Yanita Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yanita Utama
Nama lengkapYanita Utama
Berdiri14 September 1983; 40 tahun lalu (1983-09-14)
Dibubarkan1985; 39 tahun lalu (1985)
StadionStadion Pajajaran, Bogor
PemilikIndonesia Pitoyo Haryanto
LigaGalatama
Kostum kandang
Yanita Utama

Yanita Utama adalah sebuah klub sepak bola Galatama yang berbasis di Bogor,Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Klub ini awalnya berdiri pada tahun 1981 dengan nama Jaka Utama yang bermarkas di Tanjung Karang atau sekarang Bandar Lampung. Karena terlibat kasus suap di Lampung, Jaka Utama dibeli oleh pengusaha Pitoyo Haryanto asal Bogor dan mengganti namanya menjadi Yanita Utama pada tahun 1983 dengan membayar ganti rugi sebesar 25 juta. Pengenalan dan peresmian nama baru ini dilakukan dengan menggelar turnamen kecil dengan nama Yanita Utama Cup 1983, yang digelar di Stadion Persija, Menteng, Jakarta Pusat. Hanya empat klub yang ikut kejuaraan ini, yaitu Mercu Buana (Medan), Pardedetex (Medan), Arseto (Surakarta), dan Yanita Utama (Bogor) sebagai tuan rumah.

Selain bertujuan untuk mengenalkan nama Yanita Utama, turnamen ini pun dimaksudkan untuk menggalang dana perbaikan Stadion Pajajaran, Bogor.

Pada gelaran Galatama musim 1983/1984, Yanita Utama ikut serta dan langsung menjadi juara. Musim tersebut adalah pertama kalinya Galatama memakai format babak final. Empat besar dari wilayah barat dan timur melenggang ke babak 8 besar. Di final, Yanita Utama mengalahkan Mercu Buana dengan skor 1-0. Gol kemenangan dicetak oleh Bujang Nasril.

Kejayaan Yanita Utama pada musim pertamanya mengikuti Galatama tak bisa dilepaskan dari peran para pemain bintang saat itu, seperti Joko Malis, Rudy Keltjes, Bambang Nurdiansyah, dll. Hal ini disampaikan oleh Maura Helly, salah satu pemain yang ikut membawa Yanita Utama juara.

Referensi[sunting | sunting sumber]