Wongso Suseno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wongso Suseno (lahir di Malang, 17 November 1945; umur 75 tahun) adalah mantan petinju amatir yang menekuni dunia tinju profesional. Petinju ini adalah petinju profesional Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar juara internasional. Awal kariernya dimulai ketika ia kalah dari Mohd Ali dari Malaysia dengan Knock Out pada tahun 1965. Wongso merebut gelar juara OPBF kelas welter setelah menundukkan Chang Kil Lee dari Korea Selatan, 28 Juli 1975 di Istora Senayan, Jakarta.

Wongso Suseno kini tinggal di Malang bersama istri Lily Cynthia, dan memiliki tiga putri dan seorang putra.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wongso Suseno adalah anak ke 8 dari 9 bersaudara. Lahir dan besar di Kota Malang.

Wongso Suseno menikah dengan Lily Cynthia pada tahun 1978. Memiliki dan membesarkan 3 putri dan 1 putra, - Imeldha Putrianti - Marini Dwiputrianti - Albert Jaya Putra - Wong Veronica Wongso Putri

Meskipun telah menanggalkan sarung tinju pada tahun 1979 saat putri pertama lahir, Wongso Suseno masih aktif di dunia tinju dengan melatih pemuda-pemuda dan mengantar mereka memperoleh gelar juara dunia, seperti Nurhuda, dll Meskipun saat ini telah pensiun dari dunia tinju secara spesifik, ia masih bekerja sebagai pengawas pada proyek pembangunan salah satu perumahan di Malang.