Winthrop Kellogg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Winthrop Niles Kellogg
LahirApril 13, 1898
Mount Vernon, New York, U.S.
Meninggal22 Juni 1972(1972-06-22) (umur 74)
Ft. Lauderdale, Florida, U.S.
PendidikanIndiana University, B.A.
Columbia University, M.A., Ph.D.
Dikenal atasPenelitian The Ape and the Child, sonar lumba-lumba untuk ekolikasi, pembelajaran didefinisikan sebagai sebuah fungsi hidup (perubahan dalam perilaku).


Winthrop Niles Kellogg (13 April 1898 – 22 Juni 1972) adalah seorang psikolog komparatif Amerika yang mempelajari perilaku sejumlah spesies hewan cerdas.

Kellogg menerima gelar sarjananya di Universitas Indiana setelah mengabdi selama dua tahun dalam Perang Dunia I. Ia kemudian menerima gelar Master dan PhD dari Universitas Columbia . Dia mendapat posisi akademis di Universitas Negeri Indiana dan Florida di mana dia akan mengambil dua studi paling awal. Selama berada di Indiana, penelitiannya berfokus pada pengondisian dalam pembelajaran dan studi perbandingan. Waktunya di Negara Bagian Florida didedikasikan untuk lumba - lumba hidung botol dan sonar.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Winthrop Niles Kellogg lahir pada tahun 1898 di Gunung Vernon, New York. Ia memulai studi sarjananya pada tahun 1916 di Cornell University selama satu tahun sebelum ikut dalam Perang Besar ( Perang Dunia I ) di Eropa. Selama dua tahun ia bertugas sebagai bagian dari Pasukan Ekspedisi Amerika di Angkatan Darat AS, memberinya penghargaan Croix de Guerre yang bergengsi. Setelah perang, ia kembali ke studi sarjana di Universitas Indiana. Di sana dia bertemu Luella Dorothy Agger dari Indianapolis, yang kemudian dinikahinya pada tahun 1920 Kellogg dan Agger memiliki dua anak yang bertahan hingga dewasa, Donald Agger Kellogg dan Shirley Mae Kellogg. Putra mereka Jack Stanley Kellogg meninggal karena meningitis tulang belakang pada tahun 1929 pada usia 5 tahun.

Kellogg lulus dari Universitas Indiana pada tahun 1922 dengan jurusan Filsafat dan Psikologi . Kellogg mencoba beberapa pekerjaan, termasuk menjadi jurnalis, namun dibujuk oleh pamannya, Luella untuk mencoba dunia akademis. Kellogg mengikuti saran ini dengan mendaftar di program psikologi di Universitas Columbia, di mana ia menerima gelar Master pada tahun 1927 dan gelar doktor hanya dua tahun kemudian pada tahun 1929. Gelar doktornya diarahkan oleh Robert S. Woodworth dan membandingkan metode psikofisik . Bahkan sebagai mahasiswa pascasarjana, Kellogg adalah seorang peneliti yang produktif. Dia menerbitkan empat artikel dengan penulis tunggal dan satu artikel dengan penulis bersama pada tahun 1928–29 sebagai tambahan disertasinya. Dia menerbitkan tiga artikel tambahan pada tahun 1930 dan lima artikel lainnya pada tahun 1931. Kellogg mempertahankan tingkat aktivitas ini sepanjang karir akademisnya. Produktivitas yang luar biasa ini kemungkinan besar yang membuatnya ditawari posisi di Universitas Indiana segera setelah menerima gelar PhD.

Universitas Indiana[sunting | sunting sumber]

Di Universitas Indiana, Kellogg membangun laboratorium penelitian untuk mempelajari perilaku terkondisi pada anjing. Dengan bantuan dari kolega dan siswanya, dia membuat program ekstensif untuk mempelajari respons fisiologis dan kondisional anjing yang korteksnya dihilangkan. Laboratorium memberikan peluang besar bagi siswa untuk mendapatkan pelatihan yang memadai dalam penelitian eksperimental dan untuk mengerjakan pertanyaan penelitian spesifik dalam "paradigma penelitian yang terdefinisi dengan baik".

Kellogg dikenal sebagai peneliti yang inovatif dan kreatif. Dia memiliki kemampuan untuk merancang peralatan baru, mempebaiki peralatan lama, menciptakan cara pengumpulan data baru, dan "mengembangkan teknik bedah baru". Di antara publikasinya, ada yang membahas perkembangan dan inovasi teknologi semacam ini.

The Ape and The Child[sunting | sunting sumber]

Segera setelah tiba di Universitas Indiana, Kellogg mulai merencanakan proyek ambisius mengenai psikologi komparatif primata. Tidak ada investigasi lain dalam kariernya yang dapat memberinya perhatian sebanyak proyek ini. Dalam artikel "Memanusiakan Kera", ia mengemukakan perlunya studi perbandingan perkembangan manusia dan primata non-manusia. Kellogg tertarik untuk menentukan "pengaruh relatif dari alam dan pengasuhan terhadap perilaku". Dalam artikel tersebut, Kellogg mengusulkan untuk membesarkan bayi simpanse bersama dengan anak laki-lakinya sendiri, Donald.

Kellogg mengemukakan ide ini selama masa sarjananya di Columbia dan diduga ide tersebut dipicu oleh sebuah artikel tentang " anak serigala " di India. Kellogg berpendapat bahwa anak-anak ini, dan anak-anak seperti mereka, dilahirkan dengan kecerdasan normal karena kecil kemungkinannya mereka akan selamat. Ia menegaskan bahwa anak-anak belajar hidup seperti serigala karena "itulah yang dituntut oleh lingkungan mereka". Kellogg "percaya pada dampak kuat dari pengalaman awal dan adanya periode kritis dalam perkembangan, dan dia menyatakan bahwa masalah dalam membudayakan anak-anak liar adalah sulitnya mengubah kebiasaan yang dipelajari di awal kehidupan". Menempatkan "bayi manusia dengan kecerdasan normal di lingkungan yang tidak beradab dan [mengamati…] perkembangannya di lingkungan tersebut" merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak sah. Karena itu satu-satunya cara lain untuk menguji pertanyaan tentang lingkungan versus keturunan adalah dengan mengambil "hewan liar dan menempatkannya di lingkungan yang beradab di rumah manusia". Sebelumnya telah ada upaya untuk menjawab pertanyaan mengenai kera yang beradab ini, namun tidak ada yang memenuhi kriteria ketat yang dianggap perlu oleh Kellogg, terutama kriteria harus ada "situasi yang akan menjamin bahwa hewan selalu diperlakukan sebagai manusia dan tidak pernah sebagai hewan, khususnya hewan peliharaan".

Robert Yerkes- lah yang kemudian membantu Kellogg dengan rencananya. Kellogg menerima beasiswa Dewan Penelitian Ilmu Sosial untuk bekerja di Yale Anthropoid Station di Florida guna mempersiapkan proyek tersebut pada tahun 1931. Musim panas itu keluarga Kellogg pindah ke Florida. Yang kemudian membuatnya terkejut, segera setelah tiba, Kellogg mengetahui bahwa rekan pasca doktoral lainnya, Carlyle Jacobsen, telah mempelajari bayi kera sejak kelahirannya setahun sebelumnya. Bagi Kellogg, tidak ada upaya yang jelas untuk "memanusiakan kera tersebut."

Tak lama setelah tiba, dan lebih awal dari perkiraan, seekor bayi simpanse betina berusia 7,5 bulan bergabung dengan keluarga Kellogg; dengan nama Gua . Donald (10 bulan) dan Gua diperlakukan sama "sebisa mungkin, diberi pakaian, dimandikan, diberi makan, dan diajar dengan cara yang sama". Kellogg melakukan sejumlah tes untuk mengukur perkembangan mereka sesering mungkin. Seperti yang diharapkan, Gua tumbuh lebih cepat daripada Donald dan bahkan mempelajari beberapa perilaku lebih cepat. Gua tampaknya lebih bergantung pada interaksi dan dukungan manusia dibandingkan Donald.

Meskipun Gua mengalami kemajuan yang cukup mengesankan dalam mempelajari perilaku manusia sehari-hari, namun dia tidak berhasil memenuhi harapan Kellogg, karena ujungnya Gua tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa manusia. Setelah sembilan bulan bekerja, penelitian berakhir pada musim semi tahun 1932,empat tahun tiga bulan lebih pendek dari rencana lima tahun awalnya. Gua tetap di Florida sementara keluarga Kellogg kembali ke Indiana.

Eksperimen ini terbukti menjadi salah satu studinya yang paling mendobrak. Selama sembilan bulan berturut-turut, Kellogg mempertahankan kondisi pengasuhan yang sama untuk Donald dan Gua dan memberikan tugas untuk menguji bayi-bayi tersebut apakah komparatif dan berkembang secara setara.

Meskipun inti dari proyek ini "adalah upaya untuk menemukan bagaimana jadinya seekor simpanse ketika dibesarkan di lingkungan manusia". Kellogg telah merumuskannya sebagai penyelidikan definitif yang menjelaskan interaksi antara hereditas dan lingkungan. Studi ini terbukti menunjukkan batas-batas keturunan terlepas dari lingkungannya, selain keuntungan perkembangan yang disebabkan oleh lingkungan yang diperkaya. Namun seperti yang diketahui sebelumnya, Gua tidak pernah memenuhi ekspektasi Kellogg terhadap bahasa manusia karena dia tidak pernah bisa meniru vokalisasi manusia. Sebaliknya, hal yang sama tidak terjadi pada Donald karena dia meniru beberapa vokalisasi Gua, termasuk teriakan minta makanan saat makanan disajikan atau di dekatnya.

:"Gua, saat diperlakukan sebagai anak manusia, sebenarnya berperilaku seperti anak manusia namun struktur tubuh dan otaknya menghalanginya. Karena hal inilah eksperimen dihentikan."

Sebagian dari hasilnya dipresentasikan pada pertemuan tahunan Midwestern Psychological Association, dan Kellogg mulai menulis buku bersama Luella. The Ape and The Child diterbitkan pada tahun 1933. Buku ini mendokumentasikan eksperimen ini dengan detail.

Buku ini ditulis dengan cara yang menarik bagi masyarakat umum sehingga tidak mengherankan jika media berita, seperti The New York Times dan Science News Letter, segera menerbitkan artikel tentang proyek tersebut. Namun, perlu diingat bahwa meskipun Kellogg telah menilai perkembangan bahasa dan memiliki harapan terhadap Gua, tujuan proyek ini bukanlah mengajarkan bahasa manusia kepada kera dan hanya sebagian dari satu bab dalam The Ape and the Child yang membahas hal tersebut.

Terlepas dari antusiasme Kellogg terhadap signifikansi psikologis, antropologis, dan biologis dari penelitian ini, penelitian ini tidak lepas dari kritik. Kritik datang dari rekan-rekan, masyarakat, bahkan Luella. Beberapa orang menyatakan bahwa proyek tersebut tidak manusiawi, sementara yang lain menyatakan bahwa penggunaan bayi sebagai subjek percobaan untuk jangka waktu yang lama tidak layak. Yang lain tidak menyetujui pemisahan Gua dari induknya dan simpanse lainnya. Selain itu, karena penelitian ini banyak dipublikasi oleh media, beberapa kritikus menggolongkan penelitian ini sebagai penelitian yang mencari publisitas saja.

Studi Kellogg kemudian menginspirasi novelis Karen Joy Fowler untuk menulis "We Are All Completely Beside Ourselves", sebuah kisah fiksi dari eksperimen serupa yang juga dilakukan di Universitas Indiana. Buku tersebut diterbitkan pada tahun 2013.