Yellowcard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yellowcard
Asal Jacksonville, Florida, United States
Genre Alternative rock
Pop punk
Punk rock
Melodic hardcore/Hardcore punk (early years)
Tahun aktif 1997–2008
2010–2017
Label DIY (1997, 2000)
Takeover (1998–1999)
Lobster (2001)
Fueled By Ramen (2002)
Capitol (2003–2008)
Hopeless (2010–present)
Artis terkait Reeve Oliver, Craig's Brother, Big If, Inspection 12
Situs web yellowcardrock.com
Anggota Ryan Key
Sean Mackin
Ryan Mendez
Longineu W. Parsons III
Sean O'Donnell
Mantan anggota Ben Dobson
Todd Clarry
Warren Cooke
Alex Lewis
Ben Harper
Peter Mosely

Yellowcard adalah grup band pop punk dan alternative rock yang dibentuk di Jacksonville, Florida pada tahun 1997 dan berbasis di Los Angeles, California sejak tahun 2000.

Setelah berganti-ganti anggota, akhirnya band ini terdiri dari formasi sebagai berikut, Sean Mackin (biola, vokal), Longineu W. Parsons III (drums, percussion), Ryan Key (lead vocal, gitar), Ryan Mendez (gitar) dan Sean O'Donnell (bass, vocal)

Yellowcard terbentuk di Jacksonville, Florida pada tahun 1997. Band ini merilis album pertamanya MIDGET TOSSING di tahun yang sama mereka terbentuk. Awalnya band ini beranggotakan Ben Dobson (vokal), Todd Clary (gitar), Daniel Soans (biola), Ben Harper (gitar) dan Longineu W. Parsons III sebagai drummer. ("LP"). Sementara itu, walaupun Sean Mackin seringkali ikut tampil, namun dia belum menjadi anggota karena dia masih belum bisa sepaham dengan band tersebut.

Sejak kesuksesan album pertama mereka, mereka oun terus produktif memproduksi album. Album kedua mereka WHERE WE STAND, kemudian berhasil dirilis pada tahun 1999. Sejak saat itu, satu persatu karya mereka beredar di pasaran. Hingga saat ini, mereka telah berhasil merilis tujuh album. Album terakhir mereka berjudul WHEN YOU'RE THROUGH THINKING, SAY YES dirilis tahun 2011.

Pada nggak nyangka kalau Yellowcard adalah nama sebuah band, bukan kartu kuning yang dikantongi wasit buat pemain yang melakukan pelanggaran di sepak bola. Band asal Amerika Serikat ini ternyata sangat populer di Indonesia.

Yellowcard sempat mampir di Indonesia tahun 2011 di Jakarta. Hampir semua lagu ketika mereka konser, penonton nya pada ngikut nyanyi. Apalagi dengan single hits mereka yang sangat terkenal seperti Only One, Light and Sound, Ocean Avenue, Sing For Me, dan Be The Young. Tidak hanya sekali, pada bulan desember 2014 kemarin Yellowcard kembali konser lagi di Indonesia. Lagi-lagi di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Sebenarnya pada saat itu mereka akan konser 2 tempat sekaligus, namun rencana menggelar konser di Summarecon Mal Bekasi gagal.

Ciri khas band yang bergenre pop-rock ini adalah dengan adanya gesekan biola Sean Mackin yang menambah musikalitas Yellowcard lebih berwarna. Lagu-lagu mereka cenderung ke lagu romantis, sebut saja band ini adalah rockmantic. Namun tak sedikit juga lagu-lagu sedih, damai dan lagu semangat pun juga ada. Ya, namanya juga band alternatif.

Mungkin para pembaca disini udah banyak yang tahu tentang band ini, di radio, tv, dan banyak sekali media membahas tentang band yang beranggotakan Ryan Key, Ryan Mendez, John Postman dan Sean Mackin.

Band ini sebenarnya cukup tua, berdiri sejak tahun 1997. Saat itu nama mereka tertutup oleh nama besar band band seperti Linkin Park, Limp Bizkit, Simple Plan, dan saat itu adalah eranya boyband seperti Westlife, Backstreet Boys dan NSYNC. Setelah meramaikan industri musik Amerika selama 25 tahun,ditahun 2017 mereka memutuskan untuk menyudahi perjalanan musik mereka dengan menggelar konser terakhir di beberapa kota di Amerika dan juga dengan merilis video klip single berjudul "A Place We Set Afire".

[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loftus, Johnny. "Yellowcard". mtv.com. Diakses tanggal 2009-04-05. 

Pranala luar