Yaadein (film 2001)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yaadein
Yaadein (2001 film).jpg
Poster
SutradaraSubhash Ghai
ProduserSubhash Ghai
SkenarioSubhash Ghai
Anuradha Tiwari
Aatish Kapadia
CeritaSubhash Ghai
PemeranHrithik Roshan
Kareena Kapoor
Jackie Shroff
Amrish Puri
Kiran Rathod
MusikAnu Malik
SinematografiKabir Lal
PenyuntingSubhash Ghai
DistributorMukta Arts
Tanggal rilis
  • 27 Juli 2001 (2001-7-27)
Durasi
180 menit
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaranper. ₹20 crore[1]
Pendapatan kotorper. ₹34,59 crore[1]

Yaadein (Hindi: यादें, Urdu: یادیں, terjemahan: "Kenangan") adalah sebuah film Bollywood 2001 yang disutradarai oleh Subhash Ghai. Itu difilmkan di seluruh India, Malaysia dan Inggris.

sinopsis[sunting | sunting sumber]

Walau Raj ( Jackie Shroff ) sangat kehilangan Shalini ( Rati Agnihotri ), ada tiga putrinya yang tetap menguatkannya untuk melanjutkan hidupnya, yakni Avantika ( Avni Vasa ), Sania ( Himani Rawat ) dan Isha ( Kareena Kapoor ). Tidak hanya itu, ia juga memiliki sahabat karib, L.K. Malhotra ( Anang Desai ) yang selalu mendampingi Raj dalam suka dan duka. Saking karib Raj dengan L.K., tidak heran jika putra L.K. yakni Ronit ( Hrithik Roshan ) pun dianggap sebagai putra sendiri bagi Raj. Apalagi Ronit selalu lari kepada Raj jika bermasalah dengan ibunya, Nalini Malhotra ( Supriya Karnik ) yang memang tidak dekat dengan putranya.

Begitu dekatnya Ronit dengan keluarga Raj Singh Puri, sudah sewajarnya jika Ronit tumbuh bersama dengan Isha, putri bungsu Raj dan menjadi sahabat baik. Raj mencoba menjadi seorang teman bagi ketiga putrinya dan berusaha menjaga mereka dengan baik sesuai amanah mendiang istrinya. Namun Raj merasa pusing dengan ulah putri keduanya, Sania yang sering membuat ulah. Pada suatu malam, Sania pulang dalam keadaan mabuk. Akibatnya Raj pun merasa London bukan tempat sesuai bagi keluarganya sehingga memutuskan pulang ke India dengan membawa ketiga putrinya. Ronit pun turut mereka ke India.

Berkat bantuan Ronit, Avantika dan Sania mendapatkan jodohnya. Kini tinggal Isha yang diawasi Raj. Terjadi perkembangan selanjutnya karena Ronit dan Isha saling jatuh cinta. Pada mulanya, Isha yang juara balap sepeda tidak percaya cinta, tetapi berubah ketika diselamatkan Ronit dari pulau yang penuh buaya. Justru Raj mendapat kepusingan setelah Isha menjalin cinta dengan Ronit. Sebab paman Ronit, J.K. Malhotra ( Amrish Puri ), kepala keluarga Malhotra yang sangat kaya, tidak menyetujui hubungan tersebut karena menginginkan Ronit menikah dengan Monishka Rai ( Kiran Rathod ), putri seorang pengusaha kaya raya, demi memperbesar peluang bisnis. Memang J.K. Malhotra hanya mempercayai uang adalah hal terpenting dalam kehidupan.

Akibatnya hubungan baik antara keluarga Raj Singh Puri dengan keluarga Malhotra pun berubah menjadi tegang. Apalagi J.K. Malhotra tersebut tetap memaksakan kehendaknya kepada keponakannya, Ronit. Ketika Raj mencoba mengatakan pendapatnya bahwa monishka tidak cocok dengan Ronit, J.K. yang merupakan kakak sahabat karibnya malah menuduhnya ingin menjodohkan Ronit dengan Isha. akibatnya raj sangat marah dan memutuskan hubungan dengan keluarga malhotra . L.K., ayah Ronit, sebenarnya tidak setuju dengan keinginan kakaknya, tetapi ia tidak kuasa menentangnya. Sementara itu, Ronit dan Isha bertekad tidak akan menyerah untuk bisa bersatu. Raj kemudian membawa kabur Isha. ibu raj yang khawatir lalu meminta kakaknya untuk meminta maaf pada Raj dan membujuknya agar mau mencari Ronit karena ia yakin hanya Raj yang bisa menemukan Ronit. Raj kemudian luluh hatinya. Ia lalu menemukan Raj dan Isha, saat itu Ronit tetap bersikeras ingin menikah dengan Isha. Tapi kemudian ibu Ronit menelpon dan merencakan sesuatu pada pertunangan Ronit dan Goriska. Ronitpun luluh dan mau hadir di acara pertunangannya. saat acara pertunangan, Ronit mengatakn kebenaran didepan publik, goriska pun berlaku demikian. Goriska yang tahu bahwa Ronit mencintai isha lalu memanggil isha untuk kepanggung. tetapi sayang, isha telah pergi menyusul ayahnya keluar dari acara tersebut. dijalan Isha bertemu ayahnya, disana tiba tiba muncul keluarga malhotra. mereka lalu meminta maaf kepada Raj dan Isha. Ronit kemudian datang menjemput Isha. di akhir cerita diperlihatkan Raj yang sedang bercanda dengan cucunya, anak dari avantika. cucu raj bertanya kapan Ronit dan isha menikah lalu ia menjawab bahwa isha dan Ronit telah menikah 5 tahun sebelum kejadian itu. Rajpun tertawa saat cucunya bertanya kapan ia akan menikahkan cucunya.

  1. ^ a b "Yaadein - Movie". Box Office India. Diakses tanggal 3 December 2018.