Wiski Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wiski Irlandia
GoodIrishWhiskeys.jpg
Wiski Irlandia
JenisWiski
Negara asalIrlandia
Alkohol menurut volume40–94.8%
WarnaEmas Pucat ke Amber Gelap

Wiski Irlandia adalah sebuah wiski yang dibuat di pulau Irlandia. Kata 'wiski' (atau wiski) berasal dari bahasa Irlandia (atau 'Gaelik') uisce beatha, yang berarti air kehidupan.

Wiski Irlandia dulunya adalah minuman beralkohol paling populer di dunia, meskipun periode penurunan yang panjang dari akhir abad ke-19 dan seterusnya sangat merusak industri ini.[1] Sedemikian rupa sehingga meskipun Irlandia memiliki lebih dari 30 penyulingan pada tahun 1890-an, seabad kemudian, jumlah ini turun menjadi hanya tiga. Wiski Irlandia telah mengalami kebangkitan popularitas sejak akhir abad ke-20, dan telah menjadi semangat pertumbuhan tercepat di dunia setiap tahun sejak 1990. Dengan ekspor tumbuh lebih dari 15% per tahun, penyulingan yang ada telah diperluas dan sejumlah produk baru penyulingan dibangun.

Pada Juni 2019, Irlandia memiliki dua puluh lima penyulingan yang beroperasi, dengan dua puluh empat penyulingan lainnya yang direncanakan atau sedang dikembangkan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barry O'Halloran (8 November 2013). "Distillers in high spirits as the whiskey sector enters golden era". www.irishtimes.com. Diakses tanggal 8 November 2013. 
  2. ^ Association, Irish Whiskey (2019-06-11). "Congratulations to IWA member @DiageoIreland..." @IrishWhiskeyAsc (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]