezawa[sunting | sunting sumber]

Kanata Hongo berperan sebagai Junichi Kamezawa. Seorang lelaki yang lahir dengan sifat selalu ingin menjadi pusat perhatian orang, setelah berbagai rayuan dari Aoshi, Kamezawa memutuskan untuk memasuki klub baseball. Kamezawa berasal dari keluarga yang sangat miskin sehingga ia harus bangun pagi untuk bekerja setiap harinya. Selain itu, ia juga harus membagi waktunya antara belajar, kegiatan klub, bekerja dan beristirahat sehingga Kamezawa sering kelelahan dan jatuh pingsan.

Shotaro Mamiya sebagai Kei Okatome[sunting | sunting sumber]

Shotaro Mamiya berperan sebagai Kei Okatome. Pelari tercepat dalam klub baseball yang merupakan pindahan dari klub marathon setelah dibujuk oleh Aoshi. Pada saat SMP duku, Okatome pernah membuli Ebato sehingga Ebato sering ketakutan kepadanya dan membuat latihan menjadi kacau. Okatome pun sudah menunjukkan permintaan maafnya melalui berbagai cara, seperti selalu memihak pada pendapat Ebato yang justru membuat Ebato semakin merasa tidak nyaman.

Dori Sakurada sebagai Eisuke Shikara[sunting | sunting sumber]

Dori Sakurada berperan sebagai Eisuke Shikara. Penggemar berat dan stalker Tarumi. Shikara memasuki klub baseball setelah diperintah oleh Tarumi. Namun, lama-kelamaan Shikara benar-benar menyukai baseball dan berterima kasih pada Tarumi karena telah memasukannya ke dalam klub baseball.

Katsuhiro Suzuki sebagai Masami Kashiyama[sunting | sunting sumber]

Katsuhiro Suzuki berperan sebagai Masami Kashiyama. Anggota dari klub baseball yang memiliki jadwal yang selalu membuat jadwal untuk kegiatan sehari-harinya dan tidak memiliki waktu luang, ditambah lagi Kashiyama memiliki seorang kekasih yang selalu minta perhatian dari Kashiyama.

Shuntaro Yanagi sebagai Natsuhiko Ushimaru[sunting | sunting sumber]

Shuntaro Yanagi berperan sebagai Natsuhiko Yanagi. Lelaki bermata sipit yang merupakan anggota dari klub baseball. Ushimaru sering berada di atap sekolah dan melihat pemandangan halaman sekolah. Ushimaru menyukai Riko sejak pertama kali ia melihat Riko dari atap sekolah.

Takuma Hiraoka sebagai Yuta Mitsuyasu[sunting | sunting sumber]

Takuma Hiraoka berperan sebagai Yuta Mitsuyasu. Mitsuyasu memiliki seorang kakak yang bersekolah di Dougaku dan sangat pandai dalam baseball, bahkan kakaknya lah yang mengajarinya untuk bermain baseball. Namun, kedua orang tua mereka telah bercerai dan kakaknya bersama dengan ayahnya sedangkan ia bersama dengan ibunya.

Shintaro Akutsu sebagai Hideto Iseda[sunting | sunting sumber]

Shintaro Akutsu berperan sebagai Hideto Iseda. Teman dekat dari Mitsuyasu yang pernah berjanji untuk melindungu Mistsuyasu jika sampai anggota lain marah pada Mitsuyasu karena Mitsuyasu memiliki kakak yang berada di tim baseball Dougaku.

Yoshiyoshi Arakawa sebagai Nobuki Masumoto[sunting | sunting sumber]

Yoshiyoshi Arakawa berperan sebagai Nobuki Masumoto. Pelatih lama tim baseball Jotoku. Setelah Aoshi mengklaim dirinya sebagai pelatih, Masumoto menjadi direktur dari tim baseball yang tidak memiliki peran penting. Masumoto sering melakukan hal yang kurang berguna dan menyimpan uang klub untuk dirinya sendiri.

Takashi Sasano sebagai Mitsushige Sanjo[sunting | sunting sumber]

Takashi Sasano berperan sebagai Mistushige Sanjo. Kepala sekolah Jotoku yang dulunya merupakan pelatih tim baseball Aoshi. Sanjo adalah orang yang mengundang Aoshi untuk bergabung dengan Jotoku dan mendukung Aoshi untuk menjadi pelatih tim baseball.

Ebizo Ichikawa sebagai Kentaro Yachida[sunting | sunting sumber]

Ebizo Ichikawa berperan sebagai Kentaro Yachida. Seorang pemain baseball professional yang dulunya merupakan penyebab Aoshi keluar dari klub baseball. Yachida kembali ke Dougaku setelah tangan kanannya cedera dan kembali bertemu dengan Aoshi, sehingga Aoshi sangat berambisi mengalahkan Dougaku.

Kazuhisa Kawahara sebagai Naosuke Mine[sunting | sunting sumber]

Kazuhisa Kawahara berperan sebagai Kazuhisa Kawahara. Pelatih dari tim baseball Dougaku yang memiliki watak sangat keras. Ia memberikan latihan yang sangat berat pada murid-muridnya yang dianggap tidak normal oleh Aoshi.

Hiroko Yakushimaru sebagai Kaede Tarumi[sunting | sunting sumber]

Hiroko Yakushimaru berperan sebagai Kaede Tarumi. Ibu dari Yuzu Tarumi sekaligus pelatih khusus tim baseball Takemiya, musuh dari Jotoku. Kaede merupakan pemiliki restoran kare langganan tim baseball Jotoku sejak jama dahulu, sehingga Kaede sangat dekat dengan Aoshi dan mendukung Aoshi untuk kembali bermain baseball.

Kredit Produksi[sunting | sunting sumber]

  • Penulis asli: Hidemine Takahashi
  • Penulis naskah: Yutaka Kuramochi
  • Kepala produser: Kyo Ito
  • Produser: Hidehiro Kawano, Hiroko Okura
  • Sutradara: Shintaro Sugawara, Kenji Ikeda, Hiroto Akashi
  • Musik: Akira Inoue

Informasi Episode[sunting | sunting sumber]

Episode Rating
(Kanto)
01 13,4
02 11,7
03 9,4
04 7,6
05 11,9
06 10,4
07 9,9
08 8,5
09 7,4
10 8,4
11 8,9
Rata-rata 9,9%

Sumber: Video Research, Ltd.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]